Systematic Literatur Review: Integrasi Computational Thinking dalam Pembelajaran Matematika di Era Society 5.0

Madda Salimatul Hikmah, Zaenuri Zaenuri, Walid Walid

Abstract


Era society 5.0 adalah era lanjutan yang fokus kepada masyarakat supaya memiliki kualitas hidup yang baik dengan memanfaatkan perkembangan teknologi. Computational thinking merupakan salah satu aspek yang diperlukan dalam era society 5.0. Tujuan penelitian ini adalah untuk merangkum hasil penelitian-penelitian yang membahas tentang pembelajaran matematika yang dapat memfasilitasi computational thinking. Metode SLR (Systematic Literature Review) merupakan metode yang digunakan dengan memanfaatkan website ERIC dan aplikasi Publish or Perish 8 dengan existing search Google Scholar, Semantic Scholar dan Scopus. Pencarian tersebut menghasilkan 21 artikel yang terkumpul, sebagian besar berasal dari jurnal yang sudah terindeks internasional dan nasional serta prosiding internasional dan nasional dalam rentang tahun 2019–2023. Pada tahun 2021 dan 2023 terjadi peningkatan signifikan dalam pembelajaran matematika yang mengintegrasikan computational thinking. Pembelajaran matematika dengan computational thinking  banyak diterapkan pada tingkat sekolah dasar. Integrasi computational thinking dalam pembelajaran matematika dilakukan dengan berbagai pendekatan, seperti (1) pemanfaatan aplikasi Scratch dengan memanfaatkan berbagai materi matematika, (2) penggunaan game yang menjadikan pembelajaran lebih menyenangkan, (3) penerapan scaffolding yang mendorong siswa untuk aktif berpartisipasi, dan (4) program Bebras yang diinisiasi oleh pemerintah Indonesia.


Keywords


computational thinking; pembelajaran matematika; society 5.0; systematic literature review

Full Text:

PDF PDF

References


Anwar, V. N., & Herman, T. (2022). Analisis Bibliometrik Tren Publikasi Pendekatan Stem Berbasis Computational Thinking Dalam Pembelajaran Matematika. Pembelajaran Matematika Inovatif, 5(5), 1387–1396. https://doi.org/10.22460/jpmi.v5i5.1387-1396

Apriani, Susilowati, D., Kartarina, & Suktiningsih, W. (2021). Penerapan Computational Thinking pada Pelajaran Matematika di Madratsah Ibtidaiyah Nurul Islam Sekarbela Mataram. ADMA: Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat, 1(2), 47–56. https://doi.org/10.30812/adma.v1i2.1017

Chen-Huei, L., Hui-Ju, H., & Pei-Chen, W. (2020). Integrating Computational Thinking in math courses for 3rd and 4th Grade students with Learning disabilities via Scratch. Proceedings of SIGCSESIGCSE, 48(1), 24258. https://doi.org/10.1145/3328778.3372588

Deghuci, A., Hirai, C., Matsuoka, H., Nakano, T., OShima, K., Tai, M., & Tmi, S. (2020). Society 5.0. In Society 5.0. SpringerOpen.

Fuste, A., & Schmandt, C. (2019). HyperCubes : A Playful Introduction to Computational Thinking in Augmented Reality. CHI PLAYEA’19, 379–387. https://doi.org/10.1145/3341215.3356264

Hadi, S., Tjahjono, H. K., & Palupi, M. (2020). Systematic Review: Meta Sintesis untuk Riset Perilaku Organisasional. Viva Victory Abadi.

Handayani, N. N. L., & Muliastrini, N. K. E. (2020). Pembelajaran Era Disruptif Menuju Era Society 5.0 (Telaah Perspektif Pendidikan Dasar). Prosodong Seminar Nasional IAHN-TP Palangka Raya, 0, 1–14.

Haqqi, H., & Wijayanti, H. (2019). Revolusi Industri 4.0 di tengah Society 5.0: Sebuah Integrasi Ruang, Terobosan Teknologi, dan Transformasi Kehidupan di Era Disruptif. Anak Hebat Indonesia.

Helsa, Y., Turmudi, & Juandi, D. (2023). TPACK-based hybrid learning model design for computational thinking skills achievement in mathematics. Journal on Mathematics Education, 14(2), 225–252.

Hurt, T., Greenwald, E., Allan, S., Cannady, M. A., Krakowski, A., Brodsky, L., Collins, M. A., Montgomery, R., & Dorph, R. (2023). The computational thinking for science ( CT ‑ S ) framework : operationalizing CT ‑ S for K – 12 science education researchers and educators. International Journal of STEM Education, 1–16. https://doi.org/10.1186/s40594-022-00391-7

Kahar, M. I., Cika, H., Nur Afni, & Nur Eka Wahyuningsih. (2021). Pendidikan Era Revolusi Industri 4.0 Menuju Era Society 5.0 Di Masa Pandemi Covid 19. Moderasi: Jurnal Studi Ilmu Pengetahuan Sosial, 2(1), 58–78. https://doi.org/10.24239/moderasi.vol2.iss1.40

Kallia, M., Borkulo, S. P. Van, Drijvers, P., & Barendsen, E. (2021). Research in Mathematics Education Characterising computational thinking in mathematics education : a literature-informed Delphi study. Research in Mathematics Education, 23(2), 159–187. https://doi.org/10.1080/14794802.2020.1852104

Katerina, T., Moeller, K., Roman-gonz, M., Golle, J., Leifheit, L., V.Butz, M., & Ninaus, M. (2022). A cognitive definition of computational thinking in primary education. Computers & Education, 179(December 2021). https://doi.org/10.1016/j.compedu.2021.104425

Latif, K. A., Hammad, R., & Muhid, A. (2021). Pengenalan Computational thinking pada Siswa Madrasah Ibtidaiyah Nahdatul Wathan Marcapada Lombok Barat. JPMB: Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Berkarakter, 4(1), 33–40.

