Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Self Efficacy Siswa
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP Negeri 5 Muara Enim ditinjau dari self-efficacy siswa pada materi aritmatika sosial. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Sampel penelitian ini yaitu siswa kelas VII SMP Negeri 5 Muara Enim yang berjumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes kemampuan pemecahan masalah matematis dan angket self-efficacy siswa. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kuantitatif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa; 1) self-efficacy siswa terdiri dari self-efficacy tinggi (9 siswa), sedang (6 siswa), rendah (9 siswa); 2) keterampilan mengatasi masalah di kelas tinggi (5 siswa), sedang (11 siswa), rendah (8 siswa); 3) siswa yang memiliki self-efficacy tinggi dengan kemampuan pemecahan masalah tinggi dapat memenuhi keempat indikator kemampuan pemecahan masalah, siswa self-efficacy sedang dengan kemampuan pemecahan masalah sedang kurang mampu memenuhi keempat indikator kemampuan pemecahan masalah serta siswa yang memiliki self-efficacy rendah dengan kemampuan pemecahan masalah rendah tidak mampu memenuhi indikator pemecahan masalah. Jadi dapat disimpulkan bahwa semakin baik self-efficacy siswa maka semakin mudah untuk menyelesaikan masalah dan semakin rendah self-efficacy siswa, semakin sulit untuk mengatasi masalah
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Adetia, R., & Adirakasiwi, A. G. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau Dari Self-Efficacy Siswa. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(2), 526–536. https://doi.org/10.31949/educatio.v8i2.2036
Agustina, C. A., Rahayuningsih, S., & Ngatiman, N. (2018). Analisis Keyakinan Diri (Self Efficacy) Siswa SMA dalam Memecahkan Masalah Matematika Ditinjau dari Perbedaan Gender. MAJAMATH: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(2), 103–116.
Aisyah, P. N., Nurani, N., Akbar, P., & Yuliani, A. (2018). Analisis Hubungan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self Confidence Siswa SMP. Journal on Education, 1(1), 58–65. https://doi.org/10.31004/joe.v1i1.11
Akbar, P., Hamid, A., Bernard, M., & Sugandi, A. I. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah dan Disposisi Matematik Siswa Kelas XI SMA Putra Juang dalam Materi Peluang. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 144–153. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.62
Endah, D. R. J., Kesumawati, N., & Andinasari, A. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Self Efficacy Siswa Melalui Logan Avenue Problem Solving-Heuristic. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 3(2), 207–222. https://doi.org/10.33603/jnpm.v3i2.2331
Fitri, I. (2017). Peningkatan Self Efficacy terhadap Matematika dengan Menggunakan Modul Matematika Kelas VIII SMP Negeri 2 Bangkinang. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 1(2), 25–34. https://doi.org/10.31004/cendekia.v1i2.17
Fitria, R. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Materi Aritmatika Sosial kelas VII SMP dalam Pemebelajran Matematika. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(2), 786–792. https://doi.org/10.31004/jptam.v2i4.42
Fitriani, D., & Fitri, I. (2018). Penerapan Pembelajaran Kooperatif dengan Pendekatan Struktural Think Pair Share Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 88–96. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.35
Imaroh, A., Umah, U., & Asriningsih, T. M. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika ditinjau dari Self Efficasy Siswa pada Materi Sistem Persamaan Tiga Variabel. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 4(4), 843–856. https://doi.org/10.22460/jpmi.v4i4.p%p
Indahsari, I. N., Situmorang, J. C., & Amelia, R. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self Efficacy Siswa MAN. Journal on Education, 1(2), 256–264. https://doi.org/10.31004/joe.v1i2.55
Jatisunda, M. G. (2017). Hubungan Self-Efficacy Siswa SMP dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. 1(2), 7.
Latifah, T., & Afriansyah, E. A. (2021). Kesulitan dalam Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa pada Materi Ststistika. Journal of Authentic Research on Mathematics Education (JARME), 3(2), 134–150. https://doi.org/10.37058/jarme.v3i2.3207
Monica, H., Kesumawati, N., & Septiati, E. (2019). Pengaruh Model Problem Based Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Keyakinan Matematis Siswa. MaPan, 7, 155–166. https://doi.org/10.24252/mapan.2019v7n1a12
Nasruddin, N., & Jahring, J. (2019). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Reciprocal Teaching dalam Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa. SAINTIFIK, 5(1), 27–35. https://doi.org/10.31605/saintifik.v5i1.195
Natonis, M., Mamoh, O., & Maifa, T. S. (2021). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah pada Materi Aritmatika Sosial Kelas VII. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika (SEMNASDIKA) Program Studi Pendidikan Matematika, Universitas Timor, 1, 51–61.
Putra, H. D., Putri, A., Lathifah, A. N., & Mustika, C. Z. (2018). Kemampuan Mengidentifikasi Kecukupan Data pada Masalah Matematika dan Self-Efficacy Siswa MTs. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(1), 48–61. https://doi.org/10.33603/jnpm.v2i1.862
Rukmana, A. D., Nurdin, E., & Kurniati, A. (2021). Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Learning Cycle 7E Ditinjau dari Self Efficacy. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 4(1), 41–50. https://doi.org/10.24014/juring.v4i1.12400
Sholihah, I., Munawwir, Z., & Noervadila, I. (2020). Analisis Efikasi Diri dalam Pemecahan Masalah Matematis Peserta Didik Kelas XI MA Darul Ulum. Jurnal Pendidikan dan Kewirausahaan, 8(1), 66–76. https://doi.org/10.47668/pkwu.v8i1.69
Tahir, T., & Kurniawan, P. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Penemuan Terbimbing terhadap Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Mahasiswa. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(4), 1059–1066. https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i4.3003
Utami, R. W., & Wutsqa, D. U. (2017). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika dan self-efficacy siswa SMP negeri di Kabupaten Ciamis. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 4(2), 166–175. https://doi.org/10.21831/jrpm.v4i2.14897
Yuliyani, R., Handayani, S. D., & Somawati, S. (2017). Peran Efikasi Diri (Self-Efficacy) dan Kemampuan Berpikir Positif terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 7(2). https://doi.org/10.30998/formatif.v7i2.2228
Yuwono, T., Supanggih, M., & Ferdiani, R. D. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Prosedur Polya. Jurnal Tadris Matematika, 1(2), 137–144. https://doi.org/10.21274/jtm.2018.1.2.137-144
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v8i2.18568
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Published by:
FLAG COUNTER