Perancangan Ulang Tata Letak Fasilitas Pabrik Pembuatan Batu Bata (Studi Kasus: Kulim, Pekanbaru)

Yenita Morena, Merry Siska

Abstract


Perancangan  tata  letak  meliputi  pengaturan  tata  letak  fasilitas-fasilitas operasi dengan memanfaatkan area yang tersedia untuk penempatan mesin-mesin, bahan-bahan  perlengkapan  untuk  operasi,  dan  semua  peralatan  yang  digunakan dalam  proses  operasi. Kekurangan dari tata letak yang ada pada pabrik batu bata Pak Simun adalah pengaturan tata letak tiap stasiun kerja yang belum sesuai, karena belum memperhitungkan derajat tingkat kedekatan antar stasiun kerja terlihat pada stasiun kerja tungku yang letaknya berjauhan dengan tempat penjemuran batu bata kering. Apalagi proses pemindahan batu bata yang telah dicetak di meja kerja pada stasiun kerja pencetakan dilakukan secara manual.

                Ketidakteraturan  kondisi  tata  letak  yang  ada  sekarang  dapat  berimbas terhadap  terjadinya  aliran material yang  tidak  sempurna sehingga memerlukan  perancangan  tata  letak  baru  untuk  mengatur  ulang  jalur  lalu  lintas material/barang  yang  lebih  sesuai  dengan  fungsi  masing-masing  stasiun  kerja. Penyelesaian permasalahan tata letaknya  menggunakan  metode  yang memperhitungkan derajat  kedekatan  antar  stasiun  kerja,  membangun  atau  mengubah  tata  letak dengan  mencari  total  jarak  tempuh  yang  minimal  dilalui  dalam  perpindahan material dalam menemukan solusi  terbaik. 

                Berdasarkan hasil pengolahan diperoleh persentase penurunan panjang lintasan material handling layout alternatif 1 dengan layout awal adalah sebesar 74.8%, sedangkan persentase penurunan panjang lintasan material handling layout alternatif 2 dengan layout awal adalah sebesar 69.5%. Hal ini membuktikan bahwa layout alternatif 1 lebih optimal dibandingkan dengan layout awal dan layout alternatif 2. Hasil ini diperoleh karena tata letak pada layout awal dan layout alternatif 2 terlalu jauh antara stasiun satu dengan stasiun lainnya sehingga lintasan material handling menjadi tidak optimal. Dengan demikian, perancangan ulang layout awal telah mengurangi panjang lintasan meterial handling proses produksi yang sekaligus dapat mengurangi waktu dan biaya proses produksi.

 

Kata Kunci : Perancangan, Tata Letak, Batu Bata, Material Handling


Full Text:

PDF

References


Apple, James M. “Tata Letak Pabrik dan Pemindahan Bahan”. Edisi ke tiga, ITB, Bandung. 1990.

Askin R.G., Lundgren N.H., dan Ciarallo F., 1997, Material Flow Based Evaluation of Layout Alternatives For Agile Manufacturing, in Progress in Material Handling Research, R.J, Graves et al., Eds. Ann Arbor, MI: Material Handling Institute, Braun-Brumfield, pp. 71-90.

Hadiguna, R. A, Heri Setiawan. “Tata Letak Pabrik”. Andi, Yogyakarta. 2008.

Heragu, S., Facilities Design, 1997, USA: PWS Publishing Company.

Huang, H. dan Irani, S.A., 1999, Design of Facility Layout Using Layout Modules: A Numerical Clustering Approach, Preceeding of the 8th Annual Industrial Engineering Research Conference, Poenix, AZ, May 23 -36.

Irani, S.A., dan Huang, H., 2000, Custom Design of Facility Layouts for Multiproduct Facilities Using Layout Modules, IEEE Transactions on Robotic and Automation, vol-16, no. 3, pp. 259-267.

Siska, Merry. “Perancangan Tata Letak Modular”. Edisi pertama Cetakan pertama, Yayasan Pusaka Riau, Pekanbaru. 2010

Sutalaksana, Iftikar Z, dkk. “Teknik Perancangan Sistem Kerja”. Edisi ke dua, ITB, Bandung. 2006

Susetyo, J., Simanjuntak, R., A., Ramos.,J. M., 2010, Perancangan Ulang Tata Letak Fasilitas Produksi dengan Pendekatan Group Technology dan Algoritma Blocplan untuk Meminimasi Ongkos Material Handling, Jurnal Teknologi, Volume 3 No,or 1, Juni 2010, pp 75-84.

Sutrisno., O dan Singgih., M.L., 2010, Perancangan Tata Letak dan Investasi Mesin Produksi Crank Case di PT. Tri Ratna Diesel untuk Meningkatkan Kapasitas Produksi, Prosiding Seminar Nasional Manajemen Teknologi XII, program Studi MMT-ITS, Surabaya 7 Agustus 2010.

Wignjosoebroto, Sritomo, ”Ergonomi Studi Gerak dan Waktu”, Edisi pertama Cetakan ke tiga, ITS, Surabaya. 2009.

Wignjosoebroto, Sritomo, ”Tata Letak Pabrik dan Pemindahan Bahan”, Edisi ke empat, ITS, Surabaya. 2009.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UIN SUSKA RIAU

Kampus Raja Ali Haji
Gedung Fakultas Sains & Teknologi UIN Suska Riau
Jl.H.R.Soebrantas No.155 KM 18 Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293
Email: sntiki@uin-suska.ac.id