Pengembangan Instrumen Diagnostik Berformat Four-Tier Multiple Choice pada Materi Operasi Aljabar

Afina Fidaroin Naja, Mutiara Arlisyah Putri Utami

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen tes diagnostik berformat four tier multiple choice pada materi operasi aljabar kelas VII SMP/MTs yang layak, praktis dan juga dapat mengetahui konsepsi peserta didik. Penelitian ini dilaksanakan di MTs Almaarif 01 Singosari  dengan metode Research and Development (R&D) model Borg and Gall. Tahapan pelaksanaan penelitian melalui delapan tahapan, yaitu: potensi dan masalah, pengumpulan data, desain produk, validasi desain, revisi desain, uji coba skala kecil dengan melibatkan 6 peserta didik kelas VII A, revisi produk dan uji pemakaian dengan melibatkan 35 peserta didik kelas VII B. Hasil dari penelitian adalah diperolehnya 13 butir soal yang layak dan praktis. Hasil uji kelayakan dari validasi ahli instrumen, materi dan validator praktisi masing-masing sebesar 85%, 81 % dan 95% dengan kategori sangat layak. Sedangkan untuk hasil uji kepraktisan, hasil rata-rata angket respons peserta didik sebesar 80,75% dengan kategori praktis. Hasil tes diagnostik pada uji coba pemakaian diperoleh persentase peserta didik yang paham konsep sebesar 42%, tidak paham konsep sebesar 33%, miskonsepsi sebesar 20% dan error sebesar 5%. Secara umum, hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen tes diagnostik berformat four tier multiple choice pada materi operasi aljabar kelas VII SMP/MTs layak dan praktis untuk digunakan dalam pembelajaran dan dapat mengetahui konsepsi peserta didik.

Keywords


four tier multiple choice; instrumen diagnostik; operasi aljabar

Full Text:

PDF

References


Abidin, Z., Mania, S., & Kusumayanti, A. (2019). Analisis Miskonsepsi Siswa Kelas VII SMP dengan Menggunakan Three Tier Test Pada Materi Aljabar. Alauddin Journal of Mathematics Education, 1(1), 19–25. https://doi.org/10.24252/ajme.v1i1.10930

Agustin, U., Susilaningsih, E., Nurhayati, S., & Wijayanti, N. (2022). Pengembangan Instrumen Tes Diagnostik Four-Tier Multiple Choice untuk Identifikasi Miskonsepsi Siswa pada Materi Kesetimbangan Kimia. Chemistry in Education, 11(1), 1–7. https://doi.org/10.15294/chemined.v11i1.40935

Amin, N., Wiendartun, & Samsudin, A. (2016). Analisis Intrumen Tes Diagnostik Dynamic-Fluid Conceptual Change Inventory (DFCCI) Bentuk Four-Tier Test pada Beberapa SMA di Bandung Raya. Prosiding SNIPS (Simposium Nasional Inovasi dan Pembelajaran Sains), 570–574. Bandung: FMIPA Institut Teknologi Bandung.

Departemen Pendidikan Nasional. (2007). Tes Diagnostik. Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional.

Elvia, R., Rohiat, S., & Ginting, S. M. (2021). Identifikasi Miskonsepsi Mahasiswa pada Pembelajaran Daring Matematika Kimia melalui Tes Diagnostik Three Tier Multiple choice. Hidrogen: Jurnal Pendidikan Kimia, 8(2), 84–96. https://doi.org/10.33394/hjkk.v9i2.4422

Evendi, E. (2020). Evaluasi Pembelajaran Matematika. Mataram: Sanabil.

Fatchiyah, F., & Utami, M. A. P. (2022). Pengembangan Platform Digital Berbasis Linktree dengan Geogebra “Barsama” pada Materi Bangun Ruang Sis Datar Kelas VIII MTs. Galois: Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 1(2), 33–45. https://doi.org/10.18860/gjppm.v1i2.2245

Guyer, R. L., & Thompson, N. A. (2013). User’s Manual for Iteman: Classical Item and Test Analysis. Minnesota: Assessment Systems Corporation.

Harahap, I. P. P., & Novita, D. (2020). Validitas dan Reliabilitas Instrumen Tes Diagnostik Four-Tier Multiple Choice 94TMC) pad Konsep Laju Reaksi. Unesa Journal of Chemical Education, 9(2), 222–227.

Huda, N., & Wahyuni, T. S. (2020). Penggunaan Aplikasi Item and Test Analysis (Iteman) pada Soal Try Out UN IPA SMA Tahun 2019. Jurnal Pembelajaran Sains, 4(1), 1–8. https://doi.org/10.17977/um033v4i1p1-8

Ismail, I. I., Samsudin, A., Suhendi, E., & Kaniawati, I. (2015). Diagnostik Miskonsepsi melalui Listrik Dinamis Four Tier Test. Prosiding SimposiumNasional Inovasi dan Pembelajaran Sains 2015, 381–384. Bandung: FMIPA Institut Teknologi Bandung. Diambil dari https://www.researchgate.net/profile/Endi-Suhendi/publication/301523361_Diagnostik_Miskonsepsi_Melalui_Listrik_Dinamis_Four_Tier_Test/links/5717652a08aeb56278c45cf7/Diagnostik-Miskonsepsi-Melalui-Listrik-Dinamis-Four-Tier-Test.pdf

Kaltakci-Gurel, D., Eryilmaz, A., & McDermott, L. C. (2017). Development and Application of a Four-Tier Test to Assess Pre-Service Physics Teachers’ Misconceptions about Geometrical Optics. Research in Science and Technological Education, 35(2), 238–260. https://doi.org/10.1080/02635143.2017.1310094

Mardapi, D. (2012). Pengukuran Penilaian dan Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Nuha Medika.

