Penalaran Lateral Siswa Berdasarkan Perspektif Onto-Semiotik dalam Penyelesaian Masalah Matematika

Ghina Yumna Zakiyah

Abstract


Penalaran berpikir lateral merupakan cara berpikir secara inventif untuk menyelesaikan sebuah persoalan dengan cara yang tidak lazim, sehingga keterampilan berpikir siswa sangat diperlukan agar dapat mengeksplor penyelesaian yang akan digunakan. Soal yang bersifat open ended sangat tepat digunakan untuk proses berpikir lateral karena mempunyai alternatif jawaban yang beragam. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penyebaran topik pembahasan artikel mengenai berpikir lateral dan perspektif onto-semiotics serta relevansinya dalam penelitian di dunia pendidikan matematika saat ini . Penelitian ini merupakan penelitian literatur review dengan survei. Metode pengumpulan data, yaitu dengan menggunakan aplikasi Publish or Perish dengan basis data google scholar, scopus, dan ERIC dan kemudian dianalisis penyebarannya menggunakan bantuan aplikasi VOS Viewer. Hasil Penelitian ini menunjukkan kurangnya minat pada topik berpikir lateral dan perspektif onto semiotik pada dunia pendidikan matematika yang ditunjukkan dengan menurunnya terbitan artikel dan kata kunci terkait berpikir lateral dan perspektif onto semiotik.

Keywords


Berpikir Lateral, Onto-semiotik, Open-ended, Masalah Matematika, Model matematika, Problem Solving.

Full Text:

PDF

References


Afifah, D.S.N. 2019. Pelatihan Implementasi Pendekatan Onto-Semiotik Dalam Pembelajaran di Kelas Bagi Guru SMP Al-Bahjah Tulungagungalfia. Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 4(3):231–38. doi: 10.30653/002.201943.135.

Afifah, D.N.S, & Nafi’an, M.I. 2019. An Onto-Semiotic Approach: Analyzing of Field-Independent & Field Dependent Students’ Underst&ing in Solving Statistical Problems. Journal of Physics: Conference Series, 1175(1):012148. doi: 10.1088/1742-6596/1175/1/012148.

Afri, L.D. 2017. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Pada Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Dengan Pendekatan CRA. Math Educa Journal, 1(1):25–36. doi: 10.15548/mej.v1i1.1539.

Agustina., Rahayu, T., Subarinah, S., Hikmah, N., & Amrullah. 2021. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Pada Soal Open Ended Materi Lingkaran Berdasarkan Kemampuan Awal Matematika Siswa. Griya Journal of Mathematics Education & Application, 1(3):433–41. doi: 10.29303/griya.v1i3.85.

Amin, M. E. I. A., Juniati, D., & Sulaiman, R. 2018. Onto Semiotic Approach to Analyze Students’ Underst&ing of Algebra Based on Math Ability. International Conference on Science & Applied Science (ICSAS), 2014:020077. doi: 10.1063/1.5054481.

Aribowo, E. K. 2019. Analisis Bibliometrik Berkala Ilmiah Names: Journal of Onomastics dan Peluang Riset Onomastik di Indonesia. Aksara, 31(1):85. doi: 10.29255/aksara.v31i1.373.85-105.

Burgos, M., Godino, J.D, & Rivas, M. 2019. Epistemic & Cognitive Analysis of Proportionality Tasks from the Algebraization Levels Perspective. Acta Scientiae, 21(4):63–81. doi: 10.17648/acta.scientiae.v21iss4id5094.

Cintia, N. I., Kristin, F., & Anugraheni, I. 2018. Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Dan Hasil Belajar Siswa. Perspektif Ilmu Pendidikan, 32(1):67–75. doi: 10.21009/PIP.321.8.

Florio, E. 2020. A Synergy between History of Mathematics & Mathematics Education: A Possible Path from Geometry to Symbolic Algebra. Education Sciences, 10(9):243. doi: 10.3390/educsci10090243.

Font, V., Godino, J.D., & Gallardo, J. 2013. The Emergence of Objects from Mathematical Practices. Educational Studies in Mathematics, 82(1):97–124. doi: 10.1007/s10649-012-9411-0.

Godino, J.D., Batanero, C., & Font, V. 2007. The Onto-Semiotic Approach to Research in Mathematics Education. ZDM, 39(1):127–35. doi: 10.1007/s11858-006-0004-1.

Godino, J.D., Batanero, C., & Roa, R. 2005. An Onto-Semiotic Analysis of Combinatorial Problems & the Solving Processes by University Students. Educational Studies in Mathematics, 60(1):3–36. doi: 10.1007/s10649-005-5893-3.

Hadar, L.L., & Tirosh, M. 2019. Creative Thinking in Mathematics Curriculum: An Analytic Framework. Thinking Skills & Creativity, 33:100585. doi: 10.1016/j.tsc.2019.100585.

Hasanah, W.N., & Budiarto, M. 2019. Pendekatan Onto-Semiotic Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika Ditinjau dari Kemampuan Matematika. MATHEdunesa, 8(2):117–23. doi: 10.26740/mathedunesa.v8n2.p117-123.

Joklitschke, J., Rott, B., & Schindler, M. 2022. Notions of Creativity in Mathematics Education Research: A Systematic Literature Review. International Journal of Science & Mathematics Education, 20(6):1161–81. doi: 10.1007/s10763-021-10192-z.

Kii, E.D., Muzaki, A., & Wahyudi, E. 2019. ‘Analisis Kemampuan Berpikir Lateral Siswa Kelas XI TKJ SMKN 1 Tambolaka Dalam Menyelesaikan Soal Matriks’. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika Sumba 1(1):57–62. doi: 10.53395/jppms.v1i1.63.

