Profil Pengelolaan Kelas Guru Matematika SMP dengan Sistem Blok pada Materi Teorema Pythagoras

Alfina Nur Azizah, Nasywa Arrindha, Charen Aldalia Suwana, Imam Rofiki

Abstract


Kurangnya minat siswa dalam belajar matematika merupakan salah satu permasalahan pendidikan yang disebabkan oleh lingkungan belajar siswa yang kurang motivasi. Hal ini menjadi hal mendasar dalam pembelajaran matematika jika tidak segera diatasi. Oleh karena itu, perlu optimalisasi pengelolaan kelas yang efektif dengan sistem pembelajaran yang tepat. Sehingga, penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan profil pengelolaan kelas guru matematika SMP dengan sistem blok pada materi Teorema Pythagoras. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif melalui pengumpulan data menggunakan teknik observasi, angket kepada siswa, dan wawancara kepada guru matematika. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengelolaan kelas guru matematika menggunakan sistem blok melalui metode diskusi dan eksplorasi mendukung pengelolaan kelas yang efektif. Penelitian ini dapat memberikan kontribusi dalam pengelolaan kelas yang efektif dan dapat digunakan sebagai panduan pengajaran materi Teorema Pythagoras secara interaktif.


Keywords


Pengelolaan kelas; Teorema Pythagoras; Sistem blok

Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, S., & Kibtiyah, A. (2021). Strategi Mengatasi Masalah Kesulitan Belajar Siswa Dengan Memahami Gaya Belajar Siswa (Studi Kasus Di Ma Al-Ahsan Bareng). Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 6444–6454. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.1964

Ahmad, M., & Tambak, S. (2018). Penerapan Metode Diskusi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Murid pada Pelajaran Fiqh. Al-Hikmah: Jurnal Agama dan Ilmu Pengetahuan, 15(1), 64–84. https://doi.org/10.25299/jaip.2018.vol15(1).1585

Arianti, A. (2019). Peranan Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Didaktika:Jurnal Kependidikan, 12(2), 117–134. https://doi.org/10.30863/didaktika.v12i2.181

Asriadi, M., & Masni, M. (2021). Penggunaan Metode Tanya Jawab dalam Pembelajran Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMA Dharmawirawan Pepabri Makassar. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 7(4), 2656–5862. https://doi.org/10.58258/jime.v7i4.2403

Burden, P. R. (2020). Classroom Management: Creating a Successful K-12 Learning Community. United States: John Wiley & Sons.

Chalim, S., Sujono, G., & Usman, F. (2020). Trend Analysis Based Educator Planning. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 3(2), 273–284. https://doi.org/10.31538/nzh.v3i2.683

Creswell, J. W. (2014). Research Design: Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed (Alih Bahasa oleh: Achmad Fawaid). United States: Sage Publication.

Darmawati, D., Rahayu, T., & Rifai, A. R. (2017). Leadership Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan di SMP Ogan Komering Ulu Timur Sumatera Selatan. Journal of Physical Education and Sports, 6(2), 108–116. https://doi.org/10.15294/jpes.v6i2.17359

Fendrik, M. (2019). Pengembangan Kemampuan Koneksi Matematis dan Habits of Mind pada Siswa. Surabaya: Media Sahabat Cendekia.

Firdausy, F. H., Rofiki, I., Zulfaidany, S. N., & Mauladana, R. C. (2023). Profil Pengelolaan Kelas Guru Matematika SMA pada Materi Lingkaran. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 6(4), 373–390. https://doi.org/10.24014/juring.v6i4.26335

Gatiningsih, W. (2020). Efektifitas Pelaksanaan Sistem Blok Pada Pembelajaran Teaching Factory DI SMK. Jurnal Online Tata Busana, 9(3), 128–136. https://doi.org/10.26740/jotb.v9n03.p128-136

Harsa, F. S. (2017). Analisis Keterampilan Mengajar Guru Terhadap Pembelajaran Matematika di kelas X SMK. Jurnal Pelangi, 9(2), 79–80. https://doi.org/10.22202/jp.2017.v9i2.1867

Indrijati, H. (2017). Psikologi Perkembangan dan Pendidikan Anak Usia Dini: Sebuah Bunga Rampai. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Kariadinata, R., Juariah, J., Hidayat, R., & Sugilar, H. (2019). Kemampuan Komunikasi dan Pengelolaan Kelas Calon Guru Matematika. Jurnal Analisa, 5(1), 68–83. https://doi.org/10.15575/ja.v5i1.4826

Kaufman, R., & Wandberg, R. (2015). Powerful Practices for High-Performing Special Educators Kaufman. United States: Skyhorse Publishing.

