Perancangan Alat Pemberi Pupuk Cair Aquascape Otomatis Menggunakan Kansei Engineering dan KANO

Merry Siska

Abstract


Aquascape adalah teknik seni estetis berkonsep menata tanaman air, batu dan kayu di dalam akuarium. Para Aquascaper tentu sering mengalami kesibukan kerja maupun kegiatan lain yang mengakibatkan kendala dalam memelihara aquascape atau seorang pebisnis aquascape yang memiliki banyak akuarium tanaman aquascape akan mendapati masalah efisiensi waktu. Identifikasi awal terhadap 11 orang aquascaper bahwa masalah terbesar adalah tidak disiplin dalam pemberian pupuk cair. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sebuah alat yang berguna untuk membantu para aquascaper disiplin dalam waktu pemberian pupuk cair aquascape. Pendekatan yang digunakan pada perancangan alat ini adalah dengan menggunakan metode Kansei Engineering yang berguna untuk mengidentifikasi bentuk alat sesuai keinginan konsumen dan metode kano yang berguna untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa metode Kansei Engineering membentuk 3 faktor utama untuk atribut alat yaitu faktor desain, functional dan practical purpose. Product Properties yang dirancang ada 3 bagian yaitu body utama, body penampung pupuk dan dudukan alat. Hasil Metode Kano menunjukkan atribut kansei word yang perlu di aplikasikan ke rancangan alat adalah ringan, aman, mudah dioperasikan, ukuran proporsional, berwarna, kuat, tidak mudah rusak, aman dan murah.

 

Kata kunci: Perancangan, Pupuk Cair Aquascape, Kansei Engineering, Kano


Full Text:

PDF

References


Cendy, B, M., Sugiono., dan Dewi Hardiningtyas. (2015). Analisis Perancangan Produk Long Leg Braces Dengan Pendekatan Kansei Words dan Biomekanika, Jurnal Rekayasa dan Manajemen Ssitem Industri Vol.3, No.2 Teknik Industri Universitas Brawijaya, Malang.

Mahdi, M, M. (2018). Evaluasi Kualitas Layanan E-Commerce TRAVELOKA Dengan Pendekatan Metode Kano, Jurnal Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta.

Prabowo, R. (2019). Penerapan Integrasi Kanno dan Kansei Engineering Untuk Perbaikan Kualitas Layanan (Studi Kasus: J&T Express Indonesia-Surabaya), ISBN: 978-979-3649-99-3, Prosiding SENDI_U, Surabaya.

Pratiwi, M. (2017). Pengembangan Tutorial Pembuatan Media Aquascape Berbasis Project Based Learning (PJBL) Pada Materi Ekosistem Siswa Kelas X SMA, Skripsi Jurusan Pendidikan Biologi Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung, Lampung.

Putra et al. (2017). Perancangan Desain Troli Supermarket Menggunakan Implementasi Metode Kansei Engineering. ISSN: 2355-9365, E-Proceeding of Engineering, Vol.4, No.2, Bandung.

Rahman, S. (2016). Uji Validitas dan Reliabilitas Instrumen Kelincahan Balsom Agility Test Untuk Atlet Sekolah Menengah Pertama Kelas Khusus Olahraga Di Daerah Istimewa Yogyakarta, Skripsi Program Studi Pendidikan Kepelatihan Olahraga Jurusan Pendidikan Kepelatihan Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Rahmayani, N., Yuniar., dan Arie, D. (2015). Rancangan Kemasan Bedak Tabur (Loose Powder) Dengan Menggunakan Metode Kansei Engineering. Reka Integra ISSN: 2338-5081, Vol.03, No.04 Jurnal Online Institut Teknologi Nasional, Bandung.

Riduwan. (2010). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian, Cetakan Ketujuh, Penerbit Alfabeta, Bandung.

Sauddin, A. (2017).S Pendekatan Zone of Tolerance, Kano dan Lean Six Sigma Untuk Layanan Administrasi Akademik, Jurnal MSA Vol.5 No.2, Makassar.

Sugiyono. (2014). Statistika untuk Penelitian, Cetakan Ke-25, Penerbit Alfabeta, Bandung.

Sujono., dan Harry, B, S. (2017). Analisis Kualitas E-Learning Dalam Pemanfaatan Web Conference Metode Webqual, ISSN Print: 1979-7141, ISSN Online: 2541-1942, SAINTEKBU: Jurnal Sains dan Teknologi, Vol.9, No.2, Jombang.

Ulrich, K, T., dan Steven D, E. (2001). Perancangan dan Pengembangan Produk, Edisi Pertama, Penerbit Salemba Teknika, Jakarta.

Utami, K, K., Yati, R., dan Wawan T. (2018). Perancangan Kebutuhan Pelanggan Terhadap Layanan Brolabs Menggunakan Metode Integrasi Service Quality dan Model Kano, ISSN: 2355-9365. e-Proceeding of Engineering: Vol.5, No.2, Bandung.

Zainuddin, Z., Yahya, H., dan Siti, H, R. (2016). Analisis Faktor Dalam Pengambilan Keputusan Nasabah Memilih Produk Pembiayaan Perbankan Syariah, Jurnal Keuangan dan Perbankani, Vol.13, No.1, Jakarta.

Zyahri, M., dan Hari P. (2020). Pengembangan Desain Produk Trolley Menggunakan Metode Kano, ISSN: 2337-4349, Prosiding IENACO Universitas Islam Indonesia, Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UIN SUSKA RIAU

Kampus Raja Ali Haji
Gedung Fakultas Sains & Teknologi UIN Suska Riau
Jl.H.R.Soebrantas No.155 KM 18 Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293
Email: sntiki@uin-suska.ac.id