Rancang Bangun Sistem Informasi Pelayanan Customer Berbasis Web pada PT. Rizky Jaya Auto Pekanbaru

Zarnelly Zarnelly

Abstract


PT. Rizki Jaya Auto adalah salah satu bengkel mobil di kota Pekanbaru. Perusahaan memiliki dua kegiatan yang ditangani di bidang Layanan (Layanan untuk pemeliharaan dan perbaikan suku cadang kendaraan) dan Suku cadang (Pasokan suku cadang kendaraan) roda empat atau lebih. Permasalahan yang terjadi saat ini adalah, terjadinya antrian pelanggan yang ingin melakukan servis, pencatatan data servis dan suku cadang masih manual dalam bentuk pembukuan, melihat stok suku cadang harus datang langsung ke bengkel, dan tidak adanya laporan rekap untuk kepemimpinan. Fokus dari penelitian ini adalah untuk menciptakan sistem layanan informasi berbasis web. Metode pengembangan yang digunakan adalah Waterfall Model dengan lima tahap: kebutuhan dan analisis definisi, perancangan sistem dan perancangan perangkat lunak, implementasi dan pengujian unit, integrasi dan pengujian sistem, serta operasi dan pemeliharaan yang hanya dapat dilakukan dalam fase integrasi dan pengujian sistem . Dengan Sistem Informasi Layanan Pelanggan berbasis Web diharapkan dapat memberikan layanan optimal dan meningkatkan layanan serta memudahkan pelanggan dalam layanan pemesanan. memfasilitasi penasihat dan pemimpin dalam mengelola data pelanggan, layanan data, data suku cadang, dan pelaporan.

 

Kata Kunci : Layanan Pemesanan, Sistem Informasi, Website


Full Text:

PDF

References


Hakim, L, 2010, Membangun Web Berbasis PHP dengan Framework Codeigfiter, Penerbit Lokomedia, Yogyakarta.

Jogiyanto, H.M., 2013, Analisis & Disain Sistem Informasi. Penerbit Andi, Yogyakarta.

Kadapi, M., dan Arfida, S., 2017, Rancang Bangun Booking Service System Pada Bengkel Ria Auto Smart Berbasis Website, Seminar Nasional Institut Informatika Dan Bisnis Darmajaya, ISSN: 2598 – 0246 | E-ISSN: 2598-0238.

Kadir, A, 2012, Dasar Pemograman Web Dinamis. Penerbit ANDI, Yogyakarta.

Kadir, A, 2012, Pengenalan Sistem Informasi. Penerbit Andi, Yogyakarta.

Kendall, 2010, Analisis dan Perancangan Sistem Jilid 1. PT. Intan Sejati. Klaten.

Kurniawan, H., 2015, Rancangan Sistem Informasi Bengkel Mobil Berbasis Web, Konferensi Nasional Sistem dan Informatika.

Mahendra, A., Wurijanto, T., dan Sulistiowati., 2015, Rancang Bangun Aplikasi Pelayanan Administrasi Perawatan Sepeda Motor. JSIKA Vol. 4, No. 2. | ISSN 2338-137X.

Nugroho, A, 2012, Analisis dan Perancangan Sistem Informasi dengan Metodologi Berorientasi Objek. Informatika. Bandung.

Nugroho, B, 2004, Aplikasi Pemrograman Web Dinamis dengan PHP dan MySQL. Gava Media. Yogyakarta.

Peranginangin, K, 2006, Aplikasi Web Dengan PHP dan MySQL. Penerbit Andi, Yogyakarta.

Pressman, R.S., 2012, Rekayasa Perangkat Lunak Pendekatan Praktisi Edisi 7. Penerbit Andi, Yogyakarta.

Sakur, S, 2010, B.PHP 5 Permograman Berorientasi Objek, Konsep dan Implementasi. Penerbit Andi, Yogyakarta.

Siang, J.J., dan Nugroho, S., 2015 Sistem Informasi Pelayanan Jasa Servis Sepeda Motor. Jurnal EKSIS Vol.08 No.02.

Sidik, B, 2012, Pemograman WEB PHP Edisi Revisi. Penerbit Informatika, Bandung.

Yakub, 2012, Pengantar Sistem Informasi. Yogyakarta, Graha Ilmu.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UIN SUSKA RIAU

Kampus Raja Ali Haji
Gedung Fakultas Sains & Teknologi UIN Suska Riau
Jl.H.R.Soebrantas No.155 KM 18 Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293
Email: sntiki@uin-suska.ac.id