Analisis Soal Materi Statistika Pada Buku Teks Matematika SMP Berdasarkan Kognisi Statistik

Silfa Balqis M, Khairiani Idris, Nurul Akmal

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk menganalisis integrasi kognisi statistik dalam soal-soal materi statistika pada buku teks matematika SMP dari dua penerbit yang berbeda yaitu Kemendikbud dan Erlanga. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif yaitu mengkaji soal-soal statistika pada buku teks. Objek penelitian ini adalah semua soal statistik yang ada pada tiga buku teks dari dua penerbit yang berbeda. Statistika adalah suatu alat untuk mengumpulkan data, mengolah data, menarik kesimpulan dan lain-lain. Kognisi statistik penting bagi siswa karena mencankup proses berpikir yang kongkrit. Kognisi statistika mengacu pada 3 proses berfikir yaitu pengetahuan dasar statistik, penalaran statistik dan pemikiran statistik. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan terhadap 463 soal materi statistika, dapat disimpulkan bahwa komponen pengetahuan dasar statistik mendominasi semua soal pada buku teks. Namun buku terbitan kemendikbud lebih bervariasi dalam penyajian soal dibandingkan dengan buku terbitan Erlangga. Buku Kemendikbud 1 memiliki 139 soal, 68 (63%) soal diantaranya tergolong pengetahuan dasar statistik, 39 (28%) tergolong penalaran statistik, dan 13 (9%) tergolong berpikir statistik. Selanjutnya buku Kemendikbud 2 memiliki 47 soal, dimana 31 (65%) soal yang tergolong pengetahuan dasar statistik, 13 (28%) soal tergolong penalaran statistik dan 3 (7%) soal yang tergolong kategori berpikir statistik. Terakhir buku Erlangga memiliki 277 soal, dimana 271 (97%) soal tergolong pengetahuan dasar statistik, 5 (2%) soal tergolong penalaran statistik dan 1 (1%) soal tergolong berpikir statistik.

Keywords


analisis soal, kognisi statistika, soal statistika SMP

Full Text:

PDF

References


Amir, Z., & Risnawati. (2016). Psikologi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.

Anggraini, I. N., Muchlis, E. E., & Agustinsa, R. (2020). Analisis Soal pada Buku Teks Matematika Siswa Kelas VII Edisi Revisi 2017 Pada Materi Bilangan Berdasarkan Pada Taksonomi BLOOM. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 4(3), 350–362. https://doi.org/10.33369/jp2ms.4.3.350-362

Ben-Zvi, D., & Garfield, J. (1999). Statistical Literacy, Reasoning, and Thinking: Goals, Definitions, and Challenges. Dalam The Challenge of Developing Statistical Literacy, Reasoning, and Thinking (hlm. 15). https://doi.org/10.1007/1-4020-2278-6_1

Cahyono, B., & Adilah, N. (2016). Analisis Soal dalam Buku Siswa Matematika Kurikulum 2013 Kelas VIII Semester I Berdasarkan Dimensi Kognitif dari TIMSS. Jurnal Review Pembelajaran Matematika (JRPM), 1(1), 86–98. https://doi.org/10.15642/jrpm.2016.1.1.86-96

Chairani, Z. (2015). Perilaku Metakognisi Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika. Math Didactic: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(3), 200–210. https://doi.org/10.33654/math.v1i3.20

Hafiyusholeh, M., Budayasa, K., & Yuli Eko Siswono, T. (2017). Literasi Statistik: Siswa SMA dalam Membaca, Menafsirkan, dan Menyimpulkan Data. Prosiding SI MaNIs (Seminar Nasional Integrasi Matematika Dan Nilai-Nilai Islami), 1(1), 79–85.

Jukić Matić, L., & Gracin, D. (2016). The use of the textbook as an artefact in the classroom. Journal für Mathematik-Didaktik, 37, 349–374. http://dx.doi.org/10.1007/s13138-016-0091-7

Kai Lin, Y.-, & Idris, K. (2017). Opportunity to Learn Data Distribution through Reading Statistics Texts Written in English as a Second Language for Indonesian Pre-Service English as a Foreign Language Teachers. https://doi.org/10.6345/NTNU202201919

Maftuh, M. S. (2018). Profil Siswa SMA dalam Memecahkan Masalah Statistika Berdasarkan Tingkat Kemampuan Matematika. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 4(1), 71–86. https://doi.org/10.24853/fbc.4.1.71-86

Nugraha, M. R., & Basuki, B. (2021). Kesulitan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP di Desa Mulyasari pada Materi Statistika. Plusminus: Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 235–248. https://doi.org/10.31980/plusminus.v1i2.1259

Septiana, M., Khairiani, & Akmal, N. (2022). Analisis Soal Materi Statistika pada Buku Teks Matematika SMA Berdasarkan Kognisi Statistik. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika Al Qalasadi, 6(2), 135–146. https://doi.org/10.32505/qalasadi.v6i2.4856

Suhaida, D., & Suhandra, A. (2019). Analisis Buku Teks Kurikulum 2013 Sebagai Sumber Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Pada ISswa Kelas VII SMP Negeri 2 Sayan Kabupaten Melawi. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 3(1), 26–33. https://doi.org/10.31571/pkn.v3i1.1094

Suharman, A., & Ramadhona, R. (2020). Analisis Soal-Soal Uji Kompetensi Pada Buku Teks Matematika SMA Kelas XI Peminatan IPA Semester 1 Berdasarkan Tingkat Kognitif Taksonomi Bloom. Tanjak : Journal of Education and Teaching, 1(1), 45–50. https://doi.org/10.35961/tanjak.v1i1.81

Suharyono, E., & Rosnawati, R. (2020). Analisis Buku Teks Pelajaran Matematika SMP ditinjau dari Literasi Matematika. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(3), 451–462. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v9i3.819

Yurniwati, Y. (2015). Analisis Buku Teks Matematika Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah PGSD, 7(1), 53–60.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v9i1.19381

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

          

Published by:


Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim RiauJalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: sjme.pmt@uin-suska.ac.id
Creative Commons License
Suska Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
 
STATCOUNTER

 

FLAG COUNTER

Flag Counter