Pembelajaran Berbasis Masalah dengan Pendekatan CRT (Culturally Responsive Teaching) Berbantuan Media Google Sites untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA
Abstract
Penelitian ini bertujuan guna mengembangkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan menerapkan pendekatan CRT berbantuan Google Sites. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan subjek kelas X-9 SMA Negeri 9 Palembang tahun ajaran 2024/2025. Metode pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan tes melalui lembar observasi dan soal tes formatif. Desain pada penelitian ini memuat empat tahap utama, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Analisis data dilakukan melalui penyajian data, reduksi data, serta penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada tahap pra siklus untuk indikator memahami masalah sebesar 55,74% (cukup), merencanakan masalah sebesar 53,15% (cukup), melaksanakan rencana sebesar 64,17% (baik), dan memeriksa kembali sebesar 60,56% (baik). Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada siklus I mengalami perkembangan untuk semua indikator dimana indikator memahami masalah dikategorikan sangat baik dengan persentase sebesar 81,11%, merencanakan penyelesaian sebesar 76,85%, mengimplementasikan strategi sebesar 74,14%, serta memeriksa kembali jawaban sebesar 71,11% (ketiga indikator tersebut berada pada kategori baik). Tetapi, terdapat satu indikator yang masih dibawah ketuntasan yaitu indikator memeriksa kembali jawaban. Oleh sebab itu, penelitian dilanjutkan ke siklus. Pada siklus II, terjadi perkembangan kearah yang lebih baik untuk seluruh indikator. Persentase indikator memahami masalah sebesar 85,19%, merencanakan penyelesaian diperoleh sebesar 89,44%, melaksanakan rencana sebesar 82,84%, serta memeriksa kembali jawaban sebesar 81,02%. Semua indikator dikategorikan sangat baik dan keempat indikator kemampuan penyelesaian masalah matematis sudah menyentuh ketuntasan sehingga penelitian berhenti di siklus II. Hal ini memberikan dampak bahwa penerapan pendekatan CRT berbantuan Google Sites dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Azizah, S., Abidin, Z., & Fuady, A. (2024). Penerapan Model Problem based Learning (PBL) berbantuan Google Sites untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Materi Rasio Peserta Didik Kelas VII MTs Al-Maarif 02 Singosari Malang Tahun Ajaran 2023/2024. Jurnal Penelitian, Pendidikan, dan Pembelajaran, 19(20), 1–12.
Devya, L. M., Siswono, T. Y. E., & Wiryanto, W. (2022). Penggunaan Google Sites Materi Pecahan untuk Meningkatkan Aktivitas dan Kemampuan Numerasi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 7518–7525. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3550
Enjelina, inza F., Damayanti, R., & Dwiyanto, M. (2024). Penggunaan Pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V SD. Edutama: Jurnal Ilmiah Penelitian Tindakan Kelas, 1(1), 39–51. https://doi.org/10.69533/t35nhb59
Fitrianingsih, N., Sutrisno, & Purwaningsih, C. (2023). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa melalui PBL-CRT Berbantuan Google Sites. Seminar nasional pendidikan Profesi Guru, 1389–1400. Semarang: Universitas PGRI Semarang. Diambil dari https://conference.upgris.ac.id/index.php/psnppg/article/download/5272/4078
Fitriyah, C. Z., & Wardani, R. P. (2022). Paradigma Kurikulum Merdeka Bagi Guru Sekolah Dasar. Scholaria: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 12(3), 236–243. https://doi.org/10.24246/j.js.2022.v12.i3.p236-243
Hadi, S., Retnawati, H., Munadi, S., Apino, E., & Wulandari, N. F. (2018). The Difficulties of High School Students in Solving Higher-order Thinking Skills Problems. Problems of Education in the 21st Century, 76(4), 520–532. https://doi.org/10.33225/PEC/18.76.520
Hanipa, A., & Sari, V. T. A. (2019). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Sistem Persamaan Linear Dua Variabel pada Siswa Kelas VIII MTS di Kabupaten Bandung Barat. Journal on Education, 1(2), 15–22. https://doi.org/10.31004/joe.v1i2.18
Hernita, L. V., Istihapsari, V., & Widayati, S. (2024). Peningkatan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas XI-2 SMAN 2 Bantul dengan Pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) Berbantuan Google Sites. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 7(2), 517–523. https://doi.org/10.30605/proximal.v7i2.3590
Hikmah, B. N., Nasaruddin, & Atjo, S. E. P. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VI SD Negeri 154 Akkajeng Kecamatan Sojoanging Kabupaten Wajo. NSJ: Nubin Smart Journal, 3(2), 1–10.
