DESAIN KEMASAN BUBUK MINUMAN JAHE MERAH PADA UMKM BAKTI USAHA MENGGUNAKAN METODE KANSEI ENGINEERING

Riri Nasirly, Wimpy Prendika, Hermita Maryetni

Abstract


Desain kemasan merupakan salah satu bentuk dalam menarik konsumen, pemilihan desain kemasan yang tepat akan meningkatkan penjualan sebuah produk. Kemasan memainkan peran penting untuk membedakan produk dan menarik minat konsumen, terutama dalam era kompetisi yang semakin ketat. Fokus penelitian ini pada bubuk bandrek jahe merah dari UMKM Bakti Usaha. Kemasannya masih sederhana masih belum memenuhi preferensi dan harapan konsumen. Tujuan penelitian ini adalah untuk merancang kembali kemasan produk bandrek jahe merah dari UMKM Bakti Usaha berdasarkan preferensi konsumen menggunakan metode Kansei Engineering. Hasil penelitian menunjukan kata kansei yang terpilih dari kuisioner semantic diferentiall I yaitu informatif, praktis, aman, unik, berwarna, kompleks, ramah lingkungan, dan rapi. Hasil rancangan yang terpilih untuk desain kemasan bubuk bandrek jahe merah yaitu terbuat dari bahan plastik berbentuk botol dengan label sticker dan berwarna transparan. Desain kemasan yang terpilih yaitu kemasan yang terbuat dari bahan plastik, bentuk botol, dengan label sticker, dan berwarna trasnparan. Pada desain kemasan bubuk bandrek jahe merah, elemen yang paling penting bagi konsumen adalah bentuk (35,143), label (34,325), bahan (20,062) dan warna (10,469).   


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UIN SUSKA RIAU

Kampus Raja Ali Haji
Gedung Fakultas Sains & Teknologi UIN Suska Riau
Jl.H.R.Soebrantas No.155 KM 18 Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293
Email: sntiki@uin-suska.ac.id