Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Problem Based Learning untuk Memfasilitasi Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa

Eldina Saqilah, Annisah Kurniati, Depriwana Rahmi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan bahan ajar berupa  Lembar  Kerja  Siswa  (LKS)  berbasis  Problem  Based  Learning  (PBL) untuk memfasilitasi kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel (SPLDV) memenuhi kriteria valid dan praktis. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 13 Dumai tahun ajaran 2021/2022. Instrumen pengumpulan data berupa angket. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Berdasarkan uji validitas, LKS berbasis PBL dinyatakan kategori sangat. Berdasarkan uji praktikalitas, LKS berbasis PBL dinyatakan kategori sangat praktis. LKS berbasis PBL ini layak dan mudah digunakan untuk materi SPLDV, namun efektivitasnya terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa masih perlu diuji.


Full Text:

PDF

References


Agusdianita, N., & Asmahasanah, S. (2020). Penyusunan Perangkat Model Quantum Teaching Dalam Pembelajaran Matematika Menggunakan RME untuk Meningkatkan Prestasi Belajar, Kreativitas, dan Karakter. Attadib: Journal of Elementary Education, 4(1), 84–90. https://doi.org/10.32507/attadib.v4i1.633

Ariana, Y., Bestary, R., & Mohandas, R. (2018). Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi Pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi.

Ariso, J., Susanta, A., & Muktadir, A. (2023). Pengembangan LKS Matematika Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pembelajaran dan Pengajaran Pendidikan Dasar, 6(1), 16–29. https://doi.org/10.33369/jp3d.v6i1.12088

Bhoke, W., & Bara, F. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Pendekatan Penemuan Terbimbing Berbantuan Geogebra Untuk Membelajarkan Materi Trigonometri Pada. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 10429–10443. https://doi.org/10.31004/jptam.v5i3.2648

Cahyono, A. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Problem-Based Learning Berorientasi pada Kemampuan Berpikir Kreatif dan Inisiatif Siswa. Pythagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, 12(1), 1–11. https://doi.org/10.21831/pg.v12i1.14052

Elvionika, R., Kurniati, A., & Rahmi, D. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (Lks) Berbasis Problem Based Learning (PBL) pada Materi Pecahan SMP/MTs. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 6(2), 205–214. https://doi.org/10.24014/juring.v6i2.16362

Hadinurdina, H., & Kurniati, A. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Problem Solving untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Madrasah Tsanawiyah. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(3), 189–198. https://doi.org/10.24014/juring.v1i3.5398

Hagi, N., & Mawardi, M. (2021). Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar. Edukatif (Jurnal Ilmu Pendidikan), 3(2), 463–471. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.325

Helmiati. (2012). Model pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Hidayat, D., & Ihsan, I. (2020). Desain Pembelajaran Model Problem-Based Learning Terkait Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis dan Adversity Quotient Peserta Didik. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 1–9. https://doi.org/10.33365/jm.v2i2.731

Kosasih, E. (2018). Strategi Belajar dan Pembelajaran Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Yrama Widya.

Mulyatiningsih, E. (2014). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Riduwan. (2011). Skala Pengukuran Variabel-Variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Risanti, R., Darma, Y., & Hartono, H. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Problem Based Learning Berorientasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 127–135. https://doi.org/10.33365/jm.v3i2.1298

Sari, G., Gistituati, N., & Syarifuddin, H. (2019). The Effect of Guided Discovery Learning Method Toward Students’ Ability in Understanding Math Concept. International Journal of Educational Dynamics, 1(2), 54–60. https://doi.org/10.24036/ijeds.v1i2.82

Sari, I. P., Supandi, S., & Ariyanto, L. (2020). Pengembangan E-Learning Berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa Kelas VII. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(2), 102–107. https://doi.org/10.26877/imajinerv2i1.5770

Turmudi. (2009). Landasan Filosofis dan Teori Pembelajaran Matematika Berparadigma Eksploratif Dan Investigatif. Jakarta: Leuser Citra Pustaka.

Vera, M. (2019). Peningkatan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning pada Kelas 5 SDN Sidorejo Lor 05 Salatiga (Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW). Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FKIP-UKSW.

Widayanti, R., & Nur, K. D. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Matematika dan Aktivitas Siswa. Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 12–23. https://doi.org/10.33365/jm.v2i1.480




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v9i2.22138

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

          

Published by:


Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim RiauJalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: sjme.pmt@uin-suska.ac.id
Creative Commons License
Suska Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
 
STATCOUNTER

 

FLAG COUNTER

Flag Counter