Analisis Business Model Canvas dengan Pendekatan Blue Ocean Strategy pada Perusahaan Penerbitan

Fitriani Muttakin, Siti Monalisa, Eki Saputra

Abstract


Perkembangan era Industri 4.0 semakin meningkatkan persaingan bisnis. Proses membangun sebuah bisnis membutuhkan konsep, model bisnis dan strategi yang tepat bagi perusahaan, sehingga dapat menjadi tolak ukur dalam pengembangannya menjadi bisnis yang dinamis. Model bisnis yang dibutuhkan dipengaruhi beberapa faktor, antara lain  pelanggan, biaya transaksi, dan juga persaingan. Business Model Canvas merupakan salah satu model bisnis berbentuk skema sembilan blok yang dapat digunakan untuk mengkonsep bisnis menjadi lebih sederhana dalam mendeskripsikan proses bisnis perusahaan, agar dapat lebih mempermudah dan bisa dimanfaatkan dalam sebuah perusahaan atau organisasi. Perusahaan yang bergerak sebagai pemasok alat kebutuhan Pendidikan dapat menggunakan strategi sembilan blok ini dengan penguatan Blue Ocean Strategy, sehingga menghasilkan strategi yang menonjolkan kelebihan Perusahaan  untuk menguasai produksi dan pemasaran serta penguasaan pasar karena para pesaing belum memasuki daerah yang perusahaan kuasai saat ini. kedua konsep ini dapat diintegrasikan untuk menghasilkan keunggulan kompetitif yang kuat bagi perusahaan.

 

Kata kunci: Proses Bisnis, Business Model Canvas, Blue Ocean Strategy, Pemasaran


Full Text:

PDF

References


Y. Oktriani and C. Budi Santoso, “desain model bisnis untuk mencapai pertumbuhan perusahaan yang berkelanjutan (studi pada PT. Diera Mutiara Nasional),” Account. Bussiness Inf. Syst. J., vol. 6, no. 3, 2018, doi: 10.22146/abis.v6i3.59092.

A. Osterwalder, Y. Pigneur, and T. Clark, Business Model Generation: A Handbook for Visionaries, Game Changers, and Challengers. in Strategyzer series. Wiley, 2010. [Online]. Available: https://books.google.co.id/books?id=Bjj8G3ttLWUC

N. Amirah, I. Firdaus, and V. Ardellia, “Analisis Penerapan Etika Bisnis Dalam Perusahaan : Studi Literatur,” vol. 3, no. 2, 2023.

T. Nursiah and N. Kusnadi, “PERILAKU KEWIRAUSAHAAN PADA USAHA MIKRO KECIL ( UMK ) TEMPE DI BOGOR JAWA BARAT,” vol. 3, no. 2, pp. 145–158, 2015.

A. K. Henaulu, S. Ardian, and A. J. Ely, “Combination of canvas business model and blue ocean strategy in developing SMEs Jus Pala Morella,” in IOP Conference Series: Earth and Environmental Science, 2021. doi: 10.1088/1755-1315/807/2/022059.

M. Rainaldo, B. Wibawa, and Y. Rahmawati, “Analisis Business Model Canvas Pada Operator Jasa,” vol. 6, no. 2, pp. 2–6, 2017.

Yustina Chrismardani, “IMPLEMENTASI BLUE OCEAN STRATEGY DI INDONESIA,” 2010.

I. A. Zahrani and E. A. Prasetio, “International Journal of Current Science Research and Review A Proposed Business Model Innovation Using Blue Ocean Strategy Approach for Kiumarket in The Post-Pandemic Era,” vol. 06, no. 12, pp. 7696–7717, 2023, doi: 10.47191/ijcsrr/V6-i12-26.

P. Dwi et al., “Desain model sistem marketplace kerajinan tangan,” vol. 4, pp. 157–166, 2021.

P. H. Y. Ching and C. Fauvel, “CRITICISMS, VARIATIONS AND EXPERIENCES WITH BUSINESS MODEL CANVAS,” vol. 1, no. 2, pp. 26–37, 2013.

H. Warnaningtyas, “Desain Bisnis Model Canvas ( BMC ) Pada Usaha Batik Kota Madiun,” vol. 9, no. 79, pp. 52–65, 2020.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UIN SUSKA RIAU

Kampus Raja Ali Haji
Gedung Fakultas Sains & Teknologi UIN Suska Riau
Jl.H.R.Soebrantas No.155 KM 18 Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293
Email: sntiki@uin-suska.ac.id