Identifikasi Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Kuadrat

Faisal Eka Mahendra, Faida Musa'ad, Irna Rusani, Sundari Sundari, Agus Salim Ba'diah, Rya Andini

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal persamaan kuadrat di SMA Negeri 2 Kota Sorong. Menggunakan metode kuantitatif dengan teknik pemilihan sampel acak, 31 siswa kelas XI dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Selain itu, wawancara dengan lima siswa dilakukan untuk mengetahui alasan di balik kesalahan mereka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan paling umum adalah tidak menyelesaikan soal (29%), diikuti oleh kesalahan dalam memahami soal (28%), dan tidak menjawab soal (22%), dengan kesalahan tidak melanjutkan proses sebagai yang paling jarang terjadi (21%). Wawancara mengungkapkan bahwa kesalahan ini sering disebabkan oleh kurangnya pemahaman konsep dan kesulitan dalam menerapkan rumus. Kesimpulannya, diperlukan peningkatan metode pengajaran dan pemahaman konsep siswa untuk mengurangi kesalahan-kesalahan tersebut.


Keywords


kesalahan, matematika, persamaan kuadrat

Full Text:

PDF

References


Abdurraham, M. (2009). Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar. PT Rineka Cipta.

Aini, S. D., Jannah, U. R., & Masruroh, R. (2017). Identifikaasi Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Trigonometri. SIGMA, 3(1), Article 1. http://dx.doi.org/10.53712/sigma.v3i1.337

Anggraini, Y. P., & Kartini, K. (2020). Analisis Kesalahan ISswa dalam Menyelesaikan Soal Persamaan Kuadrat pada Siswa Kelas IX SMPN 2 Bangkinang Kota. AXIOM : Jurnal Pendidikan dan Matematika, 9(2), Article 2. http://dx.doi.org/10.30821/axiom.v9i2.7682

Azmi, N., & Yunita, R. (2022). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Masalah Fungsi Kuadrat Di Kelas X MAN 6 Aceh Utara. Ar-Riyadhiyyat: Journal of Mathematics Education, 3(1), Article 1. https://doi.org/10.47766/arriyadhiyyat.v3i1.513

Defiana, A., Anggoro, B. S., & Putra, R. W. Y. (2022). Studi Analisis: Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikam Soal Matematika pada Materi Persamaan Kuadrat. Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), Article 2. https://doi.org/10.31949/dm.v4i1.2003

Fitri, W. J., Maimunah, M., & Suanto, E. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas IX SMP Negeri 20 Pekanbaru pada Materi Persamaan Garis Lurus. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 6, 592–600.

Fitriana, D. N., & Aprilia, A. (2021). Mindset Awal Siswa terhadap Pelajaran Matematika yang Sulit dan Menakutkan (2). 1(2), Article 2.

Fuadiah, N. F., Suryadi, D., & Turmudi. (2017). Some Difficulties in Understanding Negative Numbers Faced by Students: A Qualitative Study Applied at Secondary Schools in Indonesia. International Education Studies, 10(1), 24–38. https://doi.org/10.5539/ies.v10n1p24

Hakim, R. N., & Adirakasiwi, A. G. (2021). Analisis Tingkat Kecemasan Matematis Siswa SMA. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(4), Article 4. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i4.p809-816

Intisari, I. (2017). Persepsi Siswa terhadap Mata Pelajaran Matematika. Wahana Karya Ilmiah Pendidikan, 1(1), Article 01.

Kahar, M. S., & Layn, M. R. (2017). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika. Jurnal Math Educator Nusantara, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.29407/jmen.v3i2.855

Khishaaluhussaniyyati, M., Faiziyah, N., & Sari, C. K. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas 10 SMK dalam Menyelesaikan Soal HOTS Materi Barisan dan Deret Aritmetika Ditinjau dari Self Regulated Learning. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 7(1), Article 1. https://doi.org/10.31004/cendekia.v7i1.2170

Mandasari, L., & Wahyuni, S. (2021). Krisis UNBK: Mentoring Guru dalam Menyelesaikan, Menyusun dan Mengembangkan Soal Kategori HOTS untuk Meningkatkan Hasil Ujian Nasional Di Dataran Tinggi Gayo. Jurnal Abdidas, 2(6), Article 6. https://doi.org/10.31004/abdidas.v2i6.495

