Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android untuk Materi Aritmatika Sosial

Permata Salsabila, Marhamah Marhamah, Anggria Septiani Mulbasari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran interaktif berbasis Android untuk materi aritmatika sosial yang valid, praktis, dan efektif. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model tahapan ADDIE. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII.1 SMP Fitra Abdi Palembang. Data uji validitas dan kepraktisan produk dikumpulkan menggunakan teknik angket dan untuk keefektivannya digunakan soal tes. Persentase hasil angket validasi dan kepraktisan dihitung kemudian dibandingkan dengan kriteria kevalidan dan kepraktisan. Untuk analisis keefektivan, persentase jumlah peserta didik yang tuntas dibandingkan dengan kriteria keefektivan media. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data disimpulkan bahwa media pembelajaran interaktif berbasis android dinyatakan valid, praktis, dan efektif. Media pembelajaran interaktif berbasis Android ini layak, praktis dan efektif digunakan untuk materi aritmatika sosial.


Keywords


Android; aritmatika social; media pembelajaran interaktif

Full Text:

PDF

References


Andriani, M. R., & Wahyudi. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Power Point Interaktif Melalui Pendekatan Saintifik untuk Pembelajaran Tematik Integratif Peserta didik Kelas 2 SDN Bergas Kidul 03 Kabupaten Semarang. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(1), 143–157. doi: 10.24246/j.scholaria.2016.v6.i1.p143-157

Arif, A., & Mukhaiyar, R. (2020). Pengembangan Multimedia Interaktif pada Mata Pelajaran Dasar Listrik dan Elektronika Kelas X Teknik Instalasi Tenaga Listrik di SMK Muhammadiyah 1 Padang. JTEV (Jurnal Teknik Elektro dan Vokasional), 6(1), 114–119. doi: 10.24036/jtev.v6i1.107717

Audie, N. (2019). Peran Media Pembelajaran Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 586–595.

Dasmo, D., Lestari, A. P., & Alamsyah, M. (2020). Peningkatan Hasil Belajar Fisika Melalui Penerapan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Ispring Suite 9. SINASIS (Seminar Nasional Sains), 1(1). Diambil dari https://proceeding.unindra.ac.id/index.php/sinasis/article/view/3979

Dewi, M. D., & Izzati, N. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran PowerPoint Interaktif Berbasis RME Materi Aljabar Kelas VII SMP. Delta: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 8(2), 217–226. doi: 10.31941/delta.v8i2.1039

Dila, O. R., & Zanthy, L. S. (2020). Identifikasi Kesulitan Peserta didik dalam Menyelesaikan Soal Aritmatika Sosial. Teorema: Teori dan Riset Matematika, 5(1), 17–26. doi: 10.25157/teorema.v5i1.3036

Handayani, D., & Rahayu, D. V. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Menggunakan Ispring dan Apk Builder untuk Pembelajaran Matematika Kelas X Materi Proyeksi Vektor. Mathline : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 5(1), 12–25. doi: 10.31943/mathline.v5i1.126

Hapsari, D. I. S., & Fahmi, S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android pada Operasi pada Matriks. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 7(1), 51–60. doi: 10.24853/fbc.7.1.51-60

Heryuriani, B., & Musdayati. (2020). Pembelajaran Materi Aritmetika Sosial Dengan Pendekatan STEM. INOMATIKA, 2(2), 147–160. doi: 10.35438/inomatika.v2i2.191

Hikmah, S. N., & Maskar, S. (2020). Pemanfaatan Aplikasi Microsoft Powerpoint pada Peserta didik SMP Kelas VIII dalam Pembelajaran Koordinat Kartesius. Jurnal Ilmiah Matematika Realistik, 1(1), 15–19. doi: 10.33365/ji-mr.v1i1.215

Kartini, K. S., & Putra, I. N. T. A. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android pada Materi Hidrokarbon. Jurnal Pendidikan Kimia Undiksha, 5(1), 37–43. doi: 10.23887/jjpk.v5i1.33520

Khuzaini, N., & Sulistyo, T. Y. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Menggunakan Adobe Flash Cs6 pada Materi Segiempat dan Segitiga. KoPeN: Konferensi Pendidikan Nasional, 2(1), 178–183.

