E-Modul Sigil Software Berbasis Discovery Learning: Bentuk Pengembangan dalam Memfasilitasi Kemampuan Komunikasi Matematis

Rachmad Oktri Harid, Depriwana Rahmi, Annisah Kurniati, Suci Yuniati

Abstract


Permasalahan yang melatarbelakangi penelitian ini karena rendahnya kemampuan komunikasi matematis siswa SMPN 9 Pekanbaru. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk menghasilkan produk pengembangan dengan kriteria valid, praktis, dan efektif berupa  e-modul dengan memanfaatkan aplikasi sigil software menggunakan langkah-langkah discovery learning. Pengembangan dilakukan untuk memfasilitasi kemampuan dalam permasalahan komunikasi matematis pada materi segiempat. Pengembangan e-modul dilaksanakan dengan menggunakan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Penelitian ini dilakukan pada tahun ajaran 2022/2023 semester genap yang berlokasi di SMP Negeri 9 Pekanbaru. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VII. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan tes. Instrumen penelitian berupa lembar validasi untuk ahli materi pembelajaran, lembar validasi untuk ahli teknologi, angket respon siswa, dan soal posttest. Hasil perolehan data dianalisis dengan teknik analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul dengan menggunakan sigil software berbasis discovery learning yang dikembangkan dinyatakan sangat valid dan sangat praktis.


Keywords


discovery learning, e-modul, kemampuan komunikasi matematis, pengembangan, sigil software

Full Text:

PDF

References


Aisy, D. R., Farida, & Andriani, S. (2020). Pengembangan E-Modul berbantuan Sigil Software dengan Pendekatan Saintifik pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel (SPLDV). Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains dan Matematika, 8(1), 61–71. https://doi.org/10.23971/eds.v8i1.1499

Armania, M., Eftafiyana, S., & Sugandi, A. I. (2018). Analisis Hubungan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Minat Belajar Siswa SMP dengan Menggunakan Pendekatan Realistic Mathematics Education. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(6), 1087–1094. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i6.p1087-1094

Azka, H. H. Al, Setyawati, R. D., & Albab, I. U. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(5), 224–236. https://doi.org/10.26877/imajiner.v1i5.4473

Babe, A., Sudane, I. W., & Lajiba, S. B. S. (2023). Pengembangan E-Modul Berbasis Etnomatematika untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi matematis Siswa. Numeric : Jurnal Penelitian dan Inovasi Pendidikan Matematika, 1(2), 90–99. https://doi.org/10.53090/numeric.v1i2.551

Basna, N., & Zulherman. (2023). Pengembangan E-Book Berbantuan Flip PDF Corporate Edition pada Materi Gaya dan Energi untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar. Research and Development Journal of Education, 9(2), 666–673. https://doi.org/10.30998/rdje.v9i2.18367

Elvionika, R., Kurniati, A., & Rahmi, D. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (Lks) Berbasis Problem Based Learning (PBL) pada Materi Pecahan SMP/MTs. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 6(2), 205–214. https://doi.org/10.24014/juring.v6i2.16362

Fadilah, B. N., Ahmad, J., & Farida, N. (2021). Pengembangan E-Modul Berbasis Contextual Teaching and Learning (CTL) pada Materi Geometri Transformasi dengan Berbantuan Flipbook Maker. Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 1–11. https://doi.org/10.23960/mtk/v9i1.pp1-11

Fitri, A., Netriwati, & Andriani, S. (2021). Sigil Software sebagai Pengembangan E-Modul Pembelajaran Matematika. AlphaMath : Journal of Mathematics Education, 7(1), [1-10]. https://doi.org/10.30595/alphamath.v7i1.8492

Gufran, & Mataya, I. (2020). Pemanfaatan E-Modul Berbasis Smartphone Sebagai Media Literasi Masyakarat. JISIP (Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan), 4(2). https://doi.org/10.58258/jisip.v4i2.1060

Hadinurdina, & Kurniati, A. (2018). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Problem Solving untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Madrasah Tsanawiyah. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(3), 189–198. https://doi.org/10.24014/juring.v1i3.5398

Harahap, D. G. S. (2019). Penggunaan Peta Konsep untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Jaringan Tumbuhan. Jurnal ESTUPRO, 4(1), 93–97.

