Peramalan Jumlah Penderita Stroke di RSUD Bangkinang dengan Menggunakan Model Autoregressive

Ari Pani Desvina, M.Sc

Abstract


Forecasting merupakan salah satu metode yang berguna untuk memperkirakan kejadian di masa depan. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah metode Box-Jenkins sebagai salah satu metode peramalan. Data yang digunakan adalah data jumlah penderita stroke di RSUD Bangkinang yang diambil dari Januari 2013 sampai Maret 2018. Untuk mendapatkan hasil peramalan jumlah penderita stroke di RSUD Bangkinang, maka digunakan metode Box Jenkins untuk menganalisis data. Salah satu model dalam metode Box Jenkins adalah model Autoregressive (AR). Dalam metode Box Jenkins dilakukan beberapa langkah yaitu identifikasi model, estimasi parameter, pemeriksaan diagnostik dan peramalan untuk waktu yang akan datang. Hasil analisis menunjukkan bahwa model terbaik yang diperoleh untuk data jumlah penderita stroke di RSUD Bangkinang adalah model AR(1). Hasil peramalan menunjukkan bahwa jumlah penderita stroke di RSUD Bangkinang  pada tahun 2018 terjadi penurunan dari bulan sebelumnya dengan menggunakan model AR(1).

Full Text:

PDF

References


Bowerman, B.L., O’Connell, R.T. & Koehler, A.B. “Forecasting, Time Series, Regression An applied approach,” 4th ed. Thomson Brooks/cole, Belmont, CA. 2005.

Brocklebank, J.C. & David, A.D. SAS for Forecasting Time Series, 2th Edition. New York: John Wiley & Sons, Inc. 2003.

Chelani, A.B., Gajghate, D.G., Phadke, K.M., Gavane, A.G., Nema, P. & Hasan, M.Z. Air Quality Status and Sources of PM10 in Kanpur City, India. Bulletin of Environmental Contamination and Toxicology, 2004. 74: 421-428.

Cryer, J.D. & Kung, S.C. Time Series Analysis with Applications in R. Springer Dordrecht Heidelberg London, New York. 2008.

Desvina, Ari Pani. “Peramalan Jumlah Hotspot Kebakaran Hutan dengan Metode Box-Jenkins”. 2012.

Junaidi. Stroke Waspadai Ancamannya. Yogyakarta: Andi. 2011.

Makridakis, Spyors dkk. “Metode dan Aplikasi Peramalan Jilid 1”. Edisi Kedua. Jakarta: Erlangga. 1999.

Maddala, G.S. Introduction to Econometrics. Edisi ke-2. New York: Macmillan Publishing Company. 1992.

Nur Handayani. “Meramalkan DBD Tahun 2001-2005 untuk Tahun 2006-2007

dengan Menggunakan Metode Analisis Kecenderungan”. Tugas Akhir Mahasiswa Universitas Sumatera Utara. Medan. 2006.

Prasetyo, Aries. “Meramalkan jumlah DBD di Eks Karesidenan madiun Menggunakan model ARIMA dalam Time Series Analisis Box-Jenkins”. Tugas Akhir Mahasiswa. Madiun. 2003.

Vandaele, W. “Applield Time Series and Box-Jenkins Models.” New York: Academic Press, Inc. 1983.

Wai, H.M., Teo, K. & Yee, K.M. FDI and Economic Growth Relationship: An Empirical Study on Malaysia. International Business Research, 2008. 1:2: 11-18.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UIN SUSKA RIAU

Kampus Raja Ali Haji
Gedung Fakultas Sains & Teknologi UIN Suska Riau
Jl.H.R.Soebrantas No.155 KM 18 Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293
Email: sntiki@uin-suska.ac.id