Kurniasih, M.D., Darojati, H., Waluya, S.B., & Rochmad. 2020. Analisis Gesture Siswa Tunarungu dalam Belajar Matematika Ditinjau dari Gender. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika) 5(2):175–82. doi: 10.30998/jkpm.v5i2.5455.

Ledezma, C., Font, V., & Sala, G. 2023. Analysing the Mathematical Activity in a Modelling Process from the Cognitive & Onto-Semiotic Perspectives. Mathematics Education Research Journal, 35(4):715–41. doi: 10.1007/s13394-022-00411-3.

Maharani, S., & Bernard, M. 2018. Analisis Hubungan Resiliensi Matematik Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Lingkaran. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(5):819–26. doi: 10.22460/jpmi.v1i5.p819-826.

Mere, K. 2023. Systematic Literature Review: Penerapan Model Project Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa’. Journal on Education 6(1):5655–61. doi: 10.31004/joe.v6i1.3626.

Milinia, R., & Amir, M.F. 2022. The Analysis of Primary Students’ Learning Obstacles on Plane Figures’ Perimeter & Area Using Onto-Semiotic Approach. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 9(1):19–33. doi: 10.24235/al.ibtida.snj.v9i1.9958.

Montiel, M., Wilhelmi, M., Vidakovic, D., & Elstak, I. 2009. Using the Onto-Semiotic Approach to Identify & Analyze Mathematical Meaning When Transiting between Different Coordinate Systems in a Multivariate Context. Educational Studies in Mathematics, 72:139–60. doi: 10.1007/s10649-009-9184-2.

Neto, T., Breda, A., Costa, N., & Godino, J.D. 2009. Resorting to Non Euclidean Plane Geometries to Develop Deductive Reasoning an Onto-Semiotic Approach. ICMI Study 19 Conference: Proof & Proving in Mathematics Education, 2:106–11.

Nurdien, A.H., & Amir, M.F. 2022. Pendekatan Onto-Semiotik Berbasis Problem Solving Untuk Memperbaiki Pengetahuan T&a “Sama Dengan”. Journal Focus Action of Research Mathematic (Factor M), 4(2):65–80. doi: 10.30762/factor_m.v4i2.3349.

Nurfadilah, P., & Afriansyah, E.A. 2022. Analisis Gesture Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Open-Ended. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 4(1):14–29. doi: 10.37058/jarme.v4i1.4246.

Nurrahmah, A., Kartono., Zaenuri., & Isnarto. 2022. Tinjauan Pustaka Sistematis: Abstraksi Matematis Mahasiswa Pada Pembelajaran Matematika Berdasarkan Teori APOS. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 5(1):120–29.

Oktavianita, S., & Wahidin. 2022. Gestur Siswa Slow Learner Dalam Belajar Matematika Menggunakan Aplikasi Wordwall di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(3):4802–11. doi: 10.31004/basicedu.v6i3.2941.

Purnamasari, P.D., & Sugiman. 2016. Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas XI SMK Muhammadiyah I Patuk Pada Pokok Bahasan Peluang Analysis of Math Problem Solving Ability Student Grade XI SMK Muhammadiyah I Patuk on Probability Discussion. Jurnal Pedagogi Matematika 5(4). doi: 10.21831/jpm.v5i4.2643.

Putrian, A.A., & Kurniasari, I. 2022. Kemampuan Berpikir Lateral Siswa SMP Dalam Memecahkan Masalah Matematika Open-Ended Ditinjau Dari Gaya Belajar Sensing Dan Intuition. MATHEdunesa, 11(2):513–24. doi: 10.26740/mathedunesa.v11n2.p513-524.

Rittle-Johnson, B., Matthews, P., Taylor, R., & McEldoon, K. 2010. Assessing Knowledge of Mathematical Equivalence: A Construct-Modeling Approach. Journal of Educational Psychology, 103:85–104. doi: 10.1037/a0021334.

Rodríguez-Nieto, C, Moll, V.F., & Rodríguez-Vásquez, F.M. 2022. Literature Review on Networking of Theories Developed in Mathematics Education Context. Eurasia Journal of Mathematics, Science & Technology Education, 18(11):em2179. doi: 10.29333/ejmste/12513.

Syarifudin, M.T., Ratnaningsih, N., & Ni’mah, K. 2021. Analisis Kemampuan Abstraksi Matematis dalam Pembelajaran Matematika di MAN 1 Tasikmalaya. MUST: Journal of Mathematics Education, Science & Technology ,6(2):231–40. doi: 10.30651/must.v6i2.7461.

Vargas, M., & Morales-López, Y. 2019. Teaching the Topic of Money in Mathematics Classes in Primary School. Acta Scientiae, 21(5):102–27. doi: 10.17648/acta.scientiae.5262.

Yahya, A. 2015. Proses Berpikir Lateral Siswa SMA Negeri 1 Pamekasan Dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau Dari Gaya Kognitif Field Independent Dan Field Dependent. APOTEMA : Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 1:27–35. doi: 10.31597/ja.v1i2.149.

Zahro, K., & Ismail. 2019. Profil Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa SMP dalam Memecahkan Masalah Matematika Open-Ended Ditinjau dari Gaya Belajar Sensing dan Intuition. MATHEdunesa, 8(2):245–51. doi: 10.26740/mathedunesa.v8n2.p245-251.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v10i1.24594

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

          

Published by:


Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim RiauJalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: sjme.pmt@uin-suska.ac.id
Creative Commons License
Suska Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
 
STATCOUNTER

 

FLAG COUNTER

Flag Counter