Pengembangan Instrumen Diagnostik Berformat Four-Tier Multiple Choice pada Materi Operasi Aljabar
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abidin, Z., Mania, S., & Kusumayanti, A. (2019). Analisis Miskonsepsi Siswa Kelas VII SMP dengan Menggunakan Three Tier Test Pada Materi Aljabar. Alauddin Journal of Mathematics Education, 1(1), 19–25. https://doi.org/10.24252/ajme.v1i1.10930
Agustin, U., Susilaningsih, E., Nurhayati, S., & Wijayanti, N. (2022). Pengembangan Instrumen Tes Diagnostik Four-Tier Multiple Choice untuk Identifikasi Miskonsepsi Siswa pada Materi Kesetimbangan Kimia. Chemistry in Education, 11(1), 1–7. https://doi.org/10.15294/chemined.v11i1.40935
Amin, N., Wiendartun, & Samsudin, A. (2016). Analisis Intrumen Tes Diagnostik Dynamic-Fluid Conceptual Change Inventory (DFCCI) Bentuk Four-Tier Test pada Beberapa SMA di Bandung Raya. Prosiding SNIPS (Simposium Nasional Inovasi dan Pembelajaran Sains), 570–574. Bandung: FMIPA Institut Teknologi Bandung.
Departemen Pendidikan Nasional. (2007). Tes Diagnostik. Jakarta: Kementrian Pendidikan Nasional.
Elvia, R., Rohiat, S., & Ginting, S. M. (2021). Identifikasi Miskonsepsi Mahasiswa pada Pembelajaran Daring Matematika Kimia melalui Tes Diagnostik Three Tier Multiple choice. Hidrogen: Jurnal Pendidikan Kimia, 8(2), 84–96. https://doi.org/10.33394/hjkk.v9i2.4422
Evendi, E. (2020). Evaluasi Pembelajaran Matematika. Mataram: Sanabil.
Fatchiyah, F., & Utami, M. A. P. (2022). Pengembangan Platform Digital Berbasis Linktree dengan Geogebra “Barsama” pada Materi Bangun Ruang Sis Datar Kelas VIII MTs. Galois: Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 1(2), 33–45. https://doi.org/10.18860/gjppm.v1i2.2245
Guyer, R. L., & Thompson, N. A. (2013). User’s Manual for Iteman: Classical Item and Test Analysis. Minnesota: Assessment Systems Corporation.
Harahap, I. P. P., & Novita, D. (2020). Validitas dan Reliabilitas Instrumen Tes Diagnostik Four-Tier Multiple Choice 94TMC) pad Konsep Laju Reaksi. Unesa Journal of Chemical Education, 9(2), 222–227.
Huda, N., & Wahyuni, T. S. (2020). Penggunaan Aplikasi Item and Test Analysis (Iteman) pada Soal Try Out UN IPA SMA Tahun 2019. Jurnal Pembelajaran Sains, 4(1), 1–8. https://doi.org/10.17977/um033v4i1p1-8
Ismail, I. I., Samsudin, A., Suhendi, E., & Kaniawati, I. (2015). Diagnostik Miskonsepsi melalui Listrik Dinamis Four Tier Test. Prosiding SimposiumNasional Inovasi dan Pembelajaran Sains 2015, 381–384. Bandung: FMIPA Institut Teknologi Bandung. Diambil dari https://www.researchgate.net/profile/Endi-Suhendi/publication/301523361_Diagnostik_Miskonsepsi_Melalui_Listrik_Dinamis_Four_Tier_Test/links/5717652a08aeb56278c45cf7/Diagnostik-Miskonsepsi-Melalui-Listrik-Dinamis-Four-Tier-Test.pdf
Kaltakci-Gurel, D., Eryilmaz, A., & McDermott, L. C. (2017). Development and Application of a Four-Tier Test to Assess Pre-Service Physics Teachers’ Misconceptions about Geometrical Optics. Research in Science and Technological Education, 35(2), 238–260. https://doi.org/10.1080/02635143.2017.1310094
Mardapi, D. (2012). Pengukuran Penilaian dan Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Nuha Medika.
Nabilah, L. Y., Ruslan, & Rusli. (2019). Pengembangan Instrumen Diagnostik Three Tier Test pada Materi Pecahan Kelas VII. Issues in Mathematics Education, 3(2), 184–193. https://doi.org/10.35580/imed12421
Nai, N. (2019). Pengembangan Instrumen Tes Diagnostik Pilihan Ganda Beralasan pada Materi Biologi Kelas VII MTs Madani Alauddin Kabupaten Gowa. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Makassar.
