Pengembangan Kompetensi Profesional Dosen Berbasis Knowledge Management System
Abstract
Dosen adalah sebuah profesi yang memerlukan kualifikasi dan kompetensi dosen tertentu. Khususnya bidang akademik dan unjuk kerja pada tri dharma perguruan tinggi. Penelitian dan pengabdian masyarakat merupakan bagian dari tri dharma perguruan tinggi. Dosen wajib melakukan penelitian utnuk mengembangkan keilmuannya. Dalam pengembangan penelitian dan pengabdian masyarakat dibutuhkan diskusi atara dosen sebidang ilmu dan lintas ilmu. Padatnya jadwal kegiatan dosen, sangat jarang sekali dosen melakukan diskusi atau focus group discussion (FGD). Sehingga antar dosen tidak mengetahui informasi penelitian yang telah mereka lakukan, yang seharusnya dapat dikembangkan dan dikolaborasikan. Penelitian dan pengabdian masyarakat masing masing dosen khususnya sains dan teknologi masih disimpan oleh dosen yang bersangkutan. Penelitian ini membangunkan sebuah sistem informasi untuk mengembangkan kempetensi professional dosen khususnya bidang penelitian dan pengabdian masyarakat berbasis knowledge management system (KMS). Perancangan menggunakan OOAD dan Framework Knowladge Management yang digunakan Amrit Tiwana pada fase 1 dan fase 2. Dengan adanya sistem informasi pengembangan kompetensi professional dosen ini data akan dapat terdokumen dengan baik, para dosen dapat melakukan berdiskusi secara online tanpa harus dengan tatap muka. sehingga dosen yang lain dapat menjadikan referensi dan terjalinnya ilmu yang saling terintegrasi
Full Text:
PDFReferences
“Abdul-Rafiu, Misbau Abiola Mr & Adeola O. Dr. 2015. Knowledge Sharing Behaviour of Academics in The Polytechnic Ibadan. Library Philosophy and Practice (e-journal). University of Nebraska–Lincoln. Paper 1287. Available at http://digitalcommons.unl.edu/lib.”
“Kurniawan, Inyoman R. ‘Perancangan Knowledge Management System di SMKN 1 Kotabaru (Studi Kasus Kegiatan Belajar Mengajar Bahasa Inggris) menggunakan framework 10 langkah Amrit Tiwana’, 2010.”
“Anumnu S. Knowledge Management and Development of Entrepreneurial Skills Among Students in Vocational Technical Institutions in Lagos, Nigeria. The Electronic Journal of Knowledge Management Volume 12 Issue 2 (pp144-154) available online at www.ejkm.com.”
“Brewer, Peggy D & Brewer, Kristen L. 2010. Knowledge Management, Human Resource Management, and Higher Education: A Theoretical Model. Journal of Education for Business, 85: 330-335, 2010. ISSN: 0883-2323. USA.”
“Agarwal, Parul D et al. 2012. Knowledge Sharing for Stimulating Learning Environment in Institutions of Higher Technical Education. African Journal of Business Management Vol. 6(16), pp. 5533-5542. ISSN: 1993-8233. Available online at http://www.academicj.”
“Paul L.Tobing , “Knowledge management Konsep,arsitektur dan Implementasi “,Edisi pertama, Penerbit Graha Ilmu, Yogyakarta. 2007.”
“Bambang Setiarso , NazirHarjanto Triyono dan Hendro Subagyo. ‘Penerapan Knowledge Management Pada Organisasi’. Edisi pertama, Penerbit Graha Ilmu, Yogyakarta. 2009.”
“Giesen, Janet. (2005). Constructivism: A Holistic Approach to Teaching and Learning. United State of America: Northern Illinois University.”
“Amrit Tiwana,”The Knowledge Management Toolkit”Second edition Prentice Hall PTR.”
“Jogianto HM. 2002. Pengenalan Komputer: Dasar Ilmu Komputer, Pemrograman, Sistem Informasi dan Inteligensi Buatan. Andi Offset. Yogyakarta.”
Jogiyanto, HM. 2008. Metodologi Penelitian Sistem Informasi. Andi. Yogyakarta
Refbacks
- There are currently no refbacks.
FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UIN SUSKA RIAU
Kampus Raja Ali Haji
Gedung Fakultas Sains & Teknologi UIN Suska Riau
Jl.H.R.Soebrantas No.155 KM 18 Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293
Email: sntiki@uin-suska.ac.id