Komalasari, I., & Imami, A. I. (2022). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP Kelas VIII pada Materi Pythagoras. Aksioma:Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 13(3), 392–402. https://doi.org/10.26877/aks.v13i3.13988

Kurniawan, A. (2018). Metodologi Penelitian Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Kusumaningrini, D., & Sudibjo, N. (2021). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Motivasi Belajar Siswa di Era Pandemi Covid-19. Akademika: Jurnal Teknologi Pendidikan, 10(1), 145–161. https://doi.org/10.34005/akademika.v10i01.1271

Lestari, S. (2011). Kualitas Pengelolaan Pembelajaran Matematika Ditinjau dari Pengalaman Mengajar, Beban Kerja dan Kesejahteraan Guru SMP Negeri di Kabupaten Bangli. Jurnal Administrasi Pendidikan Indonesia, 2(2), 1–17. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/japi.v2i2.475

Mariyaningsih, N., & Hidayati, M. (2018). Bukan Kelas Biasa: Teori dan Praktik Berbagai Model dan Metode Pembelajaran Menerapkan Inovasi Pembelajaran di Kelas-Kelas Inspiratif. Surakarta: Kekata.

Miftah, M. (2013). Fungsi dan Peran Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Kwangsan: Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(2), 95–105. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v1n2.p95--105

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2019). Qualitative Data Analysis. United States: SAGE Publications Inc.

Mukminin, M. N., Putri Amelia, R., Haq, R. F., & Rofiki, I. (2023). Profil Pengajaran Guru Matematika terhadap Kemampuan Pengelolaan Kelas Berbasis Rencana Kegiatan Belajar Mengajar (RKBM) pada Materi Pertidaksamaan. Jurnal Tadris Matematika, 6(2), 14–25. https://doi.org/10.21274/jtm.2023.6.2.291-310

Nurhalisah, N. (2010). Peranan Guru dalam Pengelolaan Kelas. Lentera Pendidikan:Jurnal Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, 13(2), 192–210. https://doi.org/10.24252/lp.2010v13n2A6

Parnata, I., Maharani, L. P., Hidayat, L., Pramudia, E., & Rofiki, I. (2023). Profil Pengajaran Guru Matematika Berdasarkan Kemampuan Pengelolaan Kelas di Sekolah Menengah Pertama. Suska Journal of Mathematics Education, 9(1), 1–14. https://doi.org/10.24014/sjme.v9i1.19986

Rahayu, P., Warli, W., & Cintamulya, I. (2020). Tehnik Scaffolding dalam Meningkatkan Kemampuan Membuktikan Pernyataan pada Mahasiswa. Jipmat, 5(2), 231–239. https://doi.org/10.26877/jipmat.v5i2.6991

Riduwan. (2011). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Rofiq, A. (2009). Pengelolaan Kelas. Malang: Direktorat Jendral PMPTK.

Seufert, C., Oberdörfer, S., Roth, A., Grafe, S., Lugrin, J. L., & Latoschik, M. E. (2022). Classroom Management Competency Enhancement for Student Teachers Using a Fully Immersive Virtual Classroom. Computers and Education, 179(104410). https://doi.org/10.1016/j.compedu.2021.104410

Sutama, S., & Putro, K. (2013). Pengelolaan Pembelajaran Matematika Sekolah Standar Nasional. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(1), 1–15. https://doi.org/10.31941/delta.v1i1.457

Utomo, A., Sukowiyono, S., & Mawarti, R. (2022). Upaya Mengembangkan Karakter Kejujuran Melalui Koperasi Siswa di SMPN 2 Pamekasan. Jurnal Integrasi dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, 2(5), 495–502. https://doi.org/10.17977/um063v2i52022p495-502

Wildani, J. (2018). Self-Efficacy Calon Guru Matematika pada Pengelolaan Kelas dan Pengajaran Matematika Di STKIP Qomaruddin-Gresik. Jurnal Penelitian Pendidikan, 35(1), 41–48. https://doi.org/10.15294/jpp.v35i1.13899

Wisman, Y., Effrata, E., & Tutesa, T. (2021). Penerapan Konsep Instrumen Evaluasi Hasil Belajar. Jurnal Ilmiah Kanderang Tingang, 12(1), 1–9. https://doi.org/10.37304/jikt.v12i1.105

Wulandari, Y., Ruhiat, Y., & Nulhakim, L. (2020). Pengembangan Media Video Berbasis Powtoon Pada Mata Pelajaran IPA di Kelas V. JPSI (Jurnal Pendidikan Sains Indonesia), 8(2), 269–279. https://doi.org/10.24815/jpsi.v8i2.16835

Yulliyanti, L. (2021). Peningkatan Kompetensi Belajar Siswa Melalui Strategi Kolaborasi Komunitas dengan Pemanfaatkan Aplikasi Google Meet untuk Pembelajaran Daring yang Interaktif dan Komunikatif. JIRA: Jurnal Inovasi dan Riset Akademik, 2(8), 1298–1308. https://doi.org/10.47387/jira.v2i8.211

Yumnah, S. (2018). Strategi dan Pendekatan Pengelolaan Kelas dalam Pembelajaran. Pancawahana: Jurnal Studi Islam, 13(1), 18–26. Diambil dari http://ejournal.kopertais4.or.id/tapalkuda/index.php/pwahana/article/view/3196




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v10i1.29146

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

          

Published by:


Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim RiauJalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: sjme.pmt@uin-suska.ac.id
Creative Commons License
Suska Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
 
STATCOUNTER

 

FLAG COUNTER

Flag Counter