Kholidah, L. N., Hidayat, S., Jamaludin, U., & Leksono, S. M. (2023). Kajian Etnosains dalam Pembelajaran IPA untuk Menumbuhkan Nilai Kearifan Lokal dan Karakter Siswa SD melalui Sate Bandeng (Chanos Chanos). Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 4165–4177. https://doi.org/10.23969/jp.v8i2.8449
Lasminawati, E., Kusnita, Y., & Merta, I. W. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar dengan Pendekatan Pembelajaran Culturally Responsive Teaching Model Probem Based Learning. Journal of Science and Education Research, 2(2), 44–48. https://doi.org/10.62759/jser.v2i2.49
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. (2016). Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta.
Muhidin, D., & Kudus, H. H. A. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Division. Jurnal At-Tadbir : Media Hukum dan Pendidikan, 32(2), 106–114. https://doi.org/10.52030/attadbir.v32i2.146
Novfirman, & Aulia, R. (2023). Penerapan Media Belajar Berbasis Digital Google Site Dalam Pembelajaran Lingkungan. Journal Of Computer Science And Technology (JOCSTEC), 1(2), 89–98. https://doi.org/10.59435/jocstec.v1i2.79
Nufus, H., Suhandri, S., & Oktaviani, D. (2021). Pengaruh Pembelajaran AIR terhadap Keterampilan Pemecahan Permasalahan Matematis Berdasarkan Pengetahuan Awal. JMPM: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 6(2), 151–165. https://doi.org/10.26594/jmpm.v6i2.1742
Nufus, H., Wira, C., & Kurniati, A. (2019). Pengaruh Penerapan Model Learning Cycle 7E terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis ditinjau berdasarkan Kemandirian Belajar Siswa SMPN 31 Pekanbaru. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(3), 199–210. https://doi.org/10.24014/juring.v2i3.7730
Pradini, W., Muhsetyo, G., & Rahardjo, S. (2020). Kesulitan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linear Dua Variabel. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 5(1), 31–38. https://doi.org/10.17977/jptpp.v5i1.13126
Pratiwi, N. F., Istihapsari, V., & Widayati, S. (2024). Penerapan Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Google Sites sebagai Upaya Meningkatkan Kemampuan Memecahkan Masalah Peserta Didik Kelas XI. Proximal: Jurnal Penelitian Matematika dan Pendidikan Matematika, 7(2), 735–742. https://doi.org/10.30605/proximal.v7i2.3884
Purnamasari, I., & Setiawan, W. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi SPLDV Ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 3(2), 207–215. https://doi.org/10.31331/medivesveteran.v3i2.771
Rikin, M. (2019). Upaya Meningkatkan Hasil belajar dan Aktivitas Siswa Kelas X pada Materi Barisan dan Deret Menggunakan Metode Kooperatif Tipe Make-a Match di SMKN 5 Kota Jambi Provinsi Jambi. Journal Education of Batanghari, 1(2), 21–34.
Salenussa, M., Setyawan, F., & Sugiyem. (2022). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik melalui Model Pembelajaran Problem based Learning pada SMA Negeri 14 Ambon. Sora Journal of Mathematics Education, 3(1), 34–42. https://doi.org/10.30598/sora.3.1.34-42
Saputra, M. E. Y., & Effendi, H. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Google Site pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik untuk Kelas XI Titl di SMKN 2 Payakumbuh. Journal of Multidiciplinary Research and Development, 3(4), 252–257. https://doi.org/10.38035/rrj.v3i4.410
Sarah, Y. D., Ariawan, R., & Nufus, H. (2023). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Higher order Thinking Skills ditinjau dari Self Efficacy. Suska Journal of Mathematics Education, 9(1), 71–82. https://doi.org/10.24014/sjme.v9i1.18838
Setiyani, & Winanto, A. (2024). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Melalui Model Problem Based Learning dengan Pendekatan Culturally Responsive Teaching. Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran dan Inovasi Pendidikan), 6(2), 205–215. https://doi.org/10.52005/belaindika.v6i2.171
Simatupang, P. N. (2024). Meningkatkan Kesadaran Budaya dalam Pendekatan CRT (Culturally Responsive Teaching) pada Pembelajaran Sejarah di Kelas X 1 SMA Negeri 1 Medan Tahun Pelajaran 2023/2024. ALACRITY : Journal of Education, 4(1), 128–140. https://doi.org/10.52121/alacrity.v4i1.250
Sriwahyuni, K., & Maryati, I. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Materi Statistika. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 335–344. https://doi.org/10.31980/plusminus.v2i2.1109
Sumartini, T. S. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 148–158. https://doi.org/https://doi.org/10.31980/mosharafa.v5i2.270
Ulfa, Y. L., Roza, Y., & Maimunah. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA pada Materi Jarak pada Bangun Ruang. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 11(3), 415–424. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v11i3.732
Wicaksono, B., Nufus, H., & Hasanuddin. (2021). Analysis of Newman’s Error in Solving Problems on Two Variable Linear Equations Material based Mathematical Critical Thinking Ability of Cognitive Style and Students’ Habits of Mind. Jurnal Prinsip Pendidikan Matematika, 3(2), 26–32. https://doi.org/10.33578/prinsip.v3i2.87
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v10i2.32540
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Published by:
FLAG COUNTER