Lembar Kerja Siswa Berbasis Problem Based Learning untuk Materi Segiempat

Anggraini Putri Utami, Zuhdiyah Zuhdiyah, Retni Paradesa

Abstract


LKS  berbasis Problem Based Learning untuk materi segiempat dihasilkan oleh peneliti melalui sebuah penelitian dan pengembangan. Peneliti menggunakan prosedur formative research, yakni preliminary  dan  formative evaluation. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Bina Jaya Palembang. Kritik dan saran yang diperoleh melalui tahap formative evaluation dianalisis guna memperbaiki LKS. Tahap expert and one to one  menyatakan LKS valid sedangkan pada tahap small grup dinyatakan LKS praktis. Jadi, LKS berbasis PBL valid, praktis dan layak digunakan dalam proses pembelajaran untuk materi segiempat.


Keywords


formative research, lembar kerja siswa, problem based learning, segiempat

Full Text:

PDF

References


Astuti, A., & Sari, N. (2017). Pengembangan lembar kerja siswa (LKS) pada mata pelajaran matematika siswa kelas X SMA. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 13–24. https://doi.org/10.31004/cendekia.v1i2.16

Astuti, P., Purwoko, & Indaryanti. (2017). Pengembangan LKS untuk melatih kemampuan berpikir kritis dalam mata pelajaran matematika di kelas VII SMP. Jurnal Gantang, 2(2), 145–155. https://doi.org/10.31629/jg.v2i2.244

Hamdani, H. (2011). Strategi belajar mengajar. Pustaka Setia.

Hidayat, R., Roza, Y., & Murni, A. (2018). Peran penerapan model problem based learning (PBL) terhadap kemampuan literasi matematis dan kemandirian belajar. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(3), 213–218. https://doi.org/DOI: http://dx.doi.org/10.24014/juring.v1i3.5359

Iriani, D., & Marlina, O. (2015). Pengembangan lembar kerja siswa (LKS) matematika berbasis reciprocal teaching pada materi lingkaran kelas VII SMP Negeri 11 kota Jambi. Prosiding Semirata 2015 Bidang MIPA BKS-PTN Barat Universitas Tanjungpura Pontianak, 107–114.

Khairunnisa, Yusrizal, & Halim, A. (2017). Pengembangan LKS berbasis problem based learning bermuatan sikap spiritual pada materi pengukuran untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. 1(4), 284–291.

Majid, A. (2012). Perencanaan pembelajaran. PT Remaja Rosdakarya.

Nurdin, E. (2019). Pengembangan lembar kerja berbasis pendekatan terbimbing untuk memfasilitasi kemampuan representasi matematis mahasiswa. Suska Journal of Mathematics Education, 5(2), 111–120. https://doi.org/10.24014/sjme.v5i2.7304

Nurdin, E., Herlina, R., Risnawati, & Granita. (2019). Pengembangan lembar kerja siswa berbasis pendekatan open-ended untuk memfasilitasi kemampuan berpikir kreatif matematis siswa Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Mercumatika: Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(1), 21–31. https://doi.org/https://dx.doi.org/10.26486/jm.v4i1.500

Nurdin, E., Risnawati, R., & Ayurila, M. (2019). Pengembangan lembar kerja siswa berbasis group investigation untuk memfasilitasi kemampuan penalaran matematis siswa SMP. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(3), 219–226. https://doi.org/10.24014/juring.v1i3.6752

Nurhayati, F., Widodo, J., & Soesilowati, E. (2015). Pengembangan LKS berbasis problem based learning (PBL) pokok bahasan tahap pencatatan akuntansi perusahaan jasa. Jornal of Economic Education, 4(1), 14–19.

Plomp, T., & Nieveen, N. (2007). An introduction to educational design research. The Seminar Conducted at the East China Normal University, Shanghai (PR China), 1–129. http://www.slo.nl/downloads/2009/Introduction_20to_20education_20design_20research.pd

Prastowo, A. (2014). Pengembangan bahan ajar tematik. Kencana Prenadamedia Group.

Rahyu, E., & Fahmi, S. (2018). Efektivitas penggunaan model problem based learning (PBL) dan inkuiri terhadap hasil belajar matematika siswa SMP N 1 Kasihan Kabupaten Bantul semester genap tahun ajaran. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(2), 147–152. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24014/juring.v1i2.5671

Reski, R., Hutapea, N., & Saragih, S. (2019). Peranan model problem based learning (PBL) terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan kemandirian belajar siswa. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(1), 49–57. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24014/juring.v2i1.5360

Revita, R. (2017). Validitas perangkat pembelajaran matematika berbasis penemuan terbimbing. Suska Journal of Mathematics Education, 3(1), 15–26. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v3i1.3425

Sanjaya, W. (2011). Strategi pembelajaran berorientasi standar proses pendidikan. Kencana Prenada Media.

Sugiyono. (2013). Penelitian pendidikan: pendekatan kuantitatif dan kualitatif dan r&d. Alfabeta.

Sukmadinata, N. S. (2010). Metode penelitian pendidikan. Remaja Rosdakarya.

Tessmer, M. (1993). Planning and conducting formative evaluation. Routledge.

Trianto. (2010). Mengembangkan model pembelajaran tematik. Prestasi Pustaka.

Wardhani, S., & Rumiati. (2011). Instrumen penilaian hasil belajar matematika SMP : belajar dari PISA dan TIMSS. In Yogyakarta: PPPPTK Matematika.

Wena, I. M. (2009). Strategi pembelajaran inovatif kontemporer, suatu tinjauan operasional. Bumi Aksara.

Wibowo, A. (2013). Pendidikan karakter di perguruan tinggi membangun karakter ideal mahasiswa di perguruan tinggi. Pustaka Pelajar.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v6i1.9149

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

          

Published by:


Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim RiauJalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: sjme.pmt@uin-suska.ac.id
Creative Commons License
Suska Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
 
STATCOUNTER

 

FLAG COUNTER

Flag Counter