Kurniawan, M. F. T., & Rokhmani, L. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Android untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kewirausahaan (Studi Pada Kelas XI Apk SMK Muhammadiyah 3 Singosari Materi Aspek Organisasi). Jurnal Pendidikan Ekonomi, 12(1), 72–77. doi: https://dx.doi.org/10.17977/UM014v12i12019p072

Marlina, S. M., & Setiawan, W. (2021). Analisis Kesulitan Peserta didik dalam Mengerjakan Soal pada Materi Aritmatika Sosial Kelas VII. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 2373–2384. doi: 10.31004/cendekia.v5i3.650

Muhammad, H., Murtinugraha, R. E., & Musalamah, S. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran E-Learning Berbasis Moodle Pada Mata Kuliah Metodologi Penelitian : Jurnal Pensil : Pendidikan Teknik Sipil, 9(1), 54–60. doi: 10.21009/jpensil.v9i1.13453

Munawarah, Z., Burhanuddin, B., Sofia, B. F. D., & Hakim, A. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif berbantuan Aplikasi Articulate Storyline dalam Pembelajaran Kimia Kelas XI MIPA SMAN 1 Utan. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(4), 768–775. doi: 10.29303/jipp.v6i4.295

Rahman, G., Nurfajriani, N., & Jahroh, I. S. (2021). Pengaruh Multimedia Interaktif Berbasis Android terhadap Peningkatan Hasil Belajar dan Memotivasi Peserta didik. Prosiding Seminar Nasional Kimia, 67–72.

Saraswati, E., & Novallyan, D. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Untuk Pemahaman Konsep Trigonometri. IJER (Indonesian Journal of Educational Research), 2(2), 72–76. doi: 10.30631/ijer.v2i2.37

Setiyadi, M. W. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Biologi Berbasis Pendekatan Saintifik Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik. Journal of Educational Science and Technology (EST), 3(2), 102–112. doi: 10.26858/est.v3i2.3468

Shalikhah, M. (2019). Analisis Kesulitan Peserta didik SMP Negeri 3 Pleret pada Materi Aritmatika Sosial. Academy of Education Journal, 10(01), 44–54. doi: 10.47200/aoej.v10i01.270

Sina, I., Farlina, E., Sukandar. S., & Kariadinata, R. (2019). Pengaruh Multimedia Interaktif dalam Pembelajaran Matematika terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. Suska Journal of Mathematics Education, 5(1), 57-67. doi: 10.24014/sjme.v5i1.5081

Sulastio, B. S., Anggono, H., & Putra, A. D. (2021). Sistem Informasi Geografis untuk Menentukan Lokasi Rawan Macet di Jam Kerja pada Kota Bandarlampung pada Berbasis Android. Jurnal Teknologi Dan Sistem Informasi, 2(1), 104–111. doi: 10.33365/jtsi.v2i1.755

Wahyugi, R., & Fatmariza, F. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Menggunakan Software Macromedia Flash 8 Sebagai Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta didik Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(3), 785–793. doi:

Wulandari, N. (2020). Pengembangan media pembelajaran fisika berbasis android di SMA Negeri 3 Ngabang. Jurnal Pendidikan Informatika Dan Sains, 9(1), 21–27. doi: 10.31571/saintek.v9i1.1296

Wulandari, R. M., Widyaningrum, L., & Arini, L. D. D. (2021). Pengaruh Inovasi Cerdas pada Sistem Muskuloskeletal melalui Media Pembelajaran Interaktif Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(5), 3034–3042. doi: 10.31004/basicedu.v5i5.1205




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v9i2.20787

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

          

Published by:


Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim RiauJalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: sjme.pmt@uin-suska.ac.id
Creative Commons License
Suska Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
 
STATCOUNTER

 

FLAG COUNTER

Flag Counter