Analisis Kemampuan Abstraksi Reflektif pada Materi Aljabar ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa

Ina Meilina, Neneng Tita Rosita

Abstract


Kemampuan abstraksi reflektif matematis merupakan salah satu kemampuan untuk menyelesaikan masalah matematika yang membentuk konsep baru dengan melibatkan hubungan antar simbol, objek, atau konsep matematis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan abstraksi reflektif matematis siswa ditinjau dari gaya kognitif kelas VIII SMP Negeri 1 Conggeang. Metode penelitian ini kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 26 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian tes MFFT dan tes berbentuk soal uraian sebanyak lima butir soal yang mencakup indikator kemampuan abstraksi reflektif matematis, yaitu (1) mengintegrasikan dan merumuskan masalah, serta (2) mentransformasikan masalah ke dalam bentuk simbol. Penentuan gaya kognitif reflektif, impulsif, fast accurate, dan slow inaccurate dilakukan dengan cara mencari median dari skor jawaban salah  dan waktu  dari siswa yang bertujuan untuk menentukan batas pengelompokan gaya kognitif siswa. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan abstraksi reflektif matematis ditinjau dari gaya kognitif reflektif, impulsif, fast accurate, dan slow inaccurate memiliki hasil yang berbeda. Penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan abstraksi reflektif matematis sangat dipengaruhi oleh gaya kognitif siswa. Subjek dengan gaya kognitif reflektif mampu memenuhi hampir seluruh indikator dengan kecermatan tinggi, sedangkan gaya impulsif cenderung gagal memahami dan merumuskan masalah akibat terburu-buru. Subjek fast accurate menunjukkan ketepatan dan kecepatan dalam menjawab namun sering melewatkan proses perumusan, sementara gaya slow inaccurate menghadapi kesulitan dalam memahami dan menyelesaikan soal secara akurat. Perbedaan hasil ini menegaskan bahwa karakteristik gaya kognitif berperan penting dalam pencapaian kemampuan abstraksi reflektif matematis siswa.


Keywords


aljabar; gaya kognitif; kemampuan abstraksi reflektif

Full Text:

PDF

References


Amalliyah, N., Wardono, W., & Mulyono, M. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Aljabar Siswa ditinjau dari Adversity Quotient. Vygotsky : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 4(1), 1–12. https://doi.org/https://doi.org/10.30736/voj.v4i1.420

Amelia, R., Chotimah, S., & Kadarisma, G. (2020). The Abstraction Process of Junior High School Students. Journal of Physics: Conference Series, 1657(1), 1–7. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1657/1/012068

Awaliya, V. I., & Masriyah. (2022). Proses Berpikir Kritis Siswa SMA dalam Memecahkan Masalah Matematika ditinjau dari Gaya Kognitif Reflektif dan Impulsif. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 11(1), 70–79. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v11n1.p70-79

Bilkist, Z. K., Fuady, A., & Alifiani. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik ditinjau dari Gaya Kognitif Reflektif dan Impulsif pada Materi Kubus Kelas VIII. Jurnal Pendidikan, 16(30), 6–12. Retrieved from http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/4028

Fakhriyani, L., Subarinah, S., Novitasari, D., & Sridana, N. (2025). Analisis Kemampuan Numerasi Siswa SMP Pada Konten Geometri dan Pengukuran Ditinjau Dari Gaya Kognitif. Journal of Classroom Action Research, 8(1). https://doi.org/10.29303/jcar.v7i1.10233

Fauziah, N. H. (2023). Analisis Kemampuan Abstraksi Matematis ditinjau dari Gaya Belajar Menurut David Kolb (Universitas Siliwangi). Universitas Siliwangi. Retrieved from http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10320

Firdaus, A., Maryono, I., & Solehudin, S. (2024). Analisis Kemampuan Abstraksi Matematis Berdasarkan Teori Van Hiele pada Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Perspektif, 8(1), 106–116. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.15575/jp.v8i1.273

Hendriana, H., & Fitriani, N. (2019). Mathematical Abstraction of Year 9 Students Using Realistic Mathematics Education Based on the Van Hiele Levels of Geometry. Jurnal Didaktik Matematika, 6(1), 1–11. https://doi.org/10.24815/jdm.v6i1.13285

Herianto. (2020, April 7). Matching Familiar Figures Tes (MFFT): Intrumen Tes untuk Mengukur Gaya Kognitif Siswa Reflektif dan Impulsif. https://doi.org/10.31219/osf.io/34ut8

Hewi, L., & Shaleh, M. (2020). Refleksi Hasil PISA (The Programme for International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini). Jurnal Golden Age, 04(1), 30–41. Retrieved from https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/article/view/2018

Hidayat, R. N., Ratnaningsih, N., & Madawistama, S. T. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Matematika Berbasis Web Google Sites Berbantuan GeoGebra untuk Mengeksplor Kemampuan Abstraksi Reflektif. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 10(01), 83–92. https://doi.org/10.25157/teorema.v10i1.18500

Hodiyanto, Budiarto, M. T., Ekawati, R., Susanti, G., Kim, J., & Bongtiwon, D. M. R. (2025). Trends of Abstraction Research in Mathematics Education: A Bibliometric Analysis. Infinity Journal: Journal of Mathematics Education, 14(1), 125–142. https://doi.org/https://doi.org/10.22460/infinity.v14i1

Ikroma, W., Purwaningsih, W. I., & Astuti, E. P. (2024). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Kontekstual ditinjau Berdasarkan Metode Newman. Jurnal Pendidikan Sultan Agung, 4(3), 177–188. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30659/jp-sa.v4i3.39654