Nabilah, L. Y., Ruslan, & Rusli. (2019). Pengembangan Instrumen Diagnostik Three Tier Test pada Materi Pecahan Kelas VII. Issues in Mathematics Education, 3(2), 184–193. https://doi.org/10.35580/imed12421

Nai, N. (2019). Pengembangan Instrumen Tes Diagnostik Pilihan Ganda Beralasan pada Materi Biologi Kelas VII MTs Madani Alauddin Kabupaten Gowa. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Makassar.

Permatasari, B. A. D., Setiawan, T. B., & Kristiana, A. I. (2015). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Materi Aljabar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Bangil. Kadikma, 6(2). https://doi.org/10.19184/kdma.v6i2.1990

Putranto, A., Langitasari, I., & Nursa’adah, E. (2020). Pengembangan Instrumen Three Tier Test pada Konsep Atom, Ion, dan Molekul. Jurnal Zarah, 8(1), 1–6. https://doi.org/10.31629/zarah.v8i1.1349

Putri, R. E., & Subekti, H. (2021). Analisis Miskonsepsi Menggunakan Metode Four-Tier Certainty of Response Index: Studi Eksplorasi di SMP Negeri 60 Surabaya. Pensa E-Jurnal: Pendidikan Sains, 9(2), 220–226. Diambil dari https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/38279

Rusilowati, A. (2015). Pengembangan Tes Diagnostik sebagai Alat Evaluasi Kesulitan Belajar Fisika. Prosiding Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika, 1–10. Solo: Universitas Sebelas Maret.

Saputri, R., Kusumah, R. G. T., & Kasmantoni. (2022). Pengembangan Assessment Test untuk Mengukur Berpikir Tingkat Tinggi Siswa pada Materi Gelombang dan Bunyi. ISEJ: Indonesian Science Education Journal, 3(1), 1–8. https://doi.org/10.62159/isej.v3i1.364

Sari, H. M., & Afriansyah, E. A. (2020). Analisis Miskonsepsi Siswa SMP pada Materi Operasi Hitung Bentuk Aljabar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 439–450. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i3.626

Sarip, M., Amintarti, S., & Utami, N. H. (2022). Validitas dan Keterbacaan Media Ajar E-Booklet untuk Siswa SMA/MA Materi Keanekaragaman hayati. JUPEIS: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1(1), 43–59. https://doi.org/10.57218/jupeis.Vol1.Iss1.30

Sriyanti, A., Mania, S., & A., N. H. (2019). Pengembangan Instrumen Tes Diagnostik Berbentuk Uraian untuk Mengidentifikasi Pemahaman Konsep Matematika Wajib Siswa MAN 1 Makassar. de Fermat: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 57–69. https://doi.org/10.36277/defermat.v2i1.40

Syahfitri, J., Firman, H., Redjeki, S., & Sriyati, S. (2019). Pengujian Validitas dan Praktikalitas Tes Disposisi Berpikir Kritis dalam Biologi (TDBKB). Jurnal Pendidikan Sains (JPS), 7(1), 30–35. https://doi.org/10.26714/jps.7.1.2019.30-35

Syahlani, A., & Setyorini, D. (2021). Pengembangan Instrumen Hasil Belajar Matematika Siswa (Tes Pilihan Ganda). Akrab Juara : Jurnal Ilmu-ilmu Sosial, 6(3), 34–46. https://doi.org/10.58487/akrabjuara.v6i3.1523

Wahid, Hartoyo, A., & Mirza, A. (2015). Miskonsepsi Siswa pada Materi Operasi pada Bentuk Aljabar Kelas VII SMP Haebat Islam. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 4(1), 1–12. https://doi.org/10.26418/jppk.v4i1.8519

Yakubi, M., Zulfadli, & Latifa, H. (2017). Menganalisis Tingkat Pemahaman Siswa pada Materi Ikatan Kimia Menggunakan Instrumen Penilaian Four-Tier Multiple Choice (Studi Kasus pada Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Banda Aceh). JIMPK (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia), 2(1), 19–26. https://doi.org/10.82415/jimpk.v2i1.3400

Yuliyani, R. (2016). Pembelajaran Matematika Realistik pada Materi Operasi Aljabar di Kelas VII MTs Daarussa’adah Ciganjur Jakarta Selatan. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(3), 1. https://doi.org/10.30998/formatif.v6i3.997

Zein, M., & Darto. (2017). Evaluasi Pembelajaran Matematika. Pekanbaru: Daulat Riau.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v11i1.31306

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

          

Published by:


Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: sjme.pmt@uin-suska.ac.id
Creative Commons License
Suska Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
 
STATCOUNTER

 

FLAG COUNTER

Flag Counter