ANALISIS PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN DAN LOYALITAS PELANGGAN DI BUANA LAUNDRY
Abstract
Dewasa ini kebutuhan akan jasa laundry semakin meningkat dibarengi meningkatnya pula persaingan usaha sejenis. Berbagai dinamika dan jasa layana, memberikan pelanggan bermacam pilihan, yang dalam prosesnya dihadapkan pada berbagai masalah. Permasalahan yang terjadi pada jasa Buana Laundry yaitu masih rendahnya kualitas pelayanan sehingga banyak keluhan dari konsumen. Seperti terjadinya pakaian hilang atau tertukar dengan pelanggan lain, seringnya terjadi keterlambatan sehingga pakaian selesai tidak tepat waktu dan sebagainya. Jenis penelitian adalah deskriptif kuantitatif. Tujuan penelitian ini, untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan dan loyalitas konsumen. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling dengan kriteria konsumen yang pernah menggunakan layanan cuci gosok di Buana laundry minimal dua kali dalam kurun waktu satu bulan terakhir. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah SEM menggunakan aplikasi IBM AMOS 24. Dari uji model keseluruhan, diperoleh Goodness of Fit dengan nilai Chi Square = 329.809, DOF = 294, probability = 0,074, GFI = 0,864, AGFI = 0,838, CMIN/DF = 1,122, TLI = 0,983 CFI = 0,984 dan RMSEA = 0,028. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1. Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen dengan koefisien sebesar 0,771 dan p value 0,000. 2. Kualitas pelayanan berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap loyalitas konsumen dengan koefisien sebesar 0,161 dan p value 0,537. 3. Kepuasan Konsumen berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas konsumen dengan koefisien sebesar 0,829 dan p value 0,009. Oleh karena itu perlu dilakukannya peningkatan mutu kualitas pelayanan dengan memperhatikan pemenuhan aspek-aspek kepuasan konsumen.
Full Text:
PDFReferences
Fandy Tjiptono, 1996, Manajemen Jasa, Penerbit Andi, Yogyakarta.
Fandy Tjiptono, 1997, Strategi Pemasaran, Edisi 1, Penerbit Andi, Yogyakarta.
Fitzsimmons, 2001 : chapter 13, Services Management, Strategi and Informasi Technology. New York: Mac Grow-Hill International Edition.
Griffin, Jill. 2003. “Customer Loyalty Menumbuhkan dan Mempertahankan Kesetiaan pelanggan”. Jakarta: Erlangga.
Kotler, Philip, 1997, “Perencanaan Manajemen Pemasaran, Analisis dan Pengendalian”. Jakarta : Erlangga
Kotler, Philip, 2000, Manajemen Pemasaran. Edisi Milenium. Jakarta: Salemba Empat.
Kotler, Philip, and Gary Amstrong, 2001, Principles of Marketing. Prentice Hall Int, Inc., ninth Edition, Englewood Cliffs, New Jersey.
Kuncoro, Mudrajat, 2003, Metode Riset untuk Bisnis & Ekonomi, Bagaimana Meneliti & Menulis Tesis?, Erlangga, Jakarta.
Morgan, Robert M. and Shelby D. Hunt. 2004. The Commitment Trust Theory of
Relationship Marketing. Journal of Marketing.
Nur Indriantoro dan Bambang Supomo, 2002, Metodologi Penelitian Bisnis. BPFE Yogjakarta.
Siagian, Dergibson dan Sugiarto, (2000). Metode Statistika Untuk Bisnis Dan Ekonoml Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
Singarimbun, Masri. Sofyan Effendy. 1995. Metode Penelitian Survei. Jakarta : LP3ES.
Subagyo, Pangestu dan Djarwanto, 2005, Statistika Induktif. Yogyakarta:BPFE. Sugiyono. 2001. Perilaku Pembelian Konsumen dan Komunikasi Pemasaran.
Rosda: Bandung
Sugiyono, Dr. 2010. Metode penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Penerbit ALFABET
Tjiptono, Fandy, 1997, Strategi Pemasaran, Edisi Kedua, Penerbit Andi-Offset, Yogyakarta.
Tjiptono, Fandy, (2004), Strategi pemasaran. Edisi Kedua. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Tjiptono, Fandy, 2005, Strategi Pemasaran. Edisi Pertama. Cetakan Pertama. Yogyakarta: Penerbit Andi Offset.
Tjiptono, Fandy, (2008). Service management: mewujudkan layanan prima. Yogyakarta: Penerbit Andi.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UIN SUSKA RIAU
Kampus Raja Ali Haji
Gedung Fakultas Sains & Teknologi UIN Suska Riau
Jl.H.R.Soebrantas No.155 KM 18 Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293
Email: sntiki@uin-suska.ac.id