Pengaruh Strategi Pembelajaran Everyone Is a Teacher Here terhadap Komunikasi Matematis Berdasarkan Self Confidence Siswa

Ramon Muhandaz, Nurgiani Nurgiani

Abstract


Rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa menjadi perhatian penting dalam pembelajaran matematika di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran Everyone is a Teacher Here (ETH) terhadap kemampuan komunikasi matematis siswa ditinjau dari tingkat self confidence. Penelitian ini merupakan eksperimen dengan desain faktorial. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMA Negeri 2 Tambang, dengan pengambilan sampel menggunakan teknik cluster random sampling. Teknik pengumpulan data meliputi tes, angket dan observasi. Instrumen penelitan berupa soal kemampuan komunikasi matematis dan angket self confidence yang telah divalidasi serta lembar observasi. Analisis data menggunakan uji ANOVA dua arah. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat perbedaan signifikan kemampuan komunikasi matematis antara siswa yang mengikuti pembelajaran ETH dan pembelajaran konvensional; (2) terdapat perbedaan kemampuan komunikasi matematis berdasarkan tingkat self confidence (tinggi, sedang, rendah); (3) tidak terdapat efek interaksi signifikan antara strategi pembelajaran dan self confidence terhadap kemampuan komunikasi matematis. Implikasi dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi ETH efektif digunakan dalam meningkatkan komunikasi matematis siswa, khususnya ketika mempertimbangkan perbedaan tingkat self confidence siswa.


Keywords


eksperimen; komunikasi matematis; self confidence; strategi ETH

Full Text:

PDF

References


Akbari, O., & Sahibzada, J. (2020). Students’ Self-Confidence and Its Impacts on Their Learning Process. American International Journal of Social Science Research, 5(1), 1–15. https://doi.org/10.46281/aijssr.v5i1.462

Arikunto, S. (2018). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan (3 ed.). Jakarta: Bumi Aksara.

Awaludin, A., Ruhiat, Y., Anriani, N., & Suryadi, S. (2024). The Effect of Learning Method and Self-Confidence on Student Learning Outcomes. IJORER : International Journal of Recent Educational Research, 5(3), 733–747. https://doi.org/10.46245/ijorer.v5i3.604

Burton, N. (2024, Juni). Self-Confidence Versus Self-Esteem: Self-confidence and self-esteem do not always go hand in hand.

Creswell, J. W. (2012). Educational research: Planning, conducting, and evaluating quantitative and qualitative research (4th ed). Boston: Pearson.

Fatkhiyyah, I., Winarso, W., & Manfaat, B. (2019). Kemampuan Komunikasi Matematika Siswa Ditinjau dari Perbedaan Gaya Belajar Menurut David Kolb. Jurnal Elemen, 5(2), 93–107. https://doi.org/10.29408/jel.v5i2.928

Ghufron, M. N., & Risnawaita S, R. (2010). Teori-Teori Psikologi. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Kemendikbudristek. (2023). Panduan Implementasi Kurikulum Merdeka. Jakarta: Direktorat Jenderal GTK.

Kemendikbudristek. (2024). Permendikbudristek No. 12 Tahun 2024 tentang Standar Kompetensi Lulusan pada Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Kemendikbudristek.

Lestari, K. E., & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: Refika Aditama.

Ma’rifah, C., Sa’dijah, C., Subanji, S., & Nusantara, T. (2020). Profil Kemampuan Komunikasi Matematis Peserta Didik Dalam Pemecahan Masalah Soal Cerita. Edu Sains Jurnal Pendidikan Sains & Matematika, 8(2), 43–56. https://doi.org/10.23971/eds.v8i2.1991

Mullis, I. V. S., Martin, M. O., Foy, P., Kelly, D. L., & Fishbein, B. (2020). TIMSS 2019 International Results in Mathematics and Scienc. Boston College and International Association for the Evaluation of Educational Achievement (IEA): : TIMSS & PIRLS International Study Center.

Murniyati, M., Busnawir, B., & Misu, L. (2021). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMA Negeri 1 Wawonii Ditinjau dari Disposisi Matematis Siswa. Jurnal Pembelajaran Berpikir Matematika (Journal of Mathematics Thinking Learning), 6(1). https://doi.org/10.33772/jpbm.v6i1.18620

National Council of Teachers of Mathematics. (2000). Principles and standards for school mathematics. Reston. Reston, VA: NCTM.

Noviana, F., Mulqiyono, S., & Afrilianto, M. (2018). Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa Smp Kelas Ix Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar di Kabupaten Bandung. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(4), 583. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i4.p583-590

OECD. (2019). PISA 2018 Results (Volume I): What Students Know and Can Do. OECD. https://doi.org/10.1787/5f07c754-en

Piadi, R. (2020). Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Melalui Strategi Every One Is A Teacher Here Dengan Pendekatan Metakognitif Siswa SMA. Pasundan Journal of Mathematics Education : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2). https://doi.org/10.23969/pjme.v5i2.2529

Putra, V. A., Taufik, M., & Susanti, R. D. (2023). Implementation of the Everyone Is a Teacher Here (ETH) Learning Model Based on the Mathematical Communication Ability. Mathematics Education Journal, 7(1), 114–122. https://doi.org/10.22219/mej.v7i1.23329

Rumita, W. M., Kusumaningsih, W., & Zuhri, M. S. (2021). Profil Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Ditinjau dari Tipe Kepribadian Extrovert dan Introvert. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 3(3), 215–222. https://doi.org/10.26877/imajiner.v3i3.7569

Suprijono, A. (2009). Cooperative learning: Teori & aplikasi PAIKEM (Cet. 1). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Suri, I. R. A., Pahrudin, A., Apriyana, E., & Suherman, S. (2023). Missouri Mathematics Project learning model with strategy Everyone is a Teacher Here to towards mathematical problem-solving and self-efficacy ability. Alifmatika: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Matematika, 5(1), 141–155. https://doi.org/10.35316/alifmatika.2023.v5i1.141-155

Syaiful, S., Aprillya, S., & Anggraeni, E. (2020). Pengaruh Strategi Pembelajaran Everyone is a Teacher Here (ETH) Ditinjau dari Gaya Kognitif Terhadap Pemahaman Konsep Matematika. Jurnal Gantang, 5(1), 51–59. https://doi.org/10.31629/jg.v5i1.1562

Wijayanti, S. N., & Rochmad, R. (2023). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa MTs Berdasarkan Self-Confidence Pada PBL Berbantuan Modul STEM. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 7(1), 156. https://doi.org/10.33603/jnpm.v7i1.7807




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v11i1.31472

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

          

Published by:


Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: sjme.pmt@uin-suska.ac.id
Creative Commons License
Suska Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
 
STATCOUNTER

 

FLAG COUNTER

Flag Counter