Manurung, A. S., Fahrurrozi, F., Utomo, E., & Gumelar, G. (2023). Implementasi Berpikir Kritis dalam Upaya Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kreatif Mahasiswa. Jurnal Papeda: Jurnal Publikasi Pendidikan Dasar, 5(2), Article 2. https://doi.org/10.36232/jurnalpendidikandasar.v5i2.3965

Mustika, R., & Roesdiana, L. (2022). Analisis Kesalahan Berdasarkan Kategori Watson dalam Menyelesaikan Permasalahan Persamaan Kuadrat Pada Siswa SMP. Didactical Mathematics, 4(1), Article 1. https://doi.org/10.31949/dm.v4i1.2003

Mutmainah, Berahman, & Haeruddin. (2022). Analisis Kesalahan Menyelesaikan Soal Persamaan Dan Fungsi Kuadrat Siswa Kelas XI SMK Negeri 18 Samarinda Tahun Ajaran 2021/2022. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Universitas Mulawarman, 2, 52–58.

Nuraini, I., & Afifurrahman, A. (2023). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Materi Persamaan Kuadrat. Journal of Math Tadris, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.55099/jmt.v3i2.89

Privana, E. O., Setyawan, A., & Citrawati, T. (2021). Identifikasi Kesalahan Siswa dalam Menulis Kata Baku dan Tidak Baku pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Pendidikan Bahasa, 11(1), Article 1.

Purwati, R., Hobri, H., & Fatahillah, A. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Persamaan Kuadrat pada Pembelajaran Model Creative Problem Solving. Kadikma, 7(1), 84–93. https://doi.org/10.19184/kdma.v7i1.5471

Rahayu, S. (2016). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal-soal Kesebangunan. E-DuMath, 2(1), 1–9.

Sarah, Y. D., Ariawan, R., & Nufus, H. (2023). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Higher order Thinking Skills ditinjau dari Self Efficacy. Suska Journal of Mathematics Education, 9(1), Article 1. http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v9i1.18838

Shara, J., Kadarisma, G., & Setiawan, W. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP pada Materi Fungsi Kuadrat. Journal on Education, 1(2), Article 2. https://doi.org/10.31004/joe.v1i2.95

Shela Mars, P. (2019). Identifikasi Kesalahan Siswa Berdasarkan Newman dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Persamaan Kuadrat Tingkat Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Silogisme, 4(1), Article 1. http://dx.doi.org/10.24269/silogisme.v4i1.1368

Siregar, N. R. (2017). Persepsi Siswa pada Pelajaran Matematika: Studi Pendahuluan pada Siswa yang Menyenangi Game. Prosiding Temu Ilmiah Nasional X Ikatan Psikologi Perkembangan Indonesia, 1, Article 0.

Sura, G. L., Tahmir, S., & Dassa, A. (2021). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal pada Materi Persamaan Kuadrat. Issues in Mathematics Education (IMED), 5(1), Article 1.

Syafmen, W. (2015). Identifikasi Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Matematika di SMA (Studi Kasus SMA N 11 kota Jambi). Kreatif, 17(3), Article 3. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/Kreatif/article/view/3356

Utami, H. S., & Puspitasari, N. (2022). Kemampuan pemecahan masalah siswa smp dalam menyelesaikan soal cerita pada materi persamaan kuadrat. Jurnal Inovasi Pembelajaran Matematika: PowerMathEdu, 1(1), 57–68. https://doi.org/10.31980/powermathedu.v1i1.1916

Utomo, H. N., Muhtarom, M., & Dwijayanti, I. (2024). Eksplorasi Media Interaktif Googles Site Dengan Alur Merdeka Berbasis Design Thinking. Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran, 4(1), 42–58. https://doi.org/10.51574/jrip.v4i1.1262

Valentina, A., & Wulandari, M. D. (2022). Media Pembelajaran Mabeta untuk Menguatkan Kemampuan Berhitung Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 8(3), 601–610. https://doi.org/10.31949/jcp.v8i3.2474

Vania Karinda, A., Kurnia Tumalun, N., & Filandi Kaunang, D. (2023). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika dengan Model SkematiK Fong. Jurnal Education and Development, 11(2), 207–213. https://doi.org/10.37081/ed.v11i2.4670




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v10i1.24190

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

          

Published by:


Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim RiauJalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: sjme.pmt@uin-suska.ac.id
Creative Commons License
Suska Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
 
STATCOUNTER

 

FLAG COUNTER

Flag Counter