PENGGUNAAN KOBESI DALAM MATEMATIKA GASING UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN MATERI PERKALIAN SISWA SD

Hendy Halyadi, Dede Agustianie, Tri Handayani, Hening Windria

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang peningkatan kemampuan pemahaman matematis siswa menggunakan KOBESI dalam Matematika GASING. Penelitian ini menggunakan pretest-posttest control group desain. Sampel penelitian melibatkan 24 siswa Sekolah Dasar di Desa Curug Sangereng yang terdiri dari 2 kelas yaitu kelas kontrol dan kelas eksperimen. Pengumpul data berupa soal tes kemampuan pemahaman matematis, dan pedoman wawancara. Dari pembahasan hasil penelitian, diketahui bahwa yang diterapkan pembelajaran matematika menggunakan KOBESI dalam Matematika GASING pada materi perkalian Sekolah Dasar terjadi peningkatan yang signifikan. Selain itu sebagian besar siswa menunjukkan sikap positif terhadap penggunaan KOBESI di dalam pembelajaran matematika, maka pembelajaran matematika dengan penggunaan KOBESI dalam Matematika GASING sangat potensial diterapkan di lapangan dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan

Full Text:

PDF

References


Bani, A. (2011). Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Penalaran Matematik Siswa Sekolah Menengah Pertama Melalui Pembelajaran Penemuan Terbimbing, SPS UPI, Bandung. UPI: Bandung.

Mediawati, E. (2011). Pembelajaran akuntansi keuangan melalui media komik untuk meningkatkan prestasi mahasiswa. Jurnal penelitian pendidikan, 12(1), 68-76.

National Council of Teachers of Mathematics. (2000). Principles and Standards for School Mathematics. America: Library of Congress Cataloguig in Publication Data.

Novianda, R., & Sudaryati, S. (2015). MENGEMBANGKAN PEMAHAMAN MATEMATIKA SISWA TERHADAP MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR DUA VARIABEL (SPLDV) DENGAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) DI SMP NEGERI 1 TAMBUN SELATAN. Jurnal Matematika Aplikasi dan Pembelajaran, 13(1).

Nurmasari, L. (2011). PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGHITUNG PERKALIAN MELALUI METODE JARIMATIKA PADA SISWA KELAS II SD NEGERI 3 PRINGANOM SRAGEN TAHUN PELAJARAN 2010/2011 (Doctoral dissertation, Universitas Sebelas Maret).

Partanto, Plus A. M. Dahlan AL-Bary, 1994. Kamus Ilmiah Populer, Surabaya : Arkolo

Surya, Yohannes. (2013). Petunjuk Guru: Dasar-dasar Pintar Berhitung GASING. Tangerang: PT Kandel.

Surya, Y., dan Moss, M. (2012). Mathematics Education in Rural Indonesia.Preceeding in the 12th International Congress on Mathematics Education: Topic Study Group 30, pp.6223-6229. Seoul: Korea National University of Education.

Siregar, J.H dkk. 2014. Learning the Critical Points For Addition in Matematika GASING, Journal on Mathematics Education, 5(2)pp. 160-169, Palembang

Sumaryati, E. (2013). Pendekatan Induktif-Deduktif Disertai Strategi Think-Pair-Square-Share Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman dan Berpikir Kritis serta Disposisi Matematis Siswa SMA. Jurnal Infinity, 2(1), 26-42.

Sukayati. (2003). Media Pembelajaran Matematika Sekolah Dasar.( Makalah Pelatihan Supervisi untuk Sekolah Dasar, tanggal 19 Juni s.d 12 Juli 2003, di PPPG Matematika Yogyakarta).

Sriyani, N., & Sabri, T. (2014). PENINGKATAN AKTIVITAS PESERTA DIDIK DALAM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM MENGGUNAKAN MEDIA REALIA DI SD. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 3(12).

West, L., & Bellevue, N. E. (2011). An Introduction to Various Multiplication Strategies.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v2i2.2149

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

          

Published by:


Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim RiauJalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: sjme.pmt@uin-suska.ac.id
Creative Commons License
Suska Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
 
STATCOUNTER

 

FLAG COUNTER

Flag Counter