Analisis Kemampuan Abstraksi Reflektif pada Materi Aljabar ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa
Abstract
Kemampuan abstraksi reflektif matematis merupakan salah satu kemampuan untuk menyelesaikan masalah matematika yang membentuk konsep baru dengan melibatkan hubungan antar simbol, objek, atau konsep matematis. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan abstraksi reflektif matematis siswa ditinjau dari gaya kognitif kelas VIII SMP Negeri 1 Conggeang. Metode penelitian ini kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII yang berjumlah 26 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan pemberian tes MFFT dan tes berbentuk soal uraian sebanyak lima butir soal yang mencakup indikator kemampuan abstraksi reflektif matematis, yaitu (1) mengintegrasikan dan merumuskan masalah, serta (2) mentransformasikan masalah ke dalam bentuk simbol. Penentuan gaya kognitif reflektif, impulsif, fast accurate, dan slow inaccurate dilakukan dengan cara mencari median dari skor jawaban salah dan waktu dari siswa yang bertujuan untuk menentukan batas pengelompokan gaya kognitif siswa. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kemampuan abstraksi reflektif matematis ditinjau dari gaya kognitif reflektif, impulsif, fast accurate, dan slow inaccurate memiliki hasil yang berbeda. Penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan abstraksi reflektif matematis sangat dipengaruhi oleh gaya kognitif siswa. Subjek dengan gaya kognitif reflektif mampu memenuhi hampir seluruh indikator dengan kecermatan tinggi, sedangkan gaya impulsif cenderung gagal memahami dan merumuskan masalah akibat terburu-buru. Subjek fast accurate menunjukkan ketepatan dan kecepatan dalam menjawab namun sering melewatkan proses perumusan, sementara gaya slow inaccurate menghadapi kesulitan dalam memahami dan menyelesaikan soal secara akurat. Perbedaan hasil ini menegaskan bahwa karakteristik gaya kognitif berperan penting dalam pencapaian kemampuan abstraksi reflektif matematis siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amalliyah, N., Wardono, W., & Mulyono, M. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Aljabar Siswa ditinjau dari Adversity Quotient. Vygotsky : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 4(1), 1–12. https://doi.org/https://doi.org/10.30736/voj.v4i1.420
Amelia, R., Chotimah, S., & Kadarisma, G. (2020). The Abstraction Process of Junior High School Students. Journal of Physics: Conference Series, 1657(1), 1–7. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1657/1/012068
Awaliya, V. I., & Masriyah. (2022). Proses Berpikir Kritis Siswa SMA dalam Memecahkan Masalah Matematika ditinjau dari Gaya Kognitif Reflektif dan Impulsif. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 11(1), 70–79. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v11n1.p70-79
Bilkist, Z. K., Fuady, A., & Alifiani. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik ditinjau dari Gaya Kognitif Reflektif dan Impulsif pada Materi Kubus Kelas VIII. Jurnal Pendidikan, 16(30), 6–12. Retrieved from http://repository.unisma.ac.id/handle/123456789/4028
Fakhriyani, L., Subarinah, S., Novitasari, D., & Sridana, N. (2025). Analisis Kemampuan Numerasi Siswa SMP Pada Konten Geometri dan Pengukuran Ditinjau Dari Gaya Kognitif. Journal of Classroom Action Research, 8(1). https://doi.org/10.29303/jcar.v7i1.10233
Fauziah, N. H. (2023). Analisis Kemampuan Abstraksi Matematis ditinjau dari Gaya Belajar Menurut David Kolb (Universitas Siliwangi). Universitas Siliwangi. Retrieved from http://repositori.unsil.ac.id/id/eprint/10320
Firdaus, A., Maryono, I., & Solehudin, S. (2024). Analisis Kemampuan Abstraksi Matematis Berdasarkan Teori Van Hiele pada Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Perspektif, 8(1), 106–116. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.15575/jp.v8i1.273
Hendriana, H., & Fitriani, N. (2019). Mathematical Abstraction of Year 9 Students Using Realistic Mathematics Education Based on the Van Hiele Levels of Geometry. Jurnal Didaktik Matematika, 6(1), 1–11. https://doi.org/10.24815/jdm.v6i1.13285
Herianto. (2020, April 7). Matching Familiar Figures Tes (MFFT): Intrumen Tes untuk Mengukur Gaya Kognitif Siswa Reflektif dan Impulsif. https://doi.org/10.31219/osf.io/34ut8
Hewi, L., & Shaleh, M. (2020). Refleksi Hasil PISA (The Programme for International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini). Jurnal Golden Age, 04(1), 30–41. Retrieved from https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/jga/article/view/2018
Hidayat, R. N., Ratnaningsih, N., & Madawistama, S. T. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Matematika Berbasis Web Google Sites Berbantuan GeoGebra untuk Mengeksplor Kemampuan Abstraksi Reflektif. Teorema: Teori Dan Riset Matematika, 10(01), 83–92. https://doi.org/10.25157/teorema.v10i1.18500
Hodiyanto, Budiarto, M. T., Ekawati, R., Susanti, G., Kim, J., & Bongtiwon, D. M. R. (2025). Trends of Abstraction Research in Mathematics Education: A Bibliometric Analysis. Infinity Journal: Journal of Mathematics Education, 14(1), 125–142. https://doi.org/https://doi.org/10.22460/infinity.v14i1
Ikroma, W., Purwaningsih, W. I., & Astuti, E. P. (2024). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika Kontekstual ditinjau Berdasarkan Metode Newman. Jurnal Pendidikan Sultan Agung, 4(3), 177–188. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30659/jp-sa.v4i3.39654
