Eksperimen Strategi Pembelajaran GI dan TAI pada Mata Pelajaran Matematika SMP

Wiwin Astuti

Abstract


Penelitian ekperimental ini dilakukan untuk menguji efektivitas strategi pembelajaran Team Asisted Individualization (TAI) dan Group Investigation (GI) terhadap prestasi belajar matematika siswa. Eksperimen dilakukan di SMP N 2 banyudono dengan populasi seluruh siswa kelas VIII di sekolah tersebut. Sampel diambil dengan teknik cluster random sampling sehingga diperoleh 2 kelompok sampel. Sampel pertama terdiri dari 27 siswa yang diimplementasikan strategi pembelajaran GI. Kelompok sampel kedua terdiri dari 29 siswa yang diimplementasikan strategi pembelajaran TAI. Data dalam penelitian ini dikumpulkan menggunakan metode tes untuk mengukur prestasi belajar matematika dan dokumentasi untuk kelengkapan data yang dibutuhkan. Instrument tes diuji cobakan terlebih dahulu sebelum digunakan untuk mengambilan data hingga diperoleh intrumen yang valid dan reliabel. Setelah data diperoleh, dilakukanlah prasyarat uji berupa uji normalitas dan uji homogenitas. Uji analisis menggunakan independent sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh strategi pembelajran terhadap prestasi belajar matematika, yaitu siswa dengan strategi pembelajaran GI lebih baik dari pada TAI.

Keywords


GI, TAI, Prestasi Belajar Siswa.

Full Text:

PDF

References


Alamsyah, N. (2016). Pengaruh Konsep Diri terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMAN 102 Jakarta. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(2), 155–164.

Andriani, L. (2016). Pengaruh Pembelajaran Matematika Menggunakan Strategi Inkuiri Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika. Suska Journal of Mathematics Education, 2(1), 52-56. https://doi.org/10.24014/sjme.v2i1.1443

Andriani, M., & Fitraini, D. (2016). Penerapan Strategi Think-Talk-Write Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematika Mahasiswa Pgmi Semester Ii Uin Suska Riau. Suska Journal of Mathematics Education, 2(2), 117-124. https://doi.org/10.24014/sjme.v2i2.1985

Anitah, S. (2008). Strategi Pembelajaran Matematika. Jakarta: Universitas Terbuka.

Astuti, I. P. (2017). Eksperimentasi Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT), Group Investigation (GI) dan Team Assisted Individualization (TAI) terhadap Hasil Belajar Matematika. (Konferensi Nasional Penelitian Matematika dan Pembelajarannya II (KNPMP II)), 378–383. surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Ayuwanti, I. (2017). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation di SMK Tuma’ninah Yasin Metro. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 1(2), 105–114. https://doi.org/10.30998/sap.v1i2.1017

Christina, L. V., & Kristin, F. (2016). Efektivitas Model Pembelajaran Tipe Group Investigation (Gi) dan Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) dalam Meningkatkan Kreativitas Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas 4. Scholaria : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 6(3), 217-230. https://doi.org/10.24246/j.scholaria.2016.v6.i3.p217-230

Cintamulya, I. (2012). Peranan Pendidikan Dalam Mempersiapkan Sumber Daya Manusia Era Informasi dan Pengertahuan. Formatif : Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2), 90–101.

Fitriana, S. (2015). Pengaruh Efikasi Diri, Aktivitas, Kemandirian Belajar Dan Kemampuan Berpikir Logis Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Siswa Kelas Viii Smp Negeri. Journal of Educational Science and Technology (EST), 1(2), 86–101. https://doi.org/10.26858/est.v1i2.1517

Haddar, G. Al, & Novita, A. (2020). Peningkatan Hasil Belajar IPA dengan Metode Teams Assisted Individualization. Science, and Physics Education Journal (SPEJ), 3(2), 76–90. https://doi.org/10.31539/spej.v3i2.1190

Johnson, D. W., Johnson, R. T., & Stanne, M. B. (2000). EXHIBIT B –– Cooperative Learning Methods: A Meta Analysis Cooperative Learning Methods: A Meta-Analysis.

Kurniawan, D. (2011). Pebelajaran Terpadu: Teori, Praktik dan Penilaian. Bandung: Pustaka Cendikia Utama.

Mantiri, J. (2019). Peran Pendidikan dalam Menciptakan Sumber Daya Manusia Berkualitas di Provinsi Sulawesi Utara. Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila Dan Kewarganegaraan, 3(1), 20-26.

Muhardi, M. (2004). Kontribusi pendidikan dalam meningkatkan kualitas bangsa Indonesia. Mimbar: Jurnal Sosial dan Pembangunan, 20(4), 478-492.

Panjaitan, B. (2020). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar dan Pemahaman Matematika Siswa pada Materi Statistika Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Assisted Individualization (TAI) Kelas XII IPS 1 Semester Ganjil SMA Negeri 5 Kota Jambi Tahun Pelajaran 2019/2020. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 10(1), 52-65. https://doi.org/10.33087/dikdaya.v10i1.159

Pratiwi, M. I., & Hasibuan, I. M. (2016). Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe the Learning Cell Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Smk Dwi Sejahtera Pekanbaru. Suska Journal of Mathematics Education, 2(2), 77-80. https://doi.org/10.24014/sjme.v2i2.1404

Rusman. (2011). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Slavin. (2008). Cooperative Learning Teori Riset dan Praktik. Jakarta: Nusa Media.

Sofyan, A., & Ratumanan, T. G. (2018). The Effect of Learning and Independence Activitieson Studentd Mathematical Learning Outcomes of Sma Negeri 21 Ambon. Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 17–24.

Suprihatini, S. (2020). Model Pembelajaran Group Investigation Untuk Meningkatkan Kemampuan Berfikir Kreatif. Utile: Jurnal Kependidikan, 6(2), 366–376. https://doi.org/10.37150/jut.v6i2.1008

Susanto, H. P. (2016). Analisis Hubungan Kecemasan, Aktivitas, dan Motivasi Berprestasi dengan Hasil Belajar Matematika Siswa. Beta Jurnal Tadris Matematika, 9(2), 134-147.

Suyitno, Anitasari, M. E., Rakha, Kamin, Y. Bin, & Nurtanto, M. (2022). Learning Model to Improve The Learning Outcome of The Starter Motor Electrical System in VHS. 28(1), 32–46.

Tampubolon, D. P. (2001). Perguruan Tinggi Bermutu: Paradigma Baru Manajemen Pendidikan Tinggi Menghadapi Tantangan Abad ke-21. PT. Gramedia Pustaka Ilmu, XX(4), 345–346.

Widiansyah, A. (2018). Peranan Sumber Daya Pendidikan sebagai Faktor Penentu dalam Manajemen Sistem Pendidikan. Manajemen Sistem Pendidikan. Cakrawala, 18(2), 229–234.

Yusrina, N., Sumargiyani, S., & Tobing, A. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Matematika Siswa Kelas Vii G Smp Negeri 15 Yogyakarta. PROSIDING SENDIKA, 6(2).




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v8i2.16254

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

          

Published by:


Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim RiauJalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: sjme.pmt@uin-suska.ac.id
Creative Commons License
Suska Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
 
STATCOUNTER

 

FLAG COUNTER

Flag Counter