Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita pada Materi Bangun Datar dengan Prosedur Newman

Meliana Damayanti, Selvi Loviana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kendala yang dihadapi siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika dan mengidentifikasi jenis kesalahan yang sering terjadi. Menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif, penelitian ini melibatkan 29 siswa sebagai subjek, dengan enam siswa terpilih mewakili berbagai jenis kesalahan berdasarkan nilai tes mereka. Data dikumpulkan melalui tes, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan terbesar yang dilakukan siswa adalah pada tahap penulisan jawaban akhir (35,9%), disebabkan oleh ketidakpahaman terhadap perintah soal dan kesalahan pada tahap sebelumnya. Kesalahan kedua adalah kesalahan keterampilan proses (27,6%), yang terjadi akibat kurangnya ketelitian dan terburu-buru dalam perhitungan. Kesalahan ketiga adalah transformasi (20,7%), yang disebabkan oleh ketidakmahiran dalam mengubah bahasa soal menjadi model matematika dan kurangnya pemahaman metode penyelesaian. Kesalahan terakhir adalah dalam memahami masalah (15,9%), yang dipengaruhi oleh ketidakpahaman terhadap perintah soal dan kelalaian dalam menulis informasi yang diberikan. Temuan ini memberikan wawasan yang lebih dalam mengenai kesalahan yang sering dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika sehingga dapat digunakan untuk merancang strategi pembelajaran yang lebih efektif guna meningkatkan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita dan mengasah keterampilan berpikir kritis mereka.


Keywords


bangun datar, kesalahan siswa, prosedur newman, soal cerita

References


Amir, A. (2016). Penggunaan Media Gambar dalam Pembelajaran Matematika. Jurnal Eksakta, 2(1), 34–40.

Amir, M. F. (2015). Proses Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar dalam Memecahkan Masalah Berbentuk Soal Cerita Matematika Berdasarkan Gaya Belajar. Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah di Bidang Pendidikan Matematika, 1(2), 343–354. https://doi.org/10.2/jquery.min.js

Anditiasari, N. (2020). Analisis Kesulitan Belajar ABK (Tuna Rungu) dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika. Mathline: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 5(2), 183–194. https://doi.org/10.31943/mathline.v5i2.162

Ardianzah, M., & Wijayanti, P. (2020). Analisis Kesalahan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Tahapan Newman Pada Materi Bangun Datar Segiempat. Mathedunesa, 9(1), 40–47. https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v9n1.p40-47

Aura, I., Hassan, L., & Hamari, J. (2021). Teaching Within a Story: Understanding Storification of Pedagogy. International Journal of Educational Research, 106, 101728. https://doi.org/10.1016/j.ijer.2020.101728

Farida, N. (2015). Analisis Kesalahan Siswa SMP Kelas VIII dalam Menyelesaikan Masalah Soal Cerita Matematika. Aksioma: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 4(2), 42–52. https://doi.org/10.24127/ajpm.v4i2.306

Hermaini, J., & Nurdin, E. (2020). Bagaimana Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dari Perspektif Minat Belajar? Juring: Journal for Research in Mathematics Learning, 3(2), 141–148. https://doi.org/10.24014/juring.v3i2.9597

Karnasih, I. (2015). Analisis Kesalahan Newman pada Soal Cerita Matematis (Newmans Error Analysis in Mathematical Word Problmes). Paradikma, 8(1), 37–51. https://doi.org/10.24114/paradikma.v8i1.3352

Kurnia, L., & Yuspriyati, D. (2020). Analisis Kesalahan Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Artimatika Sosial Berdasarkan Teori Newman. Jurnal Mathematics Paedagogic, 4(2), 116–119. https://doi.org/10.36294/jmp.v4i1.732

Laily, I. F. (2014). Hubungan Kemampuan Membaca Pemahaman dengan Kemampuan Memahami Soal Cerita Matematika Sekolah Dasar. Eduma: Mathematics education learning and teaching‏‏‎, 3(1), 52–62. https://doi.org/10.24235/eduma.v3i1.8

Paisa, F. Y., Sulangi, V. R., & Tilaar, A. L. F. (2022). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Sistem Persamaan Linier Dua Variabel Berdasarkan Prosedur Newman. Marisekola: Jurnal Matematika Riset Edukasi dan Kolaborasi, 3(1), 1–12. https://doi.org/10.53682/marisekola.v3i1.1107

Qoiriyah, N., Susilo, D., & Hariyani, S. (2021). Analisis Kesalahan Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Prosedur Newman. Sigma, 6(2), 156–165.

Sari, D. M. (2022). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Prosedur Newman pada Kelas XI MIPA 1 SMAN 5 Padang. Jurnal Tunas Pendidikan, 5(1), 87–97. https://doi.org/10.52060/pgsd.v5i1.870

Savitri, D., & Yuliani, A. (2020). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Permasalahan Trigonometri Ditinjau dari Gender Berdasarkan Newman. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(5), 463–474. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i5.463-474

Senita, A., & Kartini, K. (2021). Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Dimensi Tiga Kelas XI MIPA SMAN 1 Gunung Toar Berdasarkan Teori Newman. Juring: Journal for Research in Mathematics Learning, 4(3), 197–204. https://doi.org/10.24014/juring.v4i3.13529

Silviani, E., Mardiani, D., & Sofyan, D. (2021). Analisis Kemampuan Representasi Matematis Siswa SMP pada Materi Statistika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(3), 483–492. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i3.679

Situmorang, S. B., & Sitompul, P. (2024). Analisis Kesalahan Siswa dalam Memecahkan Masalah Matematis Berdasarkan Prosedur Newman di Kelas X SMA. Pedagogy: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 199–210. https://doi.org/10.30605/pedagogy.v9i1.3785

Surya, I. T. M., Suastika, I. K., & Sesanti, N. R. (2019). Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal-Soal Materi Operasi Bentuk Aljabar Berdasarkan Tahapan Newman Di Kelas VII SMP NU Bululawang. Rainstek: Jurnal Terapan Sains dan Teknologi, 1(1), 25–33. https://doi.org/10.21067/jtst.v1i1.3058

Utami, R. W., Endaryono, B. T., & Djuhartono, T. (2018). Kemampuan Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika. Faktor: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 5(3), 187–192. https://doi.org/10.30998/fjik.v5i3.2719

Yusdiana, B. I., & Hidayat, W. (2018). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMA pada Materi Limit Fungsi. JPMI: Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 1(3), 409–414. https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i3.P409-414




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v10i2.23563

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

          

Published by:


Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim RiauJalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: sjme.pmt@uin-suska.ac.id
Creative Commons License
Suska Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
 
STATCOUNTER

 

FLAG COUNTER

Flag Counter