Ilmiyah, Z., Nursit, I., & Walida, S. El. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah dan Disposisi Matematis Siswa ditinjau dari Gaya Kognitif Field Dependent. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 06(02), 1731–1740. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1033

Ismiyati, N. (2023). Deskripsi Proses Abstraksi Matematika Siswa Berdasarkan Gaya Kognitif Konseptual Tempo. Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(1), 267–277. https://doi.org/10.30605/proximal.v5i2.2301

Mareta, D., & Zulkarnaen, R. (2024). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII pada Materi Bentuk Aljabar. Radian Journal: Research and Review in Mathematics Education, 3(1), 6–11. https://doi.org/https://doi.org/10.35706/rjrrme.v3i1.12075

Merliza, P. (2016). Peranan Kemampuan Abstraksi Peserta Didik dalam Pembelajaran Matematika melalui Soal Rich Context Persamaan Linear Dua Variabel. PRISMA: Prosiding Seminar Nasional Matematika, 104–110. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/21436

Mulyanti, Y., Darhim, & Turmudi. (2025). Penggunaan Mathematical Learning Object Berbasis Blended-Pictorial Abstract Terhadap Kemampuan Reflective Abstraction Mahasiswa. Jurnal Padegogik, 8(1), 10–19. https://doi.org/10.35974/jpd.v5i1.3908

Muniroh, A., Usodo, B., & Subanti, S. (2017). Algebraic Form Problem Solving Based on Student Abstraction Ability. Journal of Physics: Conference Series, 895(1), 1–7. Institute of Physics Publishing. https://doi.org/10.1088/1742-6596/895/1/012038

Narianti, W. I., & Masriyah. (2019). Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika dan Sains. JPPMS, 3(1), 21–41. Retrieved from http://journal.unesa.ac.id/index.php/jppms/

Nurhikmayati, I. (2017). Kesulitan Siswa Berpikir Abstrak Matematika dalam Pembelajaran Problem Posing Berkelompok. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 159–176. https://doi.org/https://doi.org/10.22236/KALAMATIKA.vol2no2.2017pp159-176

OECD. (2023). PISA 2022 Results (Volume I): The State of Learning and Equity in Education. OECD. https://doi.org/https://doi.org/10.1787/53f23881-en

Pratama, D., & Masduki. (2024). Exploration of Students' Algebraic Thinking Skills in Solving TIMSS Problems in Terms of Reflective-Impulsive Cognitive Style. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 73-88. http://dx.doi.org/10.31000/prima.v8i1.9376

Putra, J. D., Suryadi, D., & Juandi, D. (2018). Mathematical Abstraction Ability of Prospective Math Teacher Students. Journal of Physics: Conference Series, 1132(1), 1–6. Institute of Physics Publishing. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1132/1/012049

Putri, A., Huda, N., & Suratno. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Barisan dan Deret Berdasarkan Asimilasi dan Akomodasi pada Gaya Kognitif Reflektif dan Impulsif. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 06(02), 1210–1221. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1024

Rohmah, W. N., Septian, A., & Inayah, S. (2020). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis pada Materi Bangun Ruang ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa SMP. PRISMA, 9(2), 179–191. https://doi.org/https://doi.org/10.35194/jp.v9i2.1043

Rosmiati, U., Ratnaningsih, N., & Ni’mah, K. (2021). Analysis of Mathematical Abstraction Ability in Terms of Learning Style Kolb Assisted by Google Slides Media. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 7(1), 26–36. https://doi.org/https://doi.org/10.29407/jmen.v7i1.15675

Rusyid, H. K., Suryadi, D., Dahlan, J. A., & Herman, T. (2024). Algebraic Thinking Ability of Junior High School Students in Solving Linear Equations Problems. Jurnal Didaktik Matematika, 11(1), 104–119. https://doi.org/https://doi.org/10.24815/jdm.v11i1.36622

Safirah, A., Sari, I. K., & Lestari, S. T. (2024). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII pada Materi Aljabar di SPM Wustha Fathan Mubiina Bogor. Cendikia : Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 1(5), 321–328. https://doi.org/https://doi.org/10.572349/cendikia.v2i5.1487

Tarida, L., Suryani, D., & Mundhofar. (2024). Tingkatan Berpikir Kreatif Taruna Nautika dalam Proses Abstraksi Geometri melalui Geogebra. RIEMANN Research of Mathematics and Mathematics Education, 6(1), 39–52. https://doi.org/https://doi.org/10.38114/7yj73314

Windari, V. S., & Maryono. (2023). Analisis Tingkat Kecemasan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Perbandingan ditinjau dari Gaya Kognitif. AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 14(1), 30–40. Retrieved from https://journal.upgris.ac.id/index.php/aksioma/article/view/12426/6763

Yuliany, N., A, P. M. A., Nuhdia, Inzani, R. N., & Haeruddin, M. I. (2024). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Literasi Matematika Aljabar Berdasarkan Langkah Polya. Jurnal Derivat, 11(2), 280–288. https://doi.org/https://doi.org/10.31316/jderivat.v10i2.6623

Yusepa, B. (2016). Kemampuan Abstraksi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kelas VIII. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 1(1), 54–60. https://doi.org/https://doi.org/10.23969/symmetry.v1i1.233




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v11i1.35297

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

          

Published by:


Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: sjme.pmt@uin-suska.ac.id
Creative Commons License
Suska Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
 
STATCOUNTER

 

FLAG COUNTER

Flag Counter