Pengukuran Kualitas Layanan Website Pemerintah Terhadap Kepuasan Pengguna Menggunakan Metode Webqual
Abstract
Dinas XYZ menggunakan sistem berbasis online atau situs web sebagai sarana penyedia informasi Dinas tersebut. Pada sistem tersebut menyediakan informasi seputar perizinan, pengaduan, sampai syarat apa saja yang dibutuhkan untuk melakukan pemrosesannya. Saat ini banyak dari pengguna yang belum mengetahui situs web ini, berdasarkan hal ini perlunya dilakukan pemahaman kepada calon dan pengguna layanan tentang situs web ini. Tujuan dilakukan penelitian ini ialah memberikan pemahaman terkait situs web kepada pengguna serta mengukur apakah sistem ini memiliki standar yang baik dan efektif digunakan oleh penggunanya atau tidak. Teknik pengambilan data dilakukan dengan 2 cara yaitu observasi dan kuesioner. SPSS (Statistical Package for the Social Sciences) adalah alat bantu yang digunakan untuk mengolah data pada penelitian ini. Metode yang digunakan adalah webqual sebagai alat ukur kualitas website, menggunakan pengujian variabel dan reliabilitas serta pengujian paired sample t-test. Sampel reponden yang digunakan pada penelitian ini adalah 31 responden dimana responden ini adalah orang yang akan menggunakan layanan pemerintahan atau yang sudah pernah menggunakan layanan pemerintahan tersebut. Hasil yang diperoleh dalam analisis ini berupa kualitas website dan kepuasan pengguna, dengan rata-rata kesenjangan antara dimensi kegunaan, kualitas informasi, kualitas interaksi dan efektivitas kurang dari -1.
Full Text:
PDFReferences
Lauterbach J, Mueller B, Kahrau F, Maedche A. Achieving effective use when digitalizing work: The role of representational complexity. MIS Q. 2020 Jul 21;44(3):1023–48.
Foucart R, Li QC. The role of technology standards in product innovation: Theory and evidence from UK manufacturing firms. Res Policy. 2021 Mar 1;50(2).
Malinova M, Mendling J. Cognitive Diagram Understanding and Task Performance in Systems Analysis and Design. MIS Quarterly [Internet]. 2021 Des 1;45(4):2101–58. Available from: https://misq.umn.edu/cognitive-diagram-understanding-and-task-performance-in-systems-analysis-and-design.html
Anderjovi S, Hamzah ML, Maita I, Khairil Ahsyar T. User Satisfaction Analysis of E-Learning Using End User Computing Satisfaction in Covid 19.
Lee S, Alvarado-Leiton F, Yu W, Davis R, Johnson TP. Developing a short screener for acquiescent respondents. Research in Social and Administrative Pharmacy. 2022 Mei 1;18(5):2817–29.
Xiang S, Wang L, Xing L, Du Y, Zhang Z. Knowledge-based memetic algorithm for joint task planning of multi-platform earth observation system. Comput Ind Eng. 2021 Okt 1;160.
Wang X, Ji X. Sample Size Estimation in Clinical Research: From Randomized Controlled Trials to Observational Studies. Vol. 158, Chest. Elsevier Inc; 2020. hlm. S12–20.
Cho HC, Abe S. Is two-tailed testing for directional research hypotheses tests legitimate? J Bus Res. 2013 Sep;66(9):1261–6.
Jayadi A, Anwar Z. PEMANFAATAN APLIKASI SPSS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MAHASISWA MENGOLAH DATA STATISTIKA [Internet]. Available from: https://suicidealone.wordpress.com/2008.
Bakar A, Agustian W, Ekonomi Dan Bisnis F, Bina Darma Palembang U. ANALISIS CITRA PERUSAHAAN TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN. SEMINAR NASIONAL GLOBAL COMPETITIVE ADVANTAGE] Palembang. 2016. 6–7 hlm.
Maita I, Suryani D, Agustin W. Analisis Perbandingan Website e-commerce Menggunakan Webqual 4.0. 2018.
Tarumasely Y. PERBEDAAN HASIL BELAJAR PEMAHAMAN KONSEP MELALUI PENERAPAN STRATEGI PEMBELAJARAN BERBASIS SELF REGULATED LEARNING.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UIN SUSKA RIAU
Kampus Raja Ali Haji
Gedung Fakultas Sains & Teknologi UIN Suska Riau
Jl.H.R.Soebrantas No.155 KM 18 Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293
Email: sntiki@uin-suska.ac.id