PENGUKURAN PERFORMANCE SISTEM APLIKASI PELAYANAN PELANGGAN TERPUSAT (AP2T) MENGGUNAKAN METODE INFORMATION TECHNOLOGY BALANCED SCORECARD (STUDI KASUS: PLN PERSERO RAYON DURI)
Abstract
PLN Persero Rayon Duri berperan dalam menyediakan tenaga listrik bagi kepentingan umum, percepatan peningkatan pelayanan, sehingga dapat berjalan secara efektif dan efisien dengan tetap berfokus pada sistem manajemen yang berbasis pada kepuasan pelanggan dengan bantuan sistem Aplikasi Pelayanan Pelanggan Terpusat (AP2T) . Sistem AP2T pada PLN rayon Duri sudah di implementasikan sejak tahun 2012 dan merupakan sistem administrasi yang mengintegrasikan seluruh pelaksanaan kegiatan berbasis komputer, mulai dari pemasangan baru, pengisian data survei, pembayaran, pengelolaan data pelanggan serta monitoring secara berkala data-data pelanggan. Namun sejak di implementasikan nya sistem AP2T belum pernah dilakukan nya pengukuran terhadap performance sistem sehingga belum diketahuinya tingkat keberhasilan penerapan sistem AP2T. Dalam penelitian ini dilakukan pengukuran performance sistem AP2T menggunakan metode IT Balanced Scorecard yang memiliki standar untuk memudahkan peneliti dalam mengukur sebuah kinerja teknologi iniformasi (Keyes,2005) dengan hasil pengukuran kinerja sistem tiap perspektif yaitu: perspektif kontribusi bisnis 81,25%, orientasi pengguna 75,46%, kesempurnaan operasional 80,21%, orientasi masa depan 89,90%. Secara keseluruhan tingkat kinerja sistem yang dicapai adalah 81,71%. Dengan hasil ini dapat dikatakan kinerja sistem yang dicapai sudah sangat baik.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.
FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UIN SUSKA RIAU
Kampus Raja Ali Haji
Gedung Fakultas Sains & Teknologi UIN Suska Riau
Jl.H.R.Soebrantas No.155 KM 18 Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293
Email: sntiki@uin-suska.ac.id