Hubungan Self Confidence terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Kelas VIII MTsS Muhammadiyah Alamanda Pasaman Barat
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menentukan apakah ada korelasi yang signifikan antara self confidence siswa kelas VIII MTsS Muhammadiyah Alamanda Pasaman Barat dengan kemampuan mereka untuk memecahkan masalah matematika. Studi ini menggunakan pendekatan deskriptif korelasional dan pendekatan kuantitatif Ex Post Facto. Instrumen penelitian ini menggunakan angket self confidence dan soal kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII. Dari hasil penelitian dan analisis data dengan menggunakan uji t disimpulkan bahwa ada korelasi signifikan antara self confidence terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika siswa kelas VIII di MTsS Muhammadiyah Alamanda
Full Text:
PDFReferences
Agsya, F. M., Maimunah, M., & Roza, Y. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa MTs. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 4(2), 31-44. https://doi.org/10.23969/symmetry.v4i2.2003
Aisyah, P. N., Nurani, N., Akbar, P., & Yuliani, A. (2018). Analisis Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self Confidence Siswa SMP. Journal on Education, 1(1), 58-65. https://doi.org/10.31004/joe.v1i1.11
Andayani, M., & Amir, Z. (2019). Membangun Self-Confidence Siswa melalui Pembelajaran Matematika. Desimal: Jurnal Matematika, 2(2), 147-153. https://doi.org/10.24042/djm.v2i2.4279
Aniswita, A., Fauzan, A., & Armiati, A. (2023). Students’ conceptual and procedural knowledge on integration: Reflections on calculus learning. AIP Conference Proceedings, 2698(1). https://doi.org/10.1063/5.0122392
Asiyah, A., Walid, A., & Kusumah, R. G. T. (2019). Pengaruh Rasa Percaya Diri Terhadap Motivasi Berprestasi Siswa pada Mata Pelajaran IPA. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 9(3), 217-226. https://doi.org/10.24246/j.js.2019.v9.i3.p217-226
Dantes, N. (2012). Metode Penelitain. CV Andi Offset.
Fadillah, N., & Fitraini, D. (2020). Pengaruh Penerapan Pendekatan Open-Ended terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis berdasarkan Self Confidence Siswa Madrasah Aliyah Kampar. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 3(1), 65-80. http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v9i1.19301
Fauziah, R., Maya, R., & Fitrianna, A. Y. (2018). Hubungan Self Confidence terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 1(5), 881-886 https://doi.org/10.22460/jpmi.v1i5.p881-886
Hadi, S., & Radiyatul, R. (2014). Metode Pemecahan Masalah Menurut Polya untuk Mengembangkan Kemampuan Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematis di Sekolah Menengah Pertama. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 53-61. http://dx.doi.org/10.20527/edumat.v2i1.603
Hidayat, N. (2015). Peran dan Tantangan Pendidikan Agama Islam di Era Global. Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol.12(No. 1), Article No. 1.
Lintang, A. C., & Wardani, S. (2017). PBL dengan APM untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Sikap Percaya Diri. Journal of Primary Education, 6(1), 27–34.
Niyah, R., Nursit, I., & Zauri, A. S. (2022). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah dan Koneksi Matematis ditinjau dari Self Confidence Peserta Didik pada Materi Bangun Datar Segiempat Kelas VII A SMP Nasional Malang. JP3 (Jurnal Penelitian, Pendidikan dan Pembelajaran), 17(12), 1-12.
Putri, R. I., & Santosa, R. H. (2015). Keefektifan strategi REACT ditinjau dari prestasi belajar, kemampuan penyelesaian masalah, koneksi matematis, self-efficacy. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 262-272. https://doi.org/10.21831/jrpm.v2i2.7345
Radiusman, R. (2020). Studi Literasi: Pemahaman Konsep Anak pada Pembelajaran Matematika. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 6(1), Article 1. https://doi.org/10.24853/fbc.6.1.1-8
Ramdan, Z. M., Veralita, L., Rohaeti, E. E., & Purwasih, R. (2018). Analisis Self Confidence Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMK Pada Materi Barisan dan Deret. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 7(2), 171-179. https://doi.org/10.24127/ajpm.v7i2.1335
Setiani, N. N., & Barokah, N. (2021). Urgensi Literasi Digital dalam Menyongsong Siswa Sekolah Dasar Menuju Generasi Emas Tahun 2045. Prosiding SEMAI: Seminar Nasional PGMI, 1, 411–427.
Siagian, M. D. (2016). Kemampuan Koneksi Matematik Dalam Pembelajaran Matematika. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 2(1), 58-67. https://doi.org/10.30743/mes.v2i1.117
Siahaan, E. M., Dewi, S., & Said, H. B. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Maslah Matematis Berdasarkan Teori Polya ditinjau dari Gaya Kognitif Field Dependent pada Pokok Bahasan Trigonimetri Kelas X SMAN 1 Kota Jambi. PHI: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 100-110. http://dx.doi.org/10.33087/phi.v2i2.37
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20. (2003). Sistem Pendidikan Nasional.
Veronica, A. R., Siswono, T. Y. E., & Wiryanto, W. (2022). Hubungan Berpikir Komputasi dan Pemecahan Masalah Polya pada Pembelajaran Matematika di Sekolah Dasar. ANARGYA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(1), 115-126. https://doi.org/10.24176/anargya.v5i1.7977
Yulianto, E., Prabawanto, S., Sabandar, J., & Wahyudin, W. (2019). Pola Matematis dan Sejarah Batik Sukapura: Sebuah Kajian Semiotika. JP3M (Jurnal Penelitian Pendidikan dan Pengajaran Matematika), 5(1), 15-30. https://doi.org/10.37058/jp3m.v5i1.658
Zubaidah, S. (2019). STEAM (Science, Technology, Engineering, Arts, and Mathematics): Pembelajaran untuk Memberdayakan Keterampilan Abad ke-21. Seminar Nasional Matematika dan Sains “STEAM Terintegrasi Kearifan Lokal dalam Menghadapi Era Revolusi Industri 4.0”. FKIP Universitas Wiralodra Indramayu.
Zulaikah, S. (2015). Silogisme matematik hubungannya dengan proses pembelajaran berpikir tingkat tinggi: Sebuah analisis filosofis—Walisongo Repository. https://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/4728/
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v9i2.19202
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Published by:
FLAG COUNTER