Validitas dan Praktikalitas Lembar Kerja Siswa Berbasis Pendekatan Open-ended pada Materi Sistem Persamaan Tiga Variabel
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Azzahra, R. H., & Pujiastuti, H. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Pada Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel. Transformasi : Jurnal Pendidikan Matematika dan Matematika, 4(1), 153–162. https://doi.org/10.36526/tr.v4i1.876
BSNP. (2014). Buletin BSNP: Media Komunikasi dan Dialog Standar Pendidikan. Badan Standar Nasional Pendidikan.
Cardo A.P., D., Napisah, D., Wungo, D. D., Utama, G. D., &
Ambarawati, M. (2020). Analisis Kesulitan Siswa dalam Mempelajari Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel. Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 27–42. https://doi.org/10.31537/laplace.v3i1.311
Fadillah, N., & Fitraini, D. (2020). Pengaruh Penerapan Pendekatan Open-Ended terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis berdasarkan Self Confidence Siswa Madrasah Aliyah Kampar. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 3(1), 065–080. https://doi.org/10.24014/juring.v3i1.9114
Gustafson, K. L., & Branch, R. M. (2002). Survey of Instructional Development Models. Diambil dari https://files.eric.ed.gov/fulltext/ED477517.pdf
Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Juwita, R., Utami, A. P., & Wijayanti, P. S. (2019). Pengembangan LKS Berbasis Pendekatan Open-Ended Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 35–43. https://doi.org/10.31000/prima.v3i1.814
Kemendikbud. (2020). Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Indonesia.
Lestari, K. E ., & Yudhanegara, M. R. (2015). Penelitian Pendidikan Matematika. Bandung: PT. Refika Aditama.
MZ, Z.A., & Risnawati. (2015). Psikologi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Aswaja Pressindo.
Nana. (2019). Pengembangan Bahan Ajar. Jawa Tengah: Lakeisha.
Nurdin, E. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Berbasis Pendekatan Terbimbing untuk Memfasilitasi Kemampuan Representasi Matematis Mahasiswa. Suska Journal of Mathematics Education, 5(2), 111. https://doi.org/10.24014/sjme.v5i2.7304
Nurdin, E., Herlina, R., Risnawati., & Granita. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Pendekatan Open-Ended untuk Memfasilitasi Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Madrasah Tsanawiyah. Jurnal Mercubuana: Jurnal Penelitian Matematika Dan Penddikan Matematika, 4(1), 21-31. https://doi.org/10.26486.v4i1.500
Prastowo, A. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: DIVA press.
Purwasi, L. A., & Fitriyana, N. (2019). Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Pendekatan Open-Ended Untuk Melatih Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(1), 18–26. https://doi.org/10.15294/kreano.v10i1.16825
Roehati, E. E., Hendriana, H., & Utari Sumarmo. (2019). Pembelajaran Inovatif Matematika Bernuansa Pendidikan Nilai dan Karakter. Bandung: Refika Aditama.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suherman, E. (2001). StrategiPembelajaran Matematika Kontemporer. Jakarta: Gramedia.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v8i1.16990
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Published by:
FLAG COUNTER