Permatasari, B. A. D., Setiawan, T. B., & Kristiana, A. I. (2015). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Materi Aljabar Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Bangil. Kadikma, 6(2). https://doi.org/10.19184/kdma.v6i2.1990
Putranto, A., Langitasari, I., & Nursa’adah, E. (2020). Pengembangan Instrumen Three Tier Test pada Konsep Atom, Ion, dan Molekul. Jurnal Zarah, 8(1), 1–6. https://doi.org/10.31629/zarah.v8i1.1349
Putri, R. E., & Subekti, H. (2021). Analisis Miskonsepsi Menggunakan Metode Four-Tier Certainty of Response Index: Studi Eksplorasi di SMP Negeri 60 Surabaya. Pensa E-Jurnal: Pendidikan Sains, 9(2), 220–226. Diambil dari https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/pensa/article/view/38279
Rusilowati, A. (2015). Pengembangan Tes Diagnostik sebagai Alat Evaluasi Kesulitan Belajar Fisika. Prosiding Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika, 1–10. Solo: Universitas Sebelas Maret.
Saputri, R., Kusumah, R. G. T., & Kasmantoni. (2022). Pengembangan Assessment Test untuk Mengukur Berpikir Tingkat Tinggi Siswa pada Materi Gelombang dan Bunyi. ISEJ: Indonesian Science Education Journal, 3(1), 1–8. https://doi.org/10.62159/isej.v3i1.364
Sari, H. M., & Afriansyah, E. A. (2020). Analisis Miskonsepsi Siswa SMP pada Materi Operasi Hitung Bentuk Aljabar. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 439–450. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i3.626
Sarip, M., Amintarti, S., & Utami, N. H. (2022). Validitas dan Keterbacaan Media Ajar E-Booklet untuk Siswa SMA/MA Materi Keanekaragaman hayati. JUPEIS: Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 1(1), 43–59. https://doi.org/10.57218/jupeis.Vol1.Iss1.30
Sriyanti, A., Mania, S., & A., N. H. (2019). Pengembangan Instrumen Tes Diagnostik Berbentuk Uraian untuk Mengidentifikasi Pemahaman Konsep Matematika Wajib Siswa MAN 1 Makassar. de Fermat: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 57–69. https://doi.org/10.36277/defermat.v2i1.40
Syahfitri, J., Firman, H., Redjeki, S., & Sriyati, S. (2019). Pengujian Validitas dan Praktikalitas Tes Disposisi Berpikir Kritis dalam Biologi (TDBKB). Jurnal Pendidikan Sains (JPS), 7(1), 30–35. https://doi.org/10.26714/jps.7.1.2019.30-35
Syahlani, A., & Setyorini, D. (2021). Pengembangan Instrumen Hasil Belajar Matematika Siswa (Tes Pilihan Ganda). Akrab Juara : Jurnal Ilmu-ilmu Sosial, 6(3), 34–46. https://doi.org/10.58487/akrabjuara.v6i3.1523
Wahid, Hartoyo, A., & Mirza, A. (2015). Miskonsepsi Siswa pada Materi Operasi pada Bentuk Aljabar Kelas VII SMP Haebat Islam. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 4(1), 1–12. https://doi.org/10.26418/jppk.v4i1.8519
Yakubi, M., Zulfadli, & Latifa, H. (2017). Menganalisis Tingkat Pemahaman Siswa pada Materi Ikatan Kimia Menggunakan Instrumen Penilaian Four-Tier Multiple Choice (Studi Kasus pada Siswa Kelas X SMA Negeri 4 Banda Aceh). JIMPK (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kimia), 2(1), 19–26. https://doi.org/10.82415/jimpk.v2i1.3400
Yuliyani, R. (2016). Pembelajaran Matematika Realistik pada Materi Operasi Aljabar di Kelas VII MTs Daarussa’adah Ciganjur Jakarta Selatan. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(3), 1. https://doi.org/10.30998/formatif.v6i3.997
Zein, M., & Darto. (2017). Evaluasi Pembelajaran Matematika. Pekanbaru: Daulat Riau.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v11i1.31306
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Published by:
FLAG COUNTER