Kompetensi Pedagogik: Sebuah Tinjauan tentang Internalisasi Nilai-Nilai Karakter pada Pembelajaran Matematika SD
Abstract
Pendidikan karakter merupakan aspek penting dari implementasi kurikulum 2013 (K-13) yang menghendaki guru untuk menginternalisasikan nilai-nilai karakter pada semua materi ajarnya. Demikian pula dengan pelajaran matematika pada jenjang sekolah dasar (SD), guru dituntut memiliki kemampuan untuk memberikan pengalaman belajar yang bermakna dengan melibatkan penanaman nilai-nilai karakter pada materi ajarnya. Namun pada kenyataannya proses ini bukanlah sesuatu yang mudah karena guru harus memiliki sejumlah kompetensi yang mumpuni dalam mengajar, terutama kompetensi pedagogik. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif yang dilaksanakan mulai bulan April-Oktober 2018 yang melibatkan 43 orang guru SD di Kota Langsa. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) pemilihan model, metode, dan media pembelajaran serta sumber belajar matematika oleh guru kelas sudah sesuai dengan pertimbangan terhadap karakteristik siswa dan mata pelajaran; (2) namun ditemukan juga kendala pada implementasi nilai-nilai karakter yang tampak pada rencana kerja harian, hal ini disebabkan sebagian guru tidak paham terhadap perangkat ajar K-13 dan bahkan rencana kerja harian diambil secara langsung dari internet. Sehingga diharapkan kepada Dinas Pendidikan terkait untuk terus meningkatkan pelatihan bagi guru kelas terutama yang berkaitan dengan penyusunan rencana kerja harian sesuai dengan K-13
Keywords
Full Text:
PDFReferences
E. Mulyasa. (2011). Menjadi Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya
_________. (2017). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Rancangan Pembelajaran Harian Guru Matematik Sekolah Rendah Kota Langsa-Aceh. Persidangan Antarabangsa Pedagogi Islam Dalam Pendidikan 2017 (1st ICIPE2017). Fakulti Pembangunan Manusia, UPSI, Malaysia.
Howard R.W., Berkowitz. M.W., & Schaeffer E.F. (2004). Politics of Character Education , Educational Policy, Vol. 18 No. 1, January and March 2004 188-215 DOI:
1177/0895904803260031
Kristanto, Vigih Hery (2011), pendidikan karakter dalam pembelajaran matematika pembentuk generasi antikorupsi, Widya Warta No. 01 Tahun XXXV / Januari 2011 ISSN 0854-1981
Sabaruddin & Rosnidar. M (2016). Membangun “Performance Character & Math Positivity” Dalam Pengajaran Dan Pembelajaran Matematik Sekolah Rendah. The 2016’S Tough Generation for a Better World International Conference, FKIP UNSYIAH, Banda Aceh.
Sabaruddin & Rosnidar. M (2017). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Dalam Rancangan Pembelajaran Harian Guru Matematik Sekolah Rendah Kota Langsa-Aceh. Persidangan Antarabangsa Pedagogi Islam Dalam Pendidikan 2017 (1st ICIPE2017). Fakulti Pembangunan Manusia, UPSI, Malaysia.
Sabaruddin & Rosnidar. M (2018). Parents Involvement in Improving Character of Children Through Mathematics Learning. Jurnal Ilmiah Peuradeun, 6(1), 41-50. doi:10.26811/peuradeun.v6i1.178
Shulman, L. S. (1986). Knowledge growth in teaching. Educational Researcher.15, 4–21.
Sumarmo, U. (2011). Pembelajaran Matematika Berbasis Pendidikan Karakter. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika STKIP Siliwangi Bandung (Vol. 1, pp. 22-33).
Shulman, L. S. (1986). Knowledge growth in teaching. Educational Researcher.15, 4–21.
Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen. http://peraturan.go.id/uu/nomor-14-tahun-2005.html.
Undang-Undang Nomor 16 Tahun 2007 Tentang Standar Kompetensi Guru.http://peraturan.go.id/pp/nomor-16-tahun-2007-11e44c4ea6e1ddd08e1c313231353431.html.
Yuyus Kardiman. (2013). Karakter Adalah Akar Masalah Bangsa Kita, Media Komunikasi FIS Vol
, No 2 Agustus 2013
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v5i1.6318
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Published by:
FLAG COUNTER