Level Van Hiele pada Perkembangan Kognitif Operasional Konkret dan Formal

Fauziyah Nafisatul Qur'ani, Elly Susanti, Munirotul Lailiyah, Fendiyanto Fendiyanto

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji terkait Level Van Hiele pada perkembangan kognitif operasional konkret dan formal berdasarkan teori Piaget. Penelitian ini menggunakan metode kajian literatur sistematis dari jurnal bereputasi yang dipublikasikan pada tahun 2019-2023. Data dianalisis secara deskriptif untuk memahami hubungan antara Level Van Hiele dengan tahap perkembangan kognitif siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada keterkaitan antara Level Van Hiele terhadap perkembangan kognitif operasional konkret dan formal. Siswa sekolah dasar ( usia 7-12 tahun) berada pada tahap operasional konkret dan dapat mencapai level 2 (abstraksi), dimana mereka sudah mampu mengklasifikasikan dan memahami bentuk geometri sederhana. Siswa sekolah menengah pertama berada pada tahap awal level 3 (deduksi), sementara siswa sekolah menengah atas berada pada tahap operasional formal yang lebih matang dan mencapai level 4 (rigor). Meskipun demikian, siswa SMP dan SMA masih membutuhkan bantuan model konkret untuk memahami konsep abstrak geometri. Penelitian ini menyimpulkan ahwa setiap jenjang pendidikan menunjukkan peningkatan Level Van Hiele seiring perkembangan kognitif siswa, namun implementasi pembelajaran geometri berbasis tahap perkembangan kognitif sangat diperlukan untuk mendukung pencapaian maksimal pada setiap level.

Full Text:

PDF

References


Adil, A., Efendi, S., Sulistiyani, & Hasniyati. (2023). Metodologi Penelitian Kesehatan. Get Press Indonesia.

Aini, I. N., & Hidayati, N. (2017). Tahap Perkembangan Kognitif Matematika Siswa SMP Kelas VII Berdasarkan Teori Piaget Ditinjau Dari Perbedaan jenis Kelamin. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, 10(2). https://doi.org/10.30870/jppm.v10i2.2027

Amalliyah, N., Dewi, N. R., & Dwijanto, D. (2021). Tahap Berpikir Geometri Siswa SMA Berdasarkan Teori Van Hiele Ditinjau dari Perbedaan Gender. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 5(2), 352–361. https://doi.org/10.33603/jnpm.v5i2.4550

Anditiasari, N., & Dewi, N. R. (2021). Analisis Teori Perkembangan Kognitif Piaget Pada Anak Usia 11 Tahun Di Brebes. Mathline : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 6(1), 97–108. https://doi.org/10.31943/mathline.v6i1.177

Anwar, A. (2020). Identifikasi Tingkat Berpikir Geometri Siswa Berdasarkan Teori Van Hiele. Jurnal Pendidikan Matematika (JUDIKA EDUCATION), 3(2), 85–92. https://doi.org/10.31539/judika.v3i2.1616

Ardiningtyas, M., Harahap, T. H., & Panggabean, E. M. (2023). Penerapan Teori Piaget dalam Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah Atas: Studi Kasus di Sekolah SMA Negeri 3 Medan. Tut Wuri Handayani: Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2(2), 66–71.

Ayuningrum, D. (2017). Strategi Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Ditinjau Dari Tingkat Berpikir Geometri Van Hiele. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 8(1), 27–34. https://doi.org/10.15294/kreano.v8i1.6851

Bashiru, A., & Nyarko, J. (2019). Van Hiele Geometric Thinking Levels of Junior High School Students of Atebubu Municipality in Ghana. African Journal of Educational Studies in Mathematics and Sciences, 15(1), 39–50. https://doi.org/10.4314/ajesms.v15i1.4

Bosse, M. J., Bayaga, A., Lynch-Davis, K., & DeMarte, A. (2021). Assessing Analytic Geometry Understanding: Van Hiele, SOLO, and Beyond. International Journal for Mathematics Teaching and Learning, 22(1), 3. https://doi.org/10.4256/ijmtl.v22i1.274

Castro, P., Gómez, P., & Cañadas, M. C. (2022). Trends in learning and teaching of geometry: The case of the Geometry and its Applications Meeting. International Electronic Journal of Mathematics Education, 17(4), em0715. https://doi.org/10.29333/iejme/12474

Celik, H. S., & Yilmaz, G. K. (2022). Analysis of Van Hiele geometric thinking levels studies in Turkey: A meta-synthesis study. IJCI : International Journal of Curriculum and Instruction, 14(1), 473–501.

Cesaria, A., Herman, T., & Dahlan, J. A. (2021). Level Berpikir Geometri Peserta Didik Berdasarkan Teori Van Hiele pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Elemen, 7(2), 267–279. https://doi.org/10.29408/jel.v7i2.2898

Demircioğlu, H., & Hatip, K. (2022). Examining 8th grade students’ van Hiele geometry thinking levels, their proof writing and justification skills. IJCI: International Journal of Curriculum and Instruction, 15(1), 305–306. https://orcid.org/0000-0001-7037-6140

Ersoy, M., İlhan, O. A., & Sevgi, S. (2019). Analysis of the Relationship between Quadrilaterals Achievement Levels and Van Hiele Geometric Thinking Levels of the Seventh Grade Students. Higher Education Studies, 9(3), 1–11. https://doi.org/10.5539/hes.v9n3p1

Hasan, M. N., Abdullah, A. H., & Ismail, N. (2020). Effect of Integrative Intervantions With Van Hiele Phase on Students’ Geometric Thinking: A Systematic Review. Journal of Critical Reviews, 7(13), 1133–1140. https://doi.org/10.31838/jcr.07.13.194

Hendriana, H., & Fitriani, N. (2019). Mathematical Abstraction of Year 9 Students Using Realistic Mathematics Education Based on the Van Hiele Levels of Geometry. Jurnal Didaktik Matematika, 6(1), 1–11. https://doi.org/10.24815/jdm.v6i1.13285

Juliyansah, R., & Hakim, D. L. (2022). Proses Abstraksi Siswa Pada Materi Geometri Berdasarkan Teori Bruner. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, 668–681.

