Analisis Kebutuhan Pengembangan Modul Digital Etnomatematika Pada Pokok Bahasan Segiempat dan Segitiga
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aini, H. N., & Fathoni, A. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Matematika Berbasis Budaya Lokal Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(4), 6167–6174. doi: 10.31004/basicedu.v6i4.3191
Amran, A., Suhendra, S., Wulandari, R., & Farrahatni, F. (2021). Hambatan Siswa dalam Pembelajaran Daring pada Mata Pelajaran Matematika pada Masa Pandemik Covid-19 di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(6), 5179–5187. doi: 10.31004/basicedu.v5i6.1538
Ardianingsih, A., Lusiyana, D., & Rahmatudin, J. (2019). Penerapan Pembelajaran Realistic Mathematic Education Berbasis Etnomatematika untuk Meningkatkan HOTs Matematik Siswa. Mathline : Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 4(2), 148–161. doi: 10.31943/mathline.v4i2.117
Avelia, L. T., Nugraheni, F. A., & Palma, D. I. (2020). Etnomatematika pada Kain Tapis Lampung Motif Pucuk Rebung. ProSANDIKA UNIKAL (Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika Universitas Pekalongan), 1(1), 373–382.
Ayuningtyas, A. D., & Setiana, D. S. (2019). Pengembangan Bahan Ajar Matematika Berbasis Etnomatematika Kraton Yogyakarta. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 8(1), 11–19. doi: 10.24127/ajpm.v8i1.1630
Daryanto, & Darmiatun, S. (2013). Menyusun modul: Bahan ajar untuk persiapan guru dalam mengajar / Daryanto ; editor, Suryatri Darmiatun | OPAC Perpustakaan Nasional RI. Yogyakarta: Gava Media. Retrieved from https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=989414
Habibi, H., & Suparman, S. (2020). Literasi Matematika dalam Menyambut PISA 2021 Berdasarkan Kecakapan Abad 21. JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), 6(1), 57–64. doi: 10.30998/jkpm.v6i1.8177
Habibi, & Suparman. (2021). Literasi Matematika dalam Menyambut PISA 2021 Berdasarkan Kecakapan Abad 21. JKPM: Jurnal Kajian Pendidikan Matematika, 2682(2020), 57–64.
Hardiarti, S. (2017). Etnomatematika: Aplikasi Bangun Datar Segiempat pada Candi Muaro Jambi. AKSIOMA : Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 8(2), 99–109. doi: 10.26877/aks.v8i2.1707
Irrawan, B. H., Wahyudi, W., & Ngatman, N. (2022). Analisis Penggunaan Teknologi Informasi dan Komunikasi pada Proses Pembelajaran Matematika di Kelas V SD Negeri. Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 10(1). doi: 10.20961/jkc.v10i1.55272
Kurniasari, I., Rakhmawati, R., & Fakhri, J. (2018). Pengembangan E-Module Bercirikan Etnomatematika pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Indonesian Journal of Science and Mathematics Education, 1(3), 227–235. doi: https://doi.org/10.24042/ijsme.v1i3.3597
Lestari, J. I., & Hasratuddin. (2023). Pembelajaran Matematika Berbasis Etnomatematika Pada Permainan Jual Beli Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Kelas III SDN 112319 Bulu Sari. Jurnal Adijaya Multidisplin, 1(01), 133–138.
Masruroh, M., Zaenuri, Z., Walid, W., & Waluya, S. B. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis pada Pembelajaran Berbasis Etnomatematika. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 1751–1760. doi: 10.31004/cendekia.v6i2.1056
Matondang, K., Hasratuddin, H., & Armanto, D. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran RME Berbantuan ICT untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi dan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 4(1), 22I8-241. doi: 10.33487/edumaspul.v4i1.241
Merliza, P. (2016). Peranan Kemampuan Abstraksi Peserta Didik dalam Pembelajaran Matematika Melalui Soal Rich Context Persamaan Linear Dua Variabel. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 104–110.
Merliza, P. (2021). Studi Etnomatematika: Eksplorasi Konsep Matematika pada Permainan Tradisional Provinsi Lampung. Suska Journal of Mathematics Education, 7(1), 21–30. doi: 10.24014/sjme.v7i1.12537
Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative data analysis: A methods sourcebook (third). Arizona: Sage Publication,Inc.
Najuah, Lukitoyo, P. S., & Wirianti, W. (2020). Modul Elektronik: Prosedur Penyusunan dan Aplikasinya. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Nuh, Z. M., Hasanah, N., & Hanafi, I. (2021). Kontruksi Matematika Berbasis Budaya Melayu Sebuah Pendekatan Etnomatematika. Nusantara; Journal for Southeast Asian Islamic Studies, 17(2), 76–82. doi: 10.24014/nusantara.v17i2.16521
OECD. (2018). Publication Programme For International Student Assessment (PISA) 2018 Result. Retrieved from https://www.oecd.org/pisa/publications/pisa-2018-results.htm
Qomalasari, E. N., Karlimah, K., & Respati, R. (2021). Analisis Kebutuhan Pengembangan E-Modul Materi Bilangan Pecahan di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 1890–1900. doi: 10.31004/edukatif.v3i4.1027
Rahmawati, L., Zaenuri, & Hidayah, I. (2023). Pembelajaran Bernuansa Etnomatematika Sebagai Upaya Menumbuhkan Karakter Cinta Budaya dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis. Journal Of Authentic Research On Mathematics Education (Jarme), 5(1), 25–32. doi: https://doi.org/ 10.37058/jarme.v5i1.5984
Ralmugiz, U., & Merliza, P. (2020). Desain Pembelajaran matematika untuk SMK dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education. Jawa Timur: Uwais Inspirasi Indonesia. Retrieved from https://bukuajar.com/desain-pembelajaran-matematika-untuk-smk-dengan-pendekatan-realistic-mathematics-education.html
Richardo, R. (2020). Pembelajaran Matematika Melalui Konteks Islam Nusantara: Sebuah Kajian Etnomatematika di Indonesia. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 3(1), 73–82. doi: 10.21043/jpm.v3i1.6998
Richardo, R., Martyanti, A., & Suhartini, S. (2018). Analisis Validitas dan Praktiklitas Lembar Kerja Siswa Berbasis Etnomatematika dalam Konteks Yogyakarta. Journal of Mathematics Education and Science, 1(2), 77–83. doi: 10.32665/james.v1iOctober.41
Risdiyanti, I., & Prahmana, R. C. I. (2018). Etnomatematika: Eksplorasi dalam Permainan Tradisional Jawa. Journal of Medives : Journal of Mathematics Education IKIP Veteran Semarang, 2(1), 1–11. doi: 10.31331/medives.v2i1.562
Utami, R. E., Nugroho, A. A., Dwijayanti, I., & Sukarno, A. (2018). Pengembangan E-Modul Berbasis Etnomatematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. JNPM (Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(2), 268–283. doi: 10.33603/jnpm.v2i2.1458
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v9i1.15015
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Published by:
FLAG COUNTER