Ilmiyah, Z., Nursit, I., & Walida, S. El. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah dan Disposisi Matematis Siswa ditinjau dari Gaya Kognitif Field Dependent. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 06(02), 1731–1740. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1033
Ismiyati, N. (2023). Deskripsi Proses Abstraksi Matematika Siswa Berdasarkan Gaya Kognitif Konseptual Tempo. Jurnal Penelitian Matematika Dan Pendidikan Matematika, 6(1), 267–277. https://doi.org/10.30605/proximal.v5i2.2301
Mareta, D., & Zulkarnaen, R. (2024). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII pada Materi Bentuk Aljabar. Radian Journal: Research and Review in Mathematics Education, 3(1), 6–11. https://doi.org/https://doi.org/10.35706/rjrrme.v3i1.12075
Merliza, P. (2016). Peranan Kemampuan Abstraksi Peserta Didik dalam Pembelajaran Matematika melalui Soal Rich Context Persamaan Linear Dua Variabel. PRISMA: Prosiding Seminar Nasional Matematika, 104–110. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/prisma/article/view/21436
Mulyanti, Y., Darhim, & Turmudi. (2025). Penggunaan Mathematical Learning Object Berbasis Blended-Pictorial Abstract Terhadap Kemampuan Reflective Abstraction Mahasiswa. Jurnal Padegogik, 8(1), 10–19. https://doi.org/10.35974/jpd.v5i1.3908
Muniroh, A., Usodo, B., & Subanti, S. (2017). Algebraic Form Problem Solving Based on Student Abstraction Ability. Journal of Physics: Conference Series, 895(1), 1–7. Institute of Physics Publishing. https://doi.org/10.1088/1742-6596/895/1/012038
Narianti, W. I., & Masriyah. (2019). Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika dan Sains. JPPMS, 3(1), 21–41. Retrieved from http://journal.unesa.ac.id/index.php/jppms/
Nurhikmayati, I. (2017). Kesulitan Siswa Berpikir Abstrak Matematika dalam Pembelajaran Problem Posing Berkelompok. Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 159–176. https://doi.org/https://doi.org/10.22236/KALAMATIKA.vol2no2.2017pp159-176
OECD. (2023). PISA 2022 Results (Volume I): The State of Learning and Equity in Education. OECD. https://doi.org/https://doi.org/10.1787/53f23881-en
Pratama, D., & Masduki. (2024). Exploration of Students' Algebraic Thinking Skills in Solving TIMSS Problems in Terms of Reflective-Impulsive Cognitive Style. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(1), 73-88. http://dx.doi.org/10.31000/prima.v8i1.9376
Putra, J. D., Suryadi, D., & Juandi, D. (2018). Mathematical Abstraction Ability of Prospective Math Teacher Students. Journal of Physics: Conference Series, 1132(1), 1–6. Institute of Physics Publishing. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1132/1/012049
Putri, A., Huda, N., & Suratno. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Barisan dan Deret Berdasarkan Asimilasi dan Akomodasi pada Gaya Kognitif Reflektif dan Impulsif. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 06(02), 1210–1221. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i2.1024
Rohmah, W. N., Septian, A., & Inayah, S. (2020). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis pada Materi Bangun Ruang ditinjau dari Gaya Kognitif Siswa SMP. PRISMA, 9(2), 179–191. https://doi.org/https://doi.org/10.35194/jp.v9i2.1043
Rosmiati, U., Ratnaningsih, N., & Ni’mah, K. (2021). Analysis of Mathematical Abstraction Ability in Terms of Learning Style Kolb Assisted by Google Slides Media. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah Di Bidang Pendidikan Matematika, 7(1), 26–36. https://doi.org/https://doi.org/10.29407/jmen.v7i1.15675
Rusyid, H. K., Suryadi, D., Dahlan, J. A., & Herman, T. (2024). Algebraic Thinking Ability of Junior High School Students in Solving Linear Equations Problems. Jurnal Didaktik Matematika, 11(1), 104–119. https://doi.org/https://doi.org/10.24815/jdm.v11i1.36622
Safirah, A., Sari, I. K., & Lestari, S. T. (2024). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII pada Materi Aljabar di SPM Wustha Fathan Mubiina Bogor. Cendikia : Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 1(5), 321–328. https://doi.org/https://doi.org/10.572349/cendikia.v2i5.1487
Tarida, L., Suryani, D., & Mundhofar. (2024). Tingkatan Berpikir Kreatif Taruna Nautika dalam Proses Abstraksi Geometri melalui Geogebra. RIEMANN Research of Mathematics and Mathematics Education, 6(1), 39–52. https://doi.org/https://doi.org/10.38114/7yj73314
Windari, V. S., & Maryono. (2023). Analisis Tingkat Kecemasan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Perbandingan ditinjau dari Gaya Kognitif. AKSIOMA : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 14(1), 30–40. Retrieved from https://journal.upgris.ac.id/index.php/aksioma/article/view/12426/6763
Yuliany, N., A, P. M. A., Nuhdia, Inzani, R. N., & Haeruddin, M. I. (2024). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Literasi Matematika Aljabar Berdasarkan Langkah Polya. Jurnal Derivat, 11(2), 280–288. https://doi.org/https://doi.org/10.31316/jderivat.v10i2.6623
Yusepa, B. (2016). Kemampuan Abstraksi Matematis Siswa Sekolah Menengah Pertama (SMP) Kelas VIII. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 1(1), 54–60. https://doi.org/https://doi.org/10.23969/symmetry.v1i1.233
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v11i1.35297
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Published by:
FLAG COUNTER