Pengukuran Kinerja Knowledge Sharing: Analisis Akademik Dengan Analytical Hierarchy Process

Okfalisa Okfalisa, Fitri Diansari, Megawati Megawati, Elvi Budianita

Abstract


Knowledge sharing sangat penting dalam meningkatkan kreativitas dan khasanah keilmuan. Dengan knowledge sharing nilai kritisi keilmuan meningkat dan dapat dipertanggung jawabkan.   Tanpa disadari akademisi seringkali mengabaikan pentingnya knowledge sharing dengan alasan keterbatasan waktu, kurangnya kesadaran, ataupun egois sentrik akademisi itu sendiri. Sehingga penerapan knowledge sharing dalam konteks penyusunan bahan ajar ataupun kurikulum tidak dapat dilakukan secara maksimal. Penelitian ini mencoba menganalisis kinerja knowledge sharing dikalangan akademisi dengan mempertimbangkan variabel pengukuran seperti Hard Rewards, Soft Rewards, Communication Skilss, Enjoyment to Help Others dan Quality of Knowledge Shared. Sebagai studi kasus pengukuran dilakukan dilingkungan Fakultas Sains dan Teknologi dengan analisis akademisi secara personal, per-jurusan, dan Fakultas. Analisis pengukuran dilakukan dengan menerapkan konsep Analytical Hierarchy Process (AHP) baik untuk pembobotan kepentingan variabel maupun pengukuran. Kuesioner 1 disebarkan kepada 8 orang pimpinan untuk pembobotan, dan kuesioner 2 disebarkan kepada 73 orang akademisi dari perwakilan 5 jurusan. Dari hasil analisis kuesioner 1 diperoleh bahwa variabel Enjoyment to Help Others sebagai variabel yang paling significant dalam menentukan knowledge sharing behavior dikalangan akademisi. Sementara, kuesioner 2 menyimpulkan bahwa knowledge sharing behavior Fakultas Sains dan Teknologi yang dikatagorikan pada kondisi “Bagus” dengan kinerja terbaik pada kriteria Quality of Knowledge Shared. Hasil analisis kinerja knowledge sharing juga diberikan untuk masing-masing jurusan dan personal akademisi sebagai rekomendasi. Automasi proses pengukuran ditransformasikan dalam pembangunan prototype sistem pengukuran yang sudah teruji secara Blackbox dan User Acceptance Test (UAT). Aplikasi ini dapat digunakan untuk mengukur performansi kinerja akademisi sebagai upaya memberikan rekomendasi kepada pihak pimpinan dalam meningkatkan efektivitas knowledge sharing behavior guna mencapai kesuksesan organisasi.


Full Text:

PDF

References


O. Okfalisa, H. Simaremare, R. Abdillah, dan N. F. Najwa. Result Based Manajemen Sistem untuk Monitoring dan Evaluasi Kegiatan Bimbingan Dasar Keislaman. J. Sist. Inf. Bisnis. 2019; 9(1): 77.

T. P. L. Nguyen, N. M. Tran, X. H. Doan, dan H. Van Nguyen. The impact of knowledge sharing on innovative work behavior of Vietnam telecommunications enterprises employees. Manag. Sci. Lett. 2020; 10(1): 53–62/

Okfalisa dan F. Lestari. Implementasi Model Knowledge Proses dalam Mengukur Pencapaian Strategi di UIN Suska Riau. 2015; 12(2): 172–178.

R. Fullwood, J. Rowley, dan J. McLean. Exploring the factors that influence knowledge sharing between academics. J. Furth. High. Educ. 2019; 43(8): 1051–1063.

S. N. L. A. K. Yuniastari. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Knowledge Sharing Pada Perguruan Tinggi. Jurnal Eksplora Informatika. 2014; 3(2): 181-192.

M. B. Ismail, and Z. M. Yusuf. The impact of individual factors on knowledge sharing quality. Journal of Organizational Knowledge Management. 2010; 13(1): 1-12.

K. S. Aljaaidis, O. A. Bagais, dan E. Al-Moataz. Knowledge sharing and individuals’ effectiveness in educational institutions. Manag. Sci. Lett. 2020; 10(15): 3477–3484.