Maharani, S., Nusantara, T., As’ari, A. R., & Qohar, A. (2020). Computational Thinking Pemecahan Masalah di Abad Ke-21 (Issue December).

Maharani, S., Susanti, V. D., Andari, T., Krisdiana, I., & Astuti, I. P. (2023). Computational Thinking (CT) -based Student Worksheet to Improve the Mathematical Literacy of Mathematics Prospective Teacher. Al-Ishlah: Jurnal Pendidikan, 15(September), 2690–2702. https://doi.org/10.35445/alishlah.v15i3.4412

Maraza-quispe, B., Sotelo-jump, A. M., Alejandro-oviedo, O. M., Quispe-flores, L. M., Cari-mogrovejo, L. H., Fernandez-gambarini, W. C., & Cuadros-paz, L. E. (2021). Towards the Development of Computational Thinking and Mathematical Logic through Scratch. IJACSA- International Journal of Advanced Computer Science and Applications, 12(2), 332–338.

Marchelin, L. E., Hamidah, D., & Resti, N. C. (2022). Efektivitas Metode Scaffolding Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Komputasi Siswa Smp Pada Materi Perbandingan. Jurnal Pengembangan Pembelajaran Matematika, 4(1), 16–29. https://doi.org/10.14421/jppm.2022.41.16-29

Olmo-muñoz, J., Bueno-baquero, A., & Gonz, A. (2023). Exploring Gamification Approaches for Enhancing Computational Thinking in Young Learners. Education Sciences, 13, 487.

Pringgandinie, D. R., Sanchia, W., & Ryana, G. (2022). Analisis Sejarah Budaya Pendidikan Kurikulum Matematika : Peran Computational Thinking. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(20), 4612–4623.

Rodríguez-martínez, J. A., González-calero, J. A., & Sáez-lópez, M. (2020). Computational thinking and mathematics using Scratch : an experiment with sixth-grade students Computational thinking and mathematics using Scratch : an experiment with sixth-grade students. Interactive Learning Environments, 28(3), 316–327. https://doi.org/10.1080/10494820.2019.1612448

Siswanto. (2010). Systematic Review sebagai Metode Penelitian untuk Mensistesis Hasil-Hasil Penelitian (Sebuah Pengantar). Buletin Penelitian Sistem Keseharan, 13(i), 326–333.

Soboleva, E. V, Sabirova, E. G., Babieva, N. S., Sergeeva, M. G., & Torkunova, J. V. (2021). Formation of Computational Thinking Skills Using Computer Games in Teaching Mathematics. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 17(10).

Sung, J. (2022). Assessing young Korean children ’ s computational thinking : A validation study of two measurements. Education and Information Technologies, 12969–12997. https://doi.org/10.1007/s10639-022-11137-x

Supiarmo, M. G., Mardhiyatirrahmah, L., & Turmudi, T. (2021). Pemberian Scaffolding untuk Memperbaiki Proses Berpikir Komputasional Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(1), 368–382. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i1.516

Susanti, R. D., & Taufik, M. (2021). Analysis of Student Computational Thinking in Solving Social Statistics Problems. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 5(1), 22–31.

Usmaedi. (2021). Education Curriculum for Society 5.0 in The Next Decade. Jurnal Pendidikan Dasar Setiabudhi, 4(2), 63–79.

Widodo, S., Purwakarta, I. K., & Cilviani, C. (2023). Elementary school students computational thinking skills in learning-based 3D-Geometry problem. IndoMath-Indonesia Mathematics Education, 6(1), 1–10.

Wijanto, M.C, Tan, R., Sujadi, S.F., Panca, B.S., Toba, H., Yulianti, D.T., Budi, S., Santoso, S., Widjaja, A., Nathasya, R.A., Kurniawati, G., & Karnalim, O. (2021). Implementasi Computational thinking Melalui Pemrograman Visual dengan Kolaborasi Mata Pelajaran pada Siswa Menengah Atas. Sendimas 2021 - Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 6(1), 50–55. https://doi.org/10.21460/sendimasvi2021.v6i1.15

Ye, H., Liang, B., Ng, O. L., & Chai, C. S. (2023). Integration of computational thinking in K ‑ 12 mathematics education : a systematic review on CT ‑ based mathematics instruction and student learning. International Journal of STEM Education. https://doi.org/10.1186/s40594-023-00396-w

Zahid, M. Z. (2021). Telaah kerangka kerja PISA 2021 : era integrasi computational thinking dalam bidang matematika. PRISMA (Prosiding Seminar Nasional Matematika), 3(2020), 706–713.

Zhang, L., & Nouri, J. (2019). A systematic review of learning computational thinking through Scratch in K-9. Computers & Education, 141(June), 103607. https://doi.org/10.1016/j.compedu.2019.103607




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v11i1.27092

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

          

Published by:


Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau Jalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: sjme.pmt@uin-suska.ac.id
Creative Commons License
Suska Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
 
STATCOUNTER

 

FLAG COUNTER

Flag Counter