Herawati, N. S., & Muhtadi, A. (2018). Pengembangan Modul Elektronik (E-Modul) Interaktif pada Mata Pelajaran Kimia Kelas XI SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(2), 180–191. https://doi.org/10.21831/jitp.v5i2.15424

Khansa, S. L., Pramudya, I., & Kuswardi, Y. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Strategi ARIAS untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Motivasi Belajar pada Materi Relasi dan Fungsi. Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika (JPMM), 2(4), 259–272. https://doi.org/10.20961/jpmm%20solusi.v2i4.22698

Kurniawan, C., & Kuswandi, D. (2021). Pengembangan E-Modul Sebagai Media Literasi Digital pada Pembelajaran Abad 21. Lamongan: Academia Publication.

Marantika, A., Handayani, T., & Putri, A. D. (2015). Pengaruh Metode Discovery Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa pada Pembelajaran Matematika di SMP Pelita Palembang. Jurnal Pendidikan Matematika RAFA, 1(2), 161–183.

Masta, N., Lumbantobing, S. S., Guswantoro, T., Faradiba, & Malau, N. D. (2020). Mempersiapkan Blended Learning melalui Pelatihan Pembuatan E-Modul untuk Guru Madrasah Tsanawiyah YAPPI Mulusan. JURNAL Comunità Servizio : Jurnal Terkait Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat, terkhusus bidang Teknologi, Kewirausahaan dan Sosial Kemasyarakatan, 2(1), 265–281. https://doi.org/10.33541/cs.v2i1.1527

Nisa, H. A., Mujib, & Putra, R. W. Y. (2020). Efektivitas E-Modul dengan Flip Pdf Professional Berbasis Gamifikasi Terhadap Siswa SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5(2), 13–25. https://doi.org/10.33369/jpmr.v5i2.11406

Noviarni. (2017). Perencanaan Pembelajaran Matematika dan Aplikasinya. Pekanbaru: Benteng Media.

Pratiwi, A. S. R., Sari, C. K., & Burhanudin, B. A. (2024). Apakah Discovery Learning dapat Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Matematis Siswa? FARABI: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika , 7(1), 83–90. https://doi.org/10.47662/farabi.v7i1.710

Pribadi, B. A. (2011). Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Dian Rakyat.

Rachmawati, L., & Kaluge, L. (2020). Kompetensi Profesional Guru, Motivasi Kerja, dan Disiplin Kerja terhadap Kinerja Guru. Jurnal Penelitian dan Pendidikan IPS, 14(1), 1–6. https://doi.org/10.21067/jppi.v14i1.4764

Rahayu, I., & Sukardi. (2020). The Development of E-Modules Project Based Learning for Students of Computer and Basic Networks at Vocational School. Journal of Education Technology, 4(4), 398–403. https://doi.org/10.23887/jet.v4i4.29230

Riduwan. (2019). Belajar Mudah Penelitian untuk Guru-Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung: Alfabeta.

Sidiq, R., & Najuah. (2020). Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Android pada Mata Kuliah Strategi Belajar Mengajar. Jurnal Pendidikan Sejarah, 9(1), 1–14. https://doi.org/10.21009/JPS.091.01

Zakiyah, H., Purnomo, D., & Sugiyanti, S. (2019). Pengembangan E-modul dengan Pendekatan Kontekstual pada Materi Bilangan Bulat SMP Kelas VII. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(6), 287–293. https://doi.org/10.26877/imajiner.v1i6.4855




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v10i2.25793

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

          

Published by:


Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim RiauJalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: sjme.pmt@uin-suska.ac.id
Creative Commons License
Suska Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
 
STATCOUNTER

 

FLAG COUNTER

Flag Counter