Pengaruh Motivasi Wisatawan terhadap Keputusan Berkunjung di Museum Prabu Geusan Ulun Sumedang

Renita Renita, Yudha Munajat Saputra, Irena Novarlia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh motivasi wisatawan terhadap keputusan berkunjung di Museum Prabu Geusan Ulun Sumedang. Responden dalam penelitian ini berjumlah 100 orang yang merupakan wisatawan Museum Prabu Geusan Ulun Sumedang. Metode kuantitatif deskriptif digunakan dalam penelitian ini yang bertujuan untuk mengetahui besaran pengaruh dan tingkat hubungan antara variabel Motivasi Fisik (X1), Motivasi Budaya (X2), Motivasi Interpersonal (X3), dan Motivasi Fantasi (X4) terhadap keputusan berkunjung (Y). Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis regresi linear berganda untuk mengukur besaran pengaruh variabel independent terhadap dependen dan uji hipotesis   secara simultan (uji f) dan parsial (uji t) untuk menyatakan terdapat atau tidaknya pengaruh motivasi wisatawan terhadap keputusan berkunjung. Hasil dalam penelitian ini terdapat pengaruh sebesar 55% (Motivasi Fisik), 38% (Motivasi Budaya), 56% (Motivasi Interpersonal), 56% (Motivasi Fantasi). Hasil uji F menyatakan terdapat pengaruh sehingga didapatkan nilai Fhitung sebesar 45.031 dengan taraf signifikan sebesar 0,000. Peneliti berharap dengan adanya penelitian ini dapat menjadikan Museum Prabu Geusan Ulun Sumedang sebagai daya tarik wisata unggulan lebih dikembangkan serta penelitian ini dapat dijadikan bahan kajian untuk peneliti selanjutnya.

TRANSLATE with xEnglishArabicHebrewPolishBulgarianHindiPortugueseCatalanHmong DawRomanianChinese SimplifiedHungarianRussianChinese TraditionalIndonesianSlovakCzechItalianSlovenianDanishJapaneseSpanishDutchKlingonSwedishEnglishKoreanThaiEstonianLatvianTurkishFinnishLithuanianUkrainianFrenchMalayUrduGermanMalteseVietnameseGreekNorwegianWelshHaitian CreolePersian   TRANSLATE with COPY THE URL BELOW BackEMBED THE SNIPPET BELOW IN YOUR SITE Enable collaborative features and customize widget: Bing Webmaster PortalBack

Keywords


motivasi fisik, motivasi budaya, motivasi interpersonal, motivasi fantasi, keputusan berkunjung.

Full Text:

PDF

References


Ardiansyah, I., & Iskandar, H. (2023). Pengaruh Motivasi Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Di Taman Wisata Alam Mangrove Angke Kapuk Jakarta. EDUTURISMA, 7(2).

Hidayat, N. (2024). RANCANG VIDEO KONTEN PENGENALAN OBJEK PARIWISATA MUSEUM DI INDONESIA (PROTOTIPE: DKI JAKARTA) DENGAN KARAKTER ANIMASI 3D. JSRW (Jurnal Senirupa Warna), 12(1), 56–69.

Meiliana, S., & Dewantara, Y. F. (2020). Pengaruh Motivasi Dan Layanan Terhadap Keputusan Berkunjung Wisatawan Nusantara Ke Museum Sumpah Pemuda. Journal FAME: Journal Food and Beverage, Product and Services, Accomodation Industry, Entertainment Services, 3(2).

Rahmatin, L. (2023). Analisis Potensi Budaya Lokal sebagai Atraksi Wisata Dusun Segunung. Jurnal Kajian Dan Terapan Pariwisata, 3(2), 30–40. https://doi.org/10.53356/diparojs.v3i2.79

Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif (3rd ed.). ALFABETA.

Tan. (2023). PENGARUH MOTIVASI WISATAWAN TERHADAP KEPUTUSAN BERKUNJUNG DI KAWASAN MONUMEN NASIONAL (MONAS). SOCIA: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial, 20(1), 67–76.

Verawati, D. M., Achsa, A., & Novitaningtyas, I. (2022). Strategi peningkatan kinerja SDM sebagai upaya pemulihan pariwisata pada Balkondes kawasan Borobudur. Jurnal Manajemen Strategi Dan Aplikasi Bisnis, 5(2). https://doi.org/10.36407/jmsab.v5i2.326




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/sb.v21i1.32048

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

Center for Research and Community Development

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Jl. H. R. Soebrantas KM 15,5 ,Tuah Madani, Tampan,

Pekanbaru, Riau 28293

Indexed By:

 

     

      

Statistik Pengunjung