Pengintegrasian Nilai Karakter dan Nilai Konservasi Pembelajaran Matematika Kurikulum Merdeka di Era Teknologi Society 5.0
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Abroto, Prastowo, A., & Anantama, R. (2021). Analisis Hambatan Proses Pembelajaran Daring dengan Menggunakan Aplikasi Whatsapp di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(3), 1632–1638. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i3.971
Ariningsih, I., & Amalia, R. (2020). Membangun Karakter Siswa melalui Pembelajaran matematika yang Berintegrasi Keislaman. Journal on Teacher Education, 1(2), 1–8. https://doi.org/10.31004/jote.v1i2.511
Azzet, A. M. (2016). Urgensi Pendidikan Karakter Di Indonesia : Revitalisasi Pendidikan Karakter Terhadap Keberhasilan Belajar dan Kemajuan Bangsa. Yogyakarta: Ar- Ruzz Media.
Darmansyah. (2012). Strategi Pembelajaran Menyenangkan dengan Humor. Jakarta: Bumi Aksara.
Dewi, Y. K. (2015). Pendidikan Karakter Siswa dalam Pembelajaran Matematika. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 124–131. https://doi.org/10.33654/math.v1i2.13
Fadillah, S. (2012). Pembentukan Karakter Siswa melalui Pembelajaran Matematika. Paradikma: Jurnal Pendidkan Matematika, 5(1), 142–148. https://doi.org/10.24114/paradikma.v6i2.1069
Gea, E. D., Sijabat, O. P., Simarmata, R. J., Situmorang, A. R., Naibaho, T., & Sitepu, S. (2022). Membangun Karakter Konservasi dan Nilai-nilai Matematika pada Pendidikan Matematika. Journal of Educational Learning and Innovation (ELIa), 2(2), 171–182. https://doi.org/10.46229/elia.v2i2.407
Hidayad, A., Masrukan, & Kartono. (2017). Instrumen Asesmen Sikap Siswa Berbasis Konservasi pada Pembelajaran Matematika SMP. Journal of Research and Educational Research Evaluation, 6(1), 30–38. https://doi.org/10.15294/jrer.v6i1.16205
Indrawati, F. (2020). Peningkatan Kemampuan Literasi Matematika di Era Revolusi Industri 4.0. SINASIS (Seminar Nasional Sains), 1(1), 382–386. Jakarta: Universitas Indraprasta PGRI. Diambil dari https://proceeding.unindra.ac.id/index.php/sinasis/article/view/4064
Irfan, M. (2016). Role of Learning Mathematics in the Character Building. International Conference on Education, 599–604. Malang: Universitas Negeri Malang.
Islamiah, N., Purwaningsih, W. E., Akbar, P., & Bernard, M. (2018). Analisis Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self Confidence Siswa SMP. Journal on Education, 1(1), 47–57. https://doi.org/10.31004/joe.v1i1.10
Ismail, M. J. (2021). Pendidikan Karakter Peduli Lingkungan dan Menjaga Kebersihan di Sekolah. Guru Tua : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(1), 59–68. https://doi.org/10.31970/gurutua.v4i1.67
Jaeng, M. (2016). Pendidikan Karakter melalui Pendidikan Matematika. Aksioma: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 13–25.
Khadijah, K., Suciati, I., Khaerani, K., Manaf, A., & Sutamrin, S. (2021). Schools’ Character Education Values and Students’ Mathematics Learning Achievement: A Meta-Analysis. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 40(3), 670–683. https://doi.org/10.21831/cp.v40i3.39924
Komara, E. (2018). Penguatan Pendidikan Karakter dan Pembelajaran Abad 21. SIPATAHOENAN: South-East Asian Journal for Youth, Sports & Health Education, 4(1), 17–26. https://doi.org/10.2121/sip.v4i1.991
Manalu, J. B., Sitohang, P., & Turnip, N. H. H. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar, 1(1), 80–86. Deli Serdang: Mahesa Research Center. https://doi.org/10.34007/ppd.v1i1.174
Mardiansyah Purmadi, R., Santika, D. M. J., & Wulandari, A. S. (2020). Pentingnya Pendidikan Konservasi Untuk Menjaga Lingkungan Hidup (Studi Kasus di Desa Cidahu, Kabupaten Kuningan). Jurnal Pusat Inovasi Masyarakat (PIM), 2(4), 602–606. Diambil dari https://journal.ipb.ac.id/index.php/pim/article/view/31390
Maryati, I., & Priatna, N. (2017). Integrasi Nilai-nilai Karakter Matematika melalui Pembelajaran Kontekstual. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(3), 333–344. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v6i3.322
Munandar, A. (2017). Kurikulum sebagai Jantung Pendidikan. Prosiding Seminar Nasional Pendidik dan Pengembang Pendidikan Indonesia, 130–143. Mataram: Asosiasi Pendidik dan Pengembang Pendidikan Indonesia (APPPI) Wilayah Propinsi NTB.
Nisa’, Z. E. K. (2019). Ethnomathematics Digital Comics (EDC) sebagai Media Pembelajaran untuk Meningkatkan Literasi Matematika dan Pendidikan Karakter pada Anak Usia Pendidikan Dasar. Prosiding Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya (KNPMP) IV, 24, 1–11. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta. Diambil dari http://publikasiilmiah.ums.ac.id/handle/11617/11055
Pertiwi, I., & Marsigit, M. (2017). Implementasi Pendidikan Karakter dalam Pembelajaran Matematika SMP di Kota Yogyakarta. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 153–165. https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i2.11241
Putri, R. J., Rahman, T., & Qonita. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Multiple Intelligences untuk Menyiapkan Siswa di Era Super Smart Society 5.0. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 871–879. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.415
Putriani, J. D., & Hudaidah. (2021). Penerapan Pendidikan Indonesia Di Era Revolusi Industri 4.0. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 831–838. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i3.407
Rahayu, L. A. (2021). Membangun Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Matematika. Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, 3(1), 397–404. Purwokerto: Universitas Muhammadiyah Purwokerto. Diambil dari http://seminarmat.ump.ac.id/index.php/semadik/article/view/335
Ridlo, S., & Irasdi, A. (2012). Pengembangan Nilai Karakter Konservasi berbasis Pembelajaran. Jurnal Penelitian Pendidikan, 29(2), 145–154.
Sadewo, Y. D., & Purnasari, P. D. (2021). Pengembangan Video Pembelajaran berorientasi Kebudayaan Lokal pada Sekolah Dasar. Sebatik, 25(2), 590–597. https://doi.org/10.46984/sebatik.v25i2.1649
Sufyadi, S., Lambas, Rosdiana, T., Rochim, F. A. N., Primadona, M., & Mahardika, R. L. (2021). Pembelajaran Paradigma Baru. Jakarta: Pusat Asesmen dan Pembelajaran Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan - Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi .
Wibowo, A. (2013). Manajemen Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Wijaya, E. Y., Sudjimat, D. A., & Nyoto, A. (2016). Transformasi Pendidikan Abad 21 sebagai Tuntutan Pengembangan Sumber Daya Manusia di era Global. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, 1, 263–278. Malang: Universitas Kanjuruhan Malang.
Windra. (2021). Pembelajaran Menyambut Era Society 5.0. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar. Deli Serdang: Mahesa Research Center.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v9i2.22075
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Published by:
FLAG COUNTER