Maharani, A., Sulaiman, H., Saifurrohman, Aminah, N., & Rosita, C. D. (2019). Analyzing the student’s cognitive abilities through the thinking levels of geometry van hiele reviewed from gender perspective. Journal of Physics: Conference Series, 1188, 012066. https://doi.org/10.1088/1742-6596/1188/1/012066

Mifroh, N. (2020). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget dan Implementasinya Dalam Pembelajaran di SD/MI. JPT: Jurnal Pendidikan Tematik, 1(3), 253–263.

Nabila, N. (2021). Konsep Pembelajaran Matematika SD Berdasarkan Teori Kognitif Jean Piaget. (JKPD) Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 6(1), 69–79.

Naufal, M. A., Abdullah, A. H., Osman, S., Abu, M. S., Ihsan, H., & Rondiyah, R. (2021). Reviewing the Van Hiele model and the application of metacognition on geometric thinking. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE), 10(2), 597–605. https://doi.org/10.11591/ijere.v10i2.21185

Pakaya, W. C., Qohar, A., & Susiswo, S. (2019). Keterampilan Geometri Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Berdasarkan Teori Van Hiele Level Analisis. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4(3), 310–316. https://doi.org/10.17977/jptpp.v4i3.12068

Rafli, M. F., Lubis, E. L. S., Aldina, C. D., & Anggraeni, I. (2020). Analisis Kesalahan Jawaban Siswa Pada Permasalahan Geometri di Sekolah Dasar. Jurnal Sintaksis: Pendidikan Guru Sekolah Dasar, IPA, IPS dan Bahasa Inggris, 2(1), 20–28.

Rahayu, F. D., Mawarsari, V. D., Mawarsari, V. D., Suprapto, R., & Suprapto, R. (2023). Karakteristik Kemampuan Berpikir Geometri Siswa Berdasarkan Level Berpikir Van Hiele Pasca Covid-19. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 7(2), 405–411. https://doi.org/10.33603/jnpm.v7i2.8372

Rahmaniar, E., Maemonah, M., & Mahmudah, I. (2021). Kritik Terhadap Teori Perkembangan Kognitif Piaget pada Tahap Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(1), 531–539. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.1952

Sholihah, S. Z., & Afriansyah, E. A. (2017). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Proses Pemecahan Masalah Geometri Berdasarkan Tahapan Berpikir Van Hiele. Mosharofa, 6(2), 287–298.

Sumarto, H., Junaedi, I., Ahmadi, F., Marwoto, P., & Sumarni, W. (2022). Basic Mathematical Literacy Skills Ability by Van Hiele Project Based Learning Theory. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 13(2), 199–209. https://doi.org/10.15294/kreano.v13i2.36595

Susanto, S., & Mahmudi, A. (2021). Tahap berpikir geometri siswa SMP berdasarkan teori Van Hiele ditinjau dari keterampilan geometri. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 8(1), 106–116. https://doi.org/10.21831/jrpm.v8i1.17044

Takaria, J. (2019). Pemahaman Konsep Volume Bangun Ruang Melalui Hukum Kekekalan Isi. PEDAGOGIKA: Jurnal Pedagogika dan Dinamika Pendidikan, 7(1), 1–11. https://doi.org/10.30598/pedagogikavol7issue1page1-11

Templier, M., & Paré, G. (2015). A Framework for Guiding and Evaluating Literature Reviews. Communications of the Association for Information Systems, 37. https://doi.org/10.17705/1CAIS.03706

Unaenah, E., Anggraini, I. A., Aprianti, I., Aini, W. N., Utami, D. C., Khoiriah, S., & Refando, A. (2020). Teori Van Hiele Dalam Pembelajaran Bangun Datar. Nusantara : Jurnal Pendidikan dan Ilmu Sosial, 2(2), 365–374.

Utomo, D. P., Amaliyah, T. Z., Darmayanti, R., Usmiyatun, U., & Choirudin, C. (2023). Students’ Intuitive Thinking Process in Solving Geometry Tasks from the Van Hiele Level. JTAM (Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika), 7(1), 142–148. https://doi.org/10.31764/jtam.v7i1.11528

Van Hiele, P. M. (1999). Developing Geometric Thinking through Activities That Begin with Play. Teaching Children Mathematics, 5(6), 310–316. https://doi.org/10.5951/TCM.5.6.0310

Walle, J. A. (2001). Geometric Thinking and Geometric Concepts. In Elementary and Middle School Mathematics: Teaching Developmentally, 4th ed. Boston: Allyn and Bacon.

Wicaksono, A. B., & Juniati, D. (2022). Level Berpikir Geometris Mahasiswa Calon Guru Matematika Berdasarkan Teori Level Van Hiele. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 11(3), 2479–2487. https://doi.org/10.24127/ajpm.v11i3.5491

Widiyaningsih, E. (2020). Problem-Solving Ability and Self-Efficacy Based On Geometry Thinking Level In Van Hiele Learning. UJMER: Unnes Journal of Mathematics Education Research, 9(2), 156–169. https://doi.org/http: //journal. unnes. ac. id/sju/index. php/ujmer




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v10i2.27579

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

          

Published by:


Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim RiauJalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: sjme.pmt@uin-suska.ac.id
Creative Commons License
Suska Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
 
STATCOUNTER

 

FLAG COUNTER

Flag Counter