Perancangan Sistem Kendali Pergerakan Robot Beroda dengan Media Gelombang Radio

Fransiscus A Halim, Meiliayana Meiliayana, Wendy Wendy

Abstract


Penelitian ini akan mengimplementasikan penggunaan media gelombang radio untuk mengendalikan pergerakan robot. Masalah yang dibahas dalam penelitian ini adalah bagaimana membuat sistem kendali robot beroda berbasis komputer yang mampu mengarahkan robot ke posisi tertentu dalam area jelajahnya berdasarkan informasi yang diperoleh dari kamera menggunakan media gelombang radio. Area jelajah robot memiliki permukaan bidang tempuh yang datar, area yang digunakan  berbentuk persegi panjang dengan dimensi 160 cm (panjang) x 80 cm (lebar). Robot hanya dapat digerakkan maju, mundur, kiri, dan kanan. Jarak tempuh merupakan kelipatan 10 sentimeter. Percobaan dilakukan untuk mengetahui kinerja sistem yang telah dirancang berupa ketepatan jarak tempuh , kemiringan dan kecepatan pergerakan robot beroda. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pergerakan robot beroda dengan media gelombang radio yang dihasilkan mengalami kemiringan dengan rata-rata 6.35o ketika berjalan lurus 100 sentimeter dan jarak yang ditempuh robot memiliki kelebihan jarak rata-rata sejauh 9.14 sentimeter untuk pergerakan robot sepanjang 100 sentimeter.

 

Kata Kunci : Sistem Kendali, Robot beroda, gelombang radio


Full Text:

PDF

References


Textbook :

Siegwart, Roland. Nourbakhsh, Illah. 2004. Introduction To Autonomous Mobile Robots, Massachusetts, United States of America. p.30.

Lynch, Kevin M, Howie Choset. Kantor, George. Hutchinson, Seth. Burgard, wolfram. Kavraki, Lydia E. Thrun, Sebastian. 2005. Principles of Robot Motion: Theory, Algorithms, and Implementation, Massachusetts Institute of Technology, United States of America. p.86.

Thesis/Disertasi :

Naryanto, Desain dan Implementasi Robot Pemadam api Menggunakan Modulasi FM (Frequensy Modulation)-FSK (Frequency Shift Keying), http://www.scribd.com/doc/28940 690/Rancang-Bangun-Robot-Pemadam-API-Dengan-Modulasi-Gelombang-Radio, diakses 2 Febuary 2011.

Susanto, A. & Zamzama, B., Robot Pemantau Dengan Kamera Digital yang Dikontrol PC melalui Gelombang Radio, ITS Digilib, http://digilib.its.ac.id/ITS-NonDegree-310000502 1314/12968, diakses 2 Februari 2011


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UIN SUSKA RIAU

Kampus Raja Ali Haji
Gedung Fakultas Sains & Teknologi UIN Suska Riau
Jl.H.R.Soebrantas No.155 KM 18 Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293
Email: sntiki@uin-suska.ac.id