Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Ditinjau Dari Disposisi Matematis Siswa

Weni Inka Pratiwi, Noviarni Noviarni

Abstract


Pemecahan masalah merupakan bagian dari tujuan matematika di sekolah. Faktanya di SMK IT Al-Izhar, soal pemecahan masalah masih belum optimal dipahami oleh siswa, sehingga siswa melakukan kesalahan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan tujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah ditinjau dari disposisi matematis siwa pada materi SPLDV. Subjek dalam penelitian ini adalah 19 orang siswa kelas X SMK IT Al-Izhar Pekanbaru, kemudian direduksi menjadi 9 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal tes pemecahan masalah pada materi SPLDV. angket disposisi matematis dan pedoman wawancara. Data dianalisis melalui 3 tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada materi SPLDV masih rendah. Ditinjau dari disposisi matematis, subjek dengan disposisi matematis tinggi dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah SPLDV terdapat kesalahan memahami (comprehension error), kesalahan transformasi (transformation error)  dan kesalahan penulisan (encording error). Subjek dengan tingkat disposisi matematis sedang dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah SPLDV terdapat kesalahan membaca (reading error), kesalahan memahami (comprehension error), kesalahan transformasi (transformation error), kesalahan ketrampilan proses (process skil error), dan kesalahan penulisan (encording error).Subjek dengan tingkat disposisi matematis rendah dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah SPLDV terdapat kesalahan membaca (reading error), kesalahan memahami (comprehension error), kesalahan transformasi (transformation error), kesalahan ketrampilan proses (process skil error) dan kesalahan penulisan (encording error).

Keywords


Analisis, Kesalahan Siswa, Pemecahan Masalah, Disposisi Matematis, Kualitatif, SPLDV

Full Text:

PDF

References


Fatahillah, A., Wati, Y. F., & Susanto. (2017). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika berdasarkan tahapan Newman beserta bentuk scaffolding yang diberikan. Jurnal Kadikma, 8(1), 40–51. Diambil dari http://jurnal.unej.ac.id/index.php/kadikma/article/view/5229

Hanipa, A., & Sari, V. T. A. (2019). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal sistem persamaan linear dua variabel pada siswa kelas VIII MTS di Kabupaten Bandung Barat. Journal On Education, 01(02), 15–22.

Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung: PT Refika Aditama.

Hermaini, J., & Nurdin, E. (2020). Bagaimana kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dari perspektif minat belajar? JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 3(2), 141–148. https://doi.org/10.24014/juring.v3i1.9597

Hi.Idris, F., Hamid, I., & Ardiana. (2015). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal-soal penerapan sistem persamaan linear dua variabel. Delta-Pi:jurnal matematika dan pendidikan matematika, 4(1), 92–98.

Hutajulu, M., Senjayawati, E., & Minarti, E. D. (2019). Analisis Kesalahan Siswa SMK Dalam Menyelesaikan Soal Kecakapan Matematis Pada Materi Bangun Ruang. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 365–376. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i3.505

Kurniawan, A., & Kadarisma, G. (2020). Pengaruh Disposisi Matematis Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 3(2), 99–108. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i1.p99-108

Mandur, K., Men, F. E., & Jelatu, S. (2019). Profil Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMA Ditinjau dari Disposisi Matematis pada Maslaah Fungsi Kompoosisi. Juornal of Songke Math, 2(1), 43–50.

Mardaleni, D., Noviarni, N., & Nurdin, E. (2018). Efek Strategi Pembelajaran Scaffolding terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis berdasarkan Kemampuan Awal Matematis Siswa. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(3), 236–241. https://doi.org/10.24014/juring.v1i3.5668

Moleong, L. J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif (38 ed.). Bandung: Remaja Rosdakarya.

OECD. (2019). PISA results 2018: combined executive summaries. Diambil dari https://www.oecd.org/pisa/Combined_Executive_Summaries_PISA_2018.pdf.

Puspitasari, E., Yusmin, E., & Nursangaji, A. (2015). Analisis kesulitan siswa menyelesaikan soal cerita materi sistem persamaan linear dua variabel di SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(1), 1–9.

Putra, H. ., Thairam, N. ., Ganiati, M., & Nuryana, D. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Bangun Ruang Development of Project-Based Blended Learning Model to Support Student Creativity in Designing Mathematics Learning in Elementary School. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 6(2), 82–90. Diambil dari http://journal.unipma.ac.id/index.php/jipm

Rofi’ah, N., Ansori, H., & Mawaddah, S. (2019). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika berdasarkan langkah penyelesaian polya. EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 120–129. https://doi.org/10.20527/edumat.v7i2.7379

Rosita, D., & Rochmad. (2016). Analisis Kesalahan Siswa dalam Pemecahan Masalah Ditinjau dari Adversity Quotient Pada Pembelajaran Creative Problem Solving. Unnes Journal of Mathematics Education Research (UJMER), 5(2), 106–113. Diambil dari http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer

Rustyani, N., Komalasari, Y., Bernard, M., & Akbar, P. (2019). Upaya meningkatkan disposisi dengan pendekatan open ended pada siswa SMK kelas X-RPL B. Journal on Education, 01(02), 265–270. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/joe.v1i2.57

Ruswati, D., Utami, W. T., & Senjayawati, E. (2018). Analisis Kesalahan Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Tiga Aspek. Maju, 5(1), 91–107.

Sapitri, Y., & Utami, C. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Open-Ended pada Materi Lingkaran Ditinjau dari Minat Belajar. Variabel, 2(1), 16–23.

Sumarmo, U. (2010). Berpikir dan disposisi matematik: apa, mengapa dan bagaimana dikembangkan oada peserta didik. Bandung: FMIPA UPI.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v8i1.14889

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

          

Published by:


Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim RiauJalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: sjme.pmt@uin-suska.ac.id
Creative Commons License
Suska Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
 
STATCOUNTER

 

FLAG COUNTER

Flag Counter