R. Trialih, H. Wei, dan W. Anugrah. Knowledge Sharing Behavior And Quality Among Workers Of Academic Institutions In Indonesia. International Journal of Business and Society. 2017;18(S2): 353–368.

F. De Felice, M. H. Deldoost, M. Faizollahi, dan A. Petrillo. Performance measurement model for the supplier selection based on AHP. Int. J. Eng. Bus. Manag. 2015; 7: 1–13.

T. Immawan, A. I. Pratiwi, dan W. N. Cahyo. The proposed dashboard model for measuring performance of Small-Medium Enterprises (SME). Int. J. Integr. Eng. 2019; 11(5): 167–173.

Okfalisa, S. Anugrah, W. Anggraini, M. Absor, S. S. M. Fauzi, dan Saktioto. Integrated analytical hierarchy process and objective matrix in balanced scorecard dashboard model for performance measurement. Telkomnika (Telecommunication Comput. Electron Control). 2018; 16(6): 2703–2711.

Lenny dan Okfalisa. Measuring the Sustainability Performance of Islamic Banking in Indonesia. Pertanika Journal of Social Sciences & Humanities. 2019; 27(2), 1073-1090.

V. Listyaningsih dan E. Utami. Decision support system performance-based evaluation of village government using AHP and TOPSIS methods: Secang sub-district of Magelang regency as a case study. Int. J. Intell. Syst. Appl. 2018; 10(4): 18–28.

A. Munthafa dan H. Mubarok. Penerapan Metode Analytical Hierarchy Process Dalam Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Mahasiswa Berprestasi. J. Siliwangi. 2017; 3(2): 192–201.

D. Fikri, and F. M. Al-Oqla. Material selection using analytical hierarchy process. International journal of computer applications in technology. 2006; 26(4): 182-189.

T. L. Saaty. Decision making with the analytic hierarchy process. Int. J. Serv. Sci. 2008; 1(1): 83–98.

Krejcie, R. V., & Morgan, D. W. Determining Sample Size for Research Activities. Educational and Psychological Measurement. 1970; 30: 607-610.

Saide, Trialih, R., Wei, H. L., Okfalisa, & Anugrah, W. Knowledge sharing behavior and quality among workers of academic institutions in Indonesia. International Journal of Business and Society. 2017; 18(S2): 353–368.

Nicolai, J. P., Minbaeva, D. B., Pedersen, T., & Reinholt, M. Encouraging Knowledge Sharing Among Employees: How Job Design Matters. Human Resource Management. 2009; 45(3): 295–308.

He, W., & Wei, K.K. What drives continued knowledge sharing? An investigation of knowledge-contribution and seeking beliefs. Decision Support Systems. 2009; 46(4): 826– 838.

O. Oyemomia, S. Liub, I. Neagac, H. Chenb, Franklin. How cultural impact on knowledge sharing contributes to organizational performance: using the fsQCA approach. Journal of Business Research. 2019; 94: 313-319.

F. Roger, J. Rowley, and J. McLean. Exploring the factors that influence knowledge sharing between academics. Journal of Further and Higher Education. 2019; 43(8): 1051-1063.

G. Marylène. A model of knowledge‐sharing motivation. Human Resource Management: Published in Cooperation with the School of Business Administration, The University of Michigan and in alliance with the Society of Human Resources Management. 2009; 48(4): 571-589.

K. S. Aljaaidis, O. A. Bagais, & E. Al-Moataz. Knowledge sharing and individuals’ effectiveness in educational institutions. Management Science Letters. 2020; 10(15): 3477-3484.

S. Ivan, El. S. Costea, and H. F. Lin. Knowledge sharing and firm innovation capability: an empirical study. International Journal of manpower. 2007.

W. H. Delone & E. R. McLean. The DeLone and McLean model of information systems success: a ten-year update. Journal of management information systems. 2003; 19(4): 9-30.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


FAKULTAS SAINS DAN TEKNOLOGI
UIN SUSKA RIAU

Kampus Raja Ali Haji
Gedung Fakultas Sains & Teknologi UIN Suska Riau
Jl.H.R.Soebrantas No.155 KM 18 Simpang Baru Panam, Pekanbaru 28293
Email: sntiki@uin-suska.ac.id