PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) PADA SISWA KELAS V SD NEGERI 75 UJUNGPERO KECAMATAN SABBANGPARU KABUPATEN WAJO

Wahyuddin Wahyuddin

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil belajar matematika dengan penerapan pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together siswa Kelas V SD Negeri 75 Ujungpero Kecamatan Sabbangparu Kabupaten Wajo. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yang meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi yang selanjutnya tahap-tahap tersebut dirangkai pada siklus yang dilaksnakan pada siklus I dan siklus II. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 75 Ujungpero Kecamatan Sabbangparu Kabupaten Wajo  Tahun ajaran 2015/2016 sebanyak 10 orang yang terdiri atas 7 perempuan dan 3 laki-laki, jenis data yang digunakan adalah data kuantitatif dan data kualitatif yang terdiri dari : hasil belajar dan angket observasi yang dikumpulkan dengan cara pemberian tes kepada siswa dan data tentang situasi pembelajaran saat pelaksanaan tindakan diperoleh melalui format observasi dengan teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif tipe NHT cocok diterapkan pada siswa kelas V SD Negeri 75 Ujungpero Kecamatan Sabbangparu Kabupaten Wajo. Hal tersebut dapat dilihat dari meningkatnya hasil belajar siswa setelah diadakan pengembangan pembelajaran kooperatif tipe NHT, Hasil belajar yang diperoleh dari tes akhir siklus, pada akhir siklus I dengan skor rata-rata 64,50 dari skor ideal 100 dengan standar deviasi 14,03, sedangkan pada akhir siklus II dengan skor rata-rata 80 dari skor ideal 100 dengan standar deviasi 9,13, dan terjadi perubahan sikap siswa selama proses pembelajaran sesuai dengan hasil observasi yaitu dengan adanya penerapan model pembelajaran kooperatif tipe NHT dapat meningkatkan rasa percaya diri siswa untuk bertanya baik kepada guru maupun kepada temannya tentang materi yang tidak dimengerti serta dapat meningkatkan kehadiran siswa.


Full Text:

PDF

References


Depdiknas. (2003). Kurikulum 2004 Standar Kompetensi Sekolah Dasar. Jakarta : Depdiknas.

Lorina, Pirade. (2012). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Head Together Berbantuan Media Gambar untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Di Kelas IV SDN No. 1 Tanjung Padang: Palu. Universitas Tadulako. Elementary School of Education E-Journal, Media Publikasi Ilmiah Prodi PGSD Vol 2, Nomor 2, Juni 2014.

Mayong Maman, 2016. The Implementation of Cooperative Learning Model ‘Number Heads Together (NHT)’ in Im proving the Students’ Ability in Reading Comprehension. International Journal of Evaluation and Research in Education (IJERE) Vol.5, No.2, June 2016, pp. 174~180 ISSN: 2252-8822.

Nursyamsi. (2016). The Effect Of Numbered Heads Together (NHT) Learning Strategy on the Retention of Senior High School Students In Muara Badak, East Kalimantan, Indonesia. European Journal of Education Student. Volume 2, Issue 5, 2016.

Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran. Depok : PT Rajagrafindo Persada.

Salam, S.M. (2003). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Dengan Tipe STAD Pada Siswa Kelas I SMU Negeri 3 Takalar. Skripsi. Tidak diterbitkan. Makassar, FKIP: Unismuh Makassar.

Standar Kompetensi Mata Pelajaran Matematika SD & MI Standar Kompetensi Kurikulum. (2003). Departemen Pendidikan Nasional.

Suherman, Erman Dkk. (2003). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung : Jurusan Pendidikan Matematika FMIPA Universitas Pendidikan Indonesia.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v3i1.2332

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

          

Published by:


Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim RiauJalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: sjme.pmt@uin-suska.ac.id
Creative Commons License
Suska Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
 
STATCOUNTER

 

FLAG COUNTER

Flag Counter