Mantra-Mantra Jawa: Kajian Makna, Fungsi, dan Proses Pewarisannya

Dedi Febriyanto, Nurlaksana Eko Rusminto, Siti Samhati

Abstract


Penelitian ini berfokus pada kajian makna, fungsi, dan proses pewarisan mantra-mantra Jawa dalam kehidupan masyarakat Cahaya Mas Kabupaten Ogan Komering Ilir Sumatera Selatan. Penelitian menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan objektif. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik wawancara mendalam. Data penelitian berupa empat mantra yang diperoleh dari hasil wawancara terhadap informan tunggal. Mantra-mantra yang telah diperoleh selanjutnya dianalisis secara kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keempat mantra memiliki muatan makna kereligiusitasan yang tinggi. Kereligiusan yang dimaksud meliputi aspek kepasrahan dan ketauhidan. Makna sosial juga tercermin di dalam mantra yang mencakup hubungan manusia dengan sesama dan lingkungan sekitar. Beberapa fungsi yang terkandung di dalam mantra, di antaranya adalah fungsi kekebalan, fungsi sosial, fungsi kekeluargaan, fungsi cinta kasih, dan fungsi komunikasi antara manusia dengan Tuhannya. Adapun proses pewarisan mantra diawali dengan terjalinnya kedekatan hubungan emosional, penyerahan mahar, pemberian mantra, dan laku tirakat puasa sehari semalam. Adapun hal-hal yang harus diperhatikan saat melakukan pembacaan mantra adalah kebersihan badan dan tempat, niat yang lurus, dan kefokusan. Ketiga syarat tersebut harus dipenuhi agar mantra yang dibaca dapat memberikan manfaat sebagaimana yang diharapkan.

Keywords


mantra, makna, fungsi, proses pewarisan

Full Text:

PDF

References


Andalas, E. F. (2017). Dampak dan Fungsi Sosial Mitos Mbah Bajing Bagi Kehidupan Spiritual Masyarakat Dusun Kecopokan, Kabupaten Malang, Jawa Timur. Jurnal Puitika. 13 (1).

Bahardur, I. & Ediyono, S. (2017). Unsur-Unsur Ekologi dalam Sastra Lisan Mantra Pengobatan Sakit Gigi Masyarakat Kelurahan Kuranji. Basindo: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya, 24-30.

Chaer, A. (2009). Pengantar Semantik Bahasa Indonesia: Edisi Revisi. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.

Dudeja, J. P. (2017). Scintific Analysis of Mantra-Based Meditation and Its Benificial Effects: An Overview. International Journal of Advanced Scientific Technologies in Engineering and Management Sciences, 3(6), 21-26.

Fikri, M. F. A., dkk. (2019). Mantra Petapa Alas Purwo: Kajian Semiotika Riffaterre. SEMIOTIKA, 20(2), 108-119.

Herawati. (2015). Identitas Kultural dan Karakteristik Lisan Orang Kaili dalam Mantra Tamabunto. Kandai. 11 (2), 162.

Hidayatullah, D. (2016). Struktur, Bentuk, dan Fungsi Mantra Abal. Sirok Bastra, 4(2), 161-174.

Jabrohim. (2015). Teori Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mulyanto & Suwatno, E. (2017). Bentuk dan Fungsi Teks Mantra. Kadera Bahasa, 9(2), 75-88.

Nurjamilah, A. S. (2015). Mantra Pengasihan: Telaah Struktur, Konteks Penuturan, Fungsi, dan Proses Pewarisannya. Riksa Bahasa. 1 (2), 123.

Qori’ah, A., Azhari, W., & Arsyada, M. Z. (2018). Santra Lisan Mantra Ujub-Ujub: Makna dan Fungsinya dalam Masyarakat Desa Karangrejo Kabupaten Malang Jawa Timur. Wacana: Jurnal Bahasa, Seni, dan Pengajaran. 2 (2), 2.

Rahmat. (2016). Piwulang Sunan Kalijaga (Teks Tentang Mantra): Deskripsi Teks dan Akulturasi Bahasa. Jumantara. 7 (1), 90.

Ratna, N. K. (2015). Teori, Metode, dan Teknik Penelitian Sastra. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sugiono, (2017). Metode Penelitian Pendidikan; Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Suharso. & Retnoningsih, A. (2020). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Semarang: Widya Karya.

Sulistriani, J., Mursalim., & Dahlan, D. (2021). Mantra Pada Tradisi Minuman Pengasih Dalam Pernikahan Suku Dayak Belusu: Kajian Folklor. Ilmu Bahasa: Jurnal Bahasa, Sastra, Seni, dan Budaya, 5(1), 185-200.

Wardani, A. P., Darmayanti, N., & Sofyan, A. N. (2020). Fungsi Mantra Kekuatan dalam Jangjawokan: Kajian Etnolinguistik. Jurnal Metabasa, 2(2), 55-63.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/sb.v18i2.13189

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

Center for Research and Community Development

Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau

Jl. H. R. Soebrantas KM 15,5 ,Tuah Madani, Tampan,

Pekanbaru, Riau 28293

Indexed By:

 

     

      

Statistik Pengunjung