Inovasi Video Animasi Realistic Mathematic Education (RME) untuk Mendukung Kemampuan Berpikir Kritis Siswa

Furqon Firmansyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengembangkan media pembelajaran berupa video animasi berbasis pendekatan Realistic Mathematic Education (RME) untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa. Metode yang digunakan adalah penelitian pengembangan dengan model 4D dari Thiagarajan yang mencakup tahapan define, design, develop, dan disseminate. Hasil validasi media menunjukkan rata-rata skor sebesar 98%, yang mencakup validitas isi, penyajian, dan grafis. Respon siswa terhadap media ini sangat positif, dengan peningkatan efektivitas pembelajaran sebesar 9%. Media ini tidak hanya membantu siswa memahami konsep abstrak secara konkret, tetapi juga meningkatkan motivasi dan keterlibatan siswa selama proses pembelajaran. Hasil penelitian ini dapat menjadi referensi untuk pengembangan media pembelajaran inovatif di bidang pendidikan.


Full Text:

PDF

References


Achmad, Z. A., Fanani, M. I. D., Wali, G. Z., & Nadhifah, R. (2021). Video Animasi Sebagai Media Pembelajaran Efektif bagi Siswa Sekolah Dasar di Masa Pandemi COVID-19. JCommsci - Journal Of Media and Communication Science, 4(2), 54–67. https://doi.org/10.29303/jcommsci.v4i2.121

Auliya, R. N. (2016). Kecemasan Matematika dan Pemahaman Matematis. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1), 12–22. https://doi.org/10.30998/formatif.v6i1.748

Daryanto. (2016). Media Pembelajaran Peranannya Sangat Penting Dalam Mencapai Tujuan Pembelajaran. Gava Media.

Fatmahanik, U. (2016a). Membentuk Karakter Peserta Didik Melalui Pembelajaran Matematika Realistik Di Madrasah Ibtidaiyah (Mi). Cendekia: Jurnal Kependidikan Dan Kemasyarakatan, 14(1), 109. https://doi.org/10.21154/cendekia.v14i1.550

Fatmahanik, U. (2016b). Realistic Mathematic Education (RME) Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Ibriez : Jurnal Kependidikan Dasar Islam Berbasis Sains, 1(1), 19–34. https://doi.org/10.21154/ibriez.v1i1.5

Lunenburg, F. C. (2011). Critical Thinking and Constructivism Techniques for Improving Student Achievement. National Forum of Teacher Education, 21(3), 1–9.

Mashudi. (2016). Penerapan Pendekatan Realistik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Mata Pelajaran Matematika Pokok Bahasan Sifat-sifat Bangun Ruang. JPSD (Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar), 2(1), 50–63. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.30870/jpsd.v2i1.667

Pangestu, A. R. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Animasi Stop Motion Pada Mata Pelajaran Geografi. Geodika: Jurnal Kajian Ilmu Dan Pendidikan Geografi, 5(2), 216–225. https://doi.org/10.29408/geodika.v5i2.3807

Prasetya, W. A., Suwatra, I. I. W., & Mahadewi, L. P. P. (2021). Pengembangan Video Animasi Pembelajaran Pada Mata Pelajaran Matematika. Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 5(1), 60–68. https://doi.org/https://doi.org/10.23887/jppp.v5i1.32509

Riduwan, Husdarta, J. S., Rusyana, A., & Enas. (2016). Skala pengukuran variabel-variabel penelitian (III). Alfabeta.

Rizaldi, E., Anugrah, F., Octiani, N. S., & Puji, F. (2023). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematika Siswa Ditinjau Dari Gaya Belajar Siswa. Jurnal Arjuna : Publikasi Ilmu Pendidikan, Bahasa Dan Matematika, 1(6), 213–219. https://doi.org/10.61132/arjuna.v1i6.323

Rosinta, H., Wibowo, E. W., & Farhurohman, O. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Budaya Lokal Banten Berbasis Teknologi Informasi untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 3(1), 13–24. https://doi.org/10.35878/guru.v3i1.593

Safitri, Z. D., & Miatun, A. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Ditinjau dari Gaya Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Karawang Barat. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 5(3), 3222–3238. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i3.828

Setiana, D. S., & Purwoko, R. Y. (2020). Analisis kemampuan berpikir kritis ditinjau dari gaya belajar matematika siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 7(2), 163–177. https://doi.org/10.21831/jrpm.v7i2.34290

Sukmana, J. (2018). Metode 2D Hybrid Animaton Dalam Pembuatan Film Animasi di Macromedia Flash Mx. Pseudocode, 5(1), 29–36. https://doi.org/10.33369/pseudocode.5.1.29-36

Suparno, D. (2020). Pengembangan Pembelajaran Berbasis Video Animasi. In Edukasi Indonesia.

Wedyawati, N., Febriani, V., & Warkintin. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Video Interaktif Belajar Mata Pelajaran IPAS Materi Energi dalam Kehidupan Sehari-Hari Siswa Kelas IV SD. 10(2), 975–985. https://doi.org/10.31932/jpdp.v10i2.3034

Weng, F., Yang, R. J., Ho, H. J., & Su, H. M. (2018). A tam-based study of the attitude towards use intention of multimedia among school teachers. Applied System Innovation, 1(3), 1–9. https://doi.org/10.3390/asi1030036




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v10i2.18696

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

          

Published by:


Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim RiauJalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: sjme.pmt@uin-suska.ac.id
Creative Commons License
Suska Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
 
STATCOUNTER

 

FLAG COUNTER

Flag Counter