Pengukuran Kinerja Sumber Daya Manusia Menggunakan Metode Human Resources Scorecard (HRSC) dan Analytical Hierarchy Process (AHP) di CV. Sispra Jaya Logam

Dewi Diniaty, Nora Alfina

Abstract


CV. Sispra Jaya Logam merupakan perusahaan yang bergerak di bidang industri pengecoran logam. Permasalahan yang dihadapi oleh perusahaan ini adalah belum dilakukannya pengukuran kinerja sumber daya manusia dan terdapat beberapa kinerja karyawan yang dapat mempengaruhi kinerja perusahaan seperti masih ada karyawan yang  kurang disiplin dalam bekerja, terlambat dan absen lebih dari hari yang ditentukan. Selain itu, meningkatnya jumlah karyawan yang keluar (resign) dan tidak terlaksananya pelatihan karyawan yang telah direncanakan pada Tahun 2018. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui indikator penilaian kinerja sumber daya manusia, mengetahui bobot prioritas, dan mengukur kinerja sumber daya manusia menggunakan metode Human Resources Scorecard (HRSC) dan Analytical Hierarchy Process (AHP). Berdasarkan hasil penyebaran kuesioner penilaian menggunakan Skala Likert yang mengacu pada empat perspektif dalam metode HRSC yaitu perspektif financial, customer, proses bisnis internal, dan pembelajaran dan pertumbuhan, maka diperoleh 11 sasaran strategis dan menghasilkan 12 indikator penilaian kinerja. Selanjutnya dilakukan pembobotan menggunakan metode AHP untuk mengetahui bobot prioritas pada setiap kriteria dan sub kriteria dari keempat perspektif. Pengukuran kinerja sumber daya manusia terhadap pencapaian target perusahaan menggunakan Traffic Light System menghasilkan 4 indikator kinerja belum mencapai target, 4 indikator jauh di bawah target dan 3 indikator sudah mencapai target. Oleh karena itu, diperlukan usulan perbaikan berupa upaya peningkatan kinerja secara terus menerus dimasa yang akan datang.

Full Text:

PDF

References


Matondang, Z. Validitas dan Reliabilitas Suatu Instrumen Penelitian. Jurnal Tabularasa PPS Unimed. 2009; Vol. 6 No.1: 89-93.

Phiong, S dan Surjasa, D. Pengukuran Kinerja Sumber Daya Manusia dengan Pendekatan Human Resources Scorecard dan Alat Ukur Omax (Objective Matrix) pada Bagian Produksi PT. Fajarindo Faliman Zipper. Jurnal Teknik Industri. 2018; Vol. 8 No.1: 72.

Pratama, S, Ismail, I. Mengukur Kinerja dengan HR Scorecard (Studi Pada PT BPRS Bhakti Sumekar, Sumenep). Seminar Nasional dan Call for Paper Sustainable Competitive Advantage (SCA). 2018; 8: 2-8.

Sugiyono. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: CV. Alfabeta. 2013: 122-123.

Rivai, V, Basri A. F. M, Sagala, E.J, Murni, S, dan Abdullah, B. Performance Appraisal Sistem yang Tepat Untuk Menilai Kinerja Karyawan dan Meningkatkan Daya Saing Perusahaan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada. 2005: 498.

Wahyuni, S. Pengaruh Pelatihan-Pengembangan dan Motivasi Terhadap Peningkatan Kinerja Kayawan dengan Mediasi Komitmen Organisasi. Jurnal EMBA. 2016; Vol. 1 No. 4: 93.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UIN SUSKA RIAU

Kampus Raja Ali Haji
Gedung Fakultas Sains & Teknologi UIN Suska Riau
Jl.H.R.Soebrantas No.155 KM 18 Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293
Email: sntiki@uin-suska.ac.id