Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Ditinjau Dari Disposisi Matematis Siswa
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Fatahillah, A., Wati, Y. F., & Susanto. (2017). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika berdasarkan tahapan Newman beserta bentuk scaffolding yang diberikan. Jurnal Kadikma, 8(1), 40–51. Diambil dari http://jurnal.unej.ac.id/index.php/kadikma/article/view/5229
Hanipa, A., & Sari, V. T. A. (2019). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal sistem persamaan linear dua variabel pada siswa kelas VIII MTS di Kabupaten Bandung Barat. Journal On Education, 01(02), 15–22.
Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2017). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Siswa. Bandung: PT Refika Aditama.
Hermaini, J., & Nurdin, E. (2020). Bagaimana kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dari perspektif minat belajar? JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 3(2), 141–148. https://doi.org/10.24014/juring.v3i1.9597
Hi.Idris, F., Hamid, I., & Ardiana. (2015). Analisis kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal-soal penerapan sistem persamaan linear dua variabel. Delta-Pi:jurnal matematika dan pendidikan matematika, 4(1), 92–98.
Hutajulu, M., Senjayawati, E., & Minarti, E. D. (2019). Analisis Kesalahan Siswa SMK Dalam Menyelesaikan Soal Kecakapan Matematis Pada Materi Bangun Ruang. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 365–376. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v8i3.505
Kurniawan, A., & Kadarisma, G. (2020). Pengaruh Disposisi Matematis Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 3(2), 99–108. https://doi.org/10.22460/jpmi.v3i1.p99-108
Mandur, K., Men, F. E., & Jelatu, S. (2019). Profil Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMA Ditinjau dari Disposisi Matematis pada Maslaah Fungsi Kompoosisi. Juornal of Songke Math, 2(1), 43–50.
Mardaleni, D., Noviarni, N., & Nurdin, E. (2018). Efek Strategi Pembelajaran Scaffolding terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis berdasarkan Kemampuan Awal Matematis Siswa. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(3), 236–241. https://doi.org/10.24014/juring.v1i3.5668
Moleong, L. J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif (38 ed.). Bandung: Remaja Rosdakarya.
OECD. (2019). PISA results 2018: combined executive summaries. Diambil dari https://www.oecd.org/pisa/Combined_Executive_Summaries_PISA_2018.pdf.
Puspitasari, E., Yusmin, E., & Nursangaji, A. (2015). Analisis kesulitan siswa menyelesaikan soal cerita materi sistem persamaan linear dua variabel di SMP. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 4(1), 1–9.
Putra, H. ., Thairam, N. ., Ganiati, M., & Nuryana, D. (2018). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMP pada Materi Bangun Ruang Development of Project-Based Blended Learning Model to Support Student Creativity in Designing Mathematics Learning in Elementary School. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 6(2), 82–90. Diambil dari http://journal.unipma.ac.id/index.php/jipm
Rofi’ah, N., Ansori, H., & Mawaddah, S. (2019). Analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika berdasarkan langkah penyelesaian polya. EDU-MAT Jurnal Pendidikan Matematika, 7(2), 120–129. https://doi.org/10.20527/edumat.v7i2.7379
Rosita, D., & Rochmad. (2016). Analisis Kesalahan Siswa dalam Pemecahan Masalah Ditinjau dari Adversity Quotient Pada Pembelajaran Creative Problem Solving. Unnes Journal of Mathematics Education Research (UJMER), 5(2), 106–113. Diambil dari http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/ujmer
Rustyani, N., Komalasari, Y., Bernard, M., & Akbar, P. (2019). Upaya meningkatkan disposisi dengan pendekatan open ended pada siswa SMK kelas X-RPL B. Journal on Education, 01(02), 265–270. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/joe.v1i2.57
Ruswati, D., Utami, W. T., & Senjayawati, E. (2018). Analisis Kesalahan Siswa SMP Dalam Menyelesaikan Soal Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Tiga Aspek. Maju, 5(1), 91–107.
Sapitri, Y., & Utami, C. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Open-Ended pada Materi Lingkaran Ditinjau dari Minat Belajar. Variabel, 2(1), 16–23.
Sumarmo, U. (2010). Berpikir dan disposisi matematik: apa, mengapa dan bagaimana dikembangkan oada peserta didik. Bandung: FMIPA UPI.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v8i1.14889
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Published by:
FLAG COUNTER