MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH

mikrayanti mikrayanti

Abstract


Kajian ini membahas hasil temuan kemampuan penalaran matematis siswa melalui pembelajaran berbasis masalah dengan desain Kuasi eksperimen Nonequivalent Control Group Designmenggunakan teknik Purposive Sampling.Instrumen penelitian ini adalah tes kemampuan penalaran matematis dan lembar observasi yang dilakukan tiga sekolah menengah atas dengan kategori baik, cukup dan kurang di Kabupaten Bima. Analisis data dilakukan dengan menggunakan uji t, uji t', uji U Mann-Whitney.Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada peningkatan kemampuan penalaran matematis siswa melalui pendekatan pembelajaran berbasis masalah pada sekolah kategori baik, cukup dan kurang.

Keywords


pembelajaran berbasis masalah, kemampuan penalaran matematis.

Full Text:

PDF

References


Depdiknas. (2002). Kurikulum Berbasis Kompetensi Mata Pelajaran Matematika. Jakarta: Depdiknas.

Depdiknas. (2006). Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Depdiknas.

Hulu, P. (2009). Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematik Siswa SMP Menggunakan Pendekatan Pembelajaran Berbasis Masalah. Tesis pada PPs UPI. Bandung: Tidak diterbitkan.

Ismaimuza, D. (2010). Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Matematis Siswa SMP Melalui Pembelajaran Berbasis Masalah Dengan Strategi Konflik Kognitif. Disertasi pada PPs UPI. Bandung: Tidak Diterbitkan.

Jackson, L. (2000). Increasing Critical Thinking Skills to Improve Problem-Solving Ability in Mathematics. [Online]. Tersedia: http://www.eric.ed.gov/ERICDocs/data/ericdocs2sql/content_storage_01/0000019b/80/16/9e/bd.pdf.

NCTM. (2000). Principles And Standards For School Mathematics. Reston, VA: NCTM.

NCTM. [National Council of Teachers of Mathematics]. (2000a). Principles And Standards For School Mathematics. Reston, VA: NCTM.

NCTM. [National Council of Teachers of Mathematics]. (2000b). Mathematics Assesment: A Practical Handbook for Grades 6-8. Reston: VA: NCTM.

Priatna, N. (2003). Kemampuan Penalaran Matematika Siswa Kelas 3 Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama Negeri Di Kota Bandung. Disertasi pada PPs UPI. Bandung : tidak dipublikasikan.

Ruseffendi, H. E. T. (2006). Pengantar kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika untuk Meningkatkan CBSA. Bandung: Tarsito.

Sabandar, J. (2005). Pertanyaan Tantangan dalam Memunculkan Berpikir Kritis dan Kreatif dalam Pembelajaran Matematika. Makalah Disajikan dalam Seminar Nasional, FPMIPA UPI, 20 Oktober.

Shadiq, F. (2004). Pemecahan Masalah, Penalaran dan Komunikasi. Yogyakarta: PPPG Matematika.

Soedjadi, R. (2000). Kiat Pendidikan Matematika di Indonesia. Jakarta: Dirjen Dikti Depdinas.

Somatanaya, A. A. G. (2005). Meningkatkan Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SLTP melalui Pembelajaran dengan Metode Inkuiri. Tesis pada PPs UPI. Bandung : tidak dipublikasikan.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sumarmo, U. (1987). Kemampuan Pemahaman dan Penalaran Matematika dengan Kemampuan Penalaran Logik Siswa dan Beberapa Unsur Proses Belajar Mengajar. Disertasi doktor PPS UPI Bandung:tidak dipublikasikan.

Tinggi, E. (1972). Pengertian Matematik. Yogyakarta: Karya

Wahyudin. (1999). Kemampuan Guru Matematika, Calon Guru Matematika Dan Siswa dalam Pelajaran Matematika. Disertasi pada PPs UPI. Bandung: tidak dipublikasikan.

Wahyudin. (2003). Matematika dan Kurikulum Berbasis Kompetensi. Mimbar Pendidikan. No.2 Tahun XXII. Bandung : University Press UPI.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v2i2.1547

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

 

          

Published by:


Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim RiauJalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: sjme.pmt@uin-suska.ac.id
Creative Commons License
Suska Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
 
STATCOUNTER

 

FLAG COUNTER

Flag Counter