Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis ICARE
Abstract
Kurangnya bahan ajar yang memberikan latihan kepada siswa secara mandiri dalam menyelesaikan soal yang berkaitan dengan statistika menjadi latar belakang dikembangkannya LKS berbasis ICARE. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menghasilkan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis Introduction, Connection, Application, Reflection, Extension (ICARE) yang valid, praktis, dan efektif pada materi statistika. Jenis penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (research and development) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Penelitian dilakukan di salah satu SMP negeri yang ada di Bagan Sinembah. Subjek penelitian adalah validator dan siswa kelas VIII. Objek penelitian adalah LKS berbasis Introduction, Connection, Application, Reflection, Extension (ICARE) pada materi statistika. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif dan data kuantitatif dengan teknik pengumpulan data penyebaran angket dan soal tes. Instrumen yang digunakan adalah lembar angket dan lembar posttest. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik analisis data kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas LKS berbasis Introduction, Connection, Application, Reflection, Extension (ICARE) yang dikembangkan tergolong dalam kategori sangat valid dan sangat praktis baik untuk kelompok kecil maupun untuk kelompok terbatas. Hasil uji efektifitas yang diperoleh tersebut menunjukkan bahwa LKS yang dikembangkan sudah dapat dikatakan efektif. Jadi dapat disimpulkan bahwa LKS yang dikembangkan adalah valid, praktis dan efektif digunakan dalam kegiatan pembelajaran terkait materi statistika.
Full Text:
PDFReferences
Dwijayani, N. M. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran ICARE. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 8(2), 126–132. https://doi.org/10.15294/kreano.v8i2.10014
Majid, A. (20124). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosda karya.
Makhsun, N. (2020). Supervisi Akademik: Studi Peningkatan Kinerja guru MI dalam Pengembangan Bahan Ajar. Donggala: CV Pilar Nusantara.
Mana, F., Fadillah, S., & Haryadi, R. (2021). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis ICARE Materi Kesebangunan dan Kekongruenan pada Siswa SMP. Prosiding Nasional Pendidikan: LPPM IKIP PGRI Bojonegoro, 2(1), 1–7. Palopo: Universitas Cokroaminoto Palopo. https://doi.org/10.30605/PEDAGOGY.V4I2.1444
Maulana, P. A., & Riajanto, M. L. E. J. (2021). Analisis Kesulitan Pembelajaran Daring Siswa MTs Kelas VIII pada Materi Statistika di Masa Pandemi Covid-19. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(5), 1393–1404. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i5.1393-1404
Nikmaturrahma, Khikmiyah, F., & Fauziyah, N. (2023). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Berbasis ICARE (Introduction, Connection, Application, Reflection dan Extention) untuk Meningkatkan Kemandirian Belajar Siswa. Jurnal Math-UMB.EDU, 10(2), 68–80. https://doi.org/10.36085/MATHUMBEDU.V10I2.4706
Paramitha, N. (2018). Analisis Proses Berpikir Kreatif dalam Memecahkan Masalah Matematika Materi Aritmatika Sosial Siswa SMP Berkemampuan Tinggi. Jurnal Mitra Pendidikan, 1(10), 983–994. Diambil dari https://repository.uksw.edu//handle/123456789/16511
Ponidi, Dewi, N. A. K., Trsinawati, Puspita, D., Nagara, E. S., Kristin, M., Utami, B. H. (2021). Model Pembelajaran Inovatif dan Kreatif. Indramayu: Penerbit Adab.
Purwaningsih, Anggoro, B. S., & Fadila, A. (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran Matematika Materi Statistika Berbasis Icare (Introduction, Connection, Application, Reflection, Extention). Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(1), 189–197. Lampung: UIN Raden Intan Lampung. Diambil dari https://ejournal.radenintan.ac.id/index.php/pspm/article/view/4308
Rahmadhani, E., & Wahyuni, S. (2020). Integrasi Pembelajaran Matematika Berbasis ICARE dan Islam pada Materi Pecahan. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 4(1), 110–124. https://doi.org/10.33603/jnpm.v4i1.2874
Septantiningtyas, Niken, Shofiatun, Madanibillah, A., & Rahman, A. (2021). Pembelajaran Sains. Klaten: Lakeisha.
Suryanti, & Asrullah, M. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis ICARE pada Mata Pelajaran Matematika Siswa. Histogram: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 228–239. https://doi.org/10.31100/histogram.v3i2.487
Zubainur, C. M., & S, R. M. B. (2020). Perencanaan Pembelajaran Matematika (Banda Aceh). Syiah Kuala University Press.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v10i1.18708
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Published by:
FLAG COUNTER