Pengaruh Media Pembelajaran Berbasis MOODLE terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa SMP Kelas VIII
Abstract
Penggunaan teknologi saat ini menjadi kebutuhan utama terutama pada dunia pendidikan, salah satunya dengan memanfaatkan teknologi sebagai media pembelajaran. Pemanfaatan media berbasis MOODLE memiliki berbagai dampak diantaranya akan mempengaruhi hasil belajar matematika siswa. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui perbedaan signifikan antara media pembelajaran MOODLE dan media konvensional terhadap hasil belajar matematika dan untuk melihat seberapa besar pengaruh media pembelajaran berbasis MOODLE terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dan metode penelitian yang digunakan yaitu kuasi eksperimen dengan desain penelitian one group pretest-posttest only design, yaitu kegiatan penelitian yang memberikan tes awal (pretest) sebelum diberikan perlakuan, setelah diberikan perlakuan barulah memberikan tes akhir (posttest). Sampel yang digunakan sebanyak 57 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes hasil belajar dengan instumen soal tes berbentuk pilihan berganda. Hasil perhitungan hipotesis pertama yaitu uji t didapati t hitung > t tabel (3,92 > 2,07), sehingga dapat disimpulkan hasil belajar matematika siswa setelah dibelajarkan menggunakan media pembelajaran berbasis MOODLE lebih tinggi secara signifikan daripada hasil belajar matematika siswa sebelum dibelajarkan menggunakan media pembelajaran berbasis MOODLE. Pengujian hipotesis kedua dengan menghitung koefisien biserial dan koefisien determinasi untuk mengetahui seberapa besar pengaruh media pembelajaran berbasis MOODLE terhadap hasil belajar matematika siswa. Hasil perhitungan koefisien korelasi biserial dan koefisien determinasi dari data diperoleh untuk koefisien korelasi sebesar 0,63 dan koefisien determinasi sebesar 67,34%. Hasil perhitungan menunjukkan bahwa pengaruh media pembelajaran berbasis MOODLE terhadap hasil belajar matematika siswa cukup besar yaitu 67,34%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aurora, A., & Effendi, H. (2019). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran E-learning terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa di Universitas Negeri Padang. JTEV (Jurnal Teknik Elektro Dan Vokasional), 5(2), 11–16. http://ejournal.unp.ac.id/index.php/jtev/article/view/105133
Azwar, S. (2010). Metodologi Penelitian. Pustaka Belajar. https://scholar.google.co.id/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=_MWswTMAAAAJ&citation_for_view=_MWswTMAAAAJ:f2IySw72cVMC
Harahap, S. H. (2015). PEMANFAATAN E-LEARNING BERBASIS LCMS MOODLE SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MATA KULIAH SISTEM INFORMASI AKUNTANSI. Jurnal Riset Akuntansi Dan Bisnis, 15(1). http://jurnal.umsu.ac.id/index.php/akuntan/article/view/429
Hendra Prijanto, J., De Kock, F., Harapan, U. P., Dian, S., Jember, H., & Info, A. (2021). Peran Guru Dalam Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa Dengan Menerapkan Metode Tanya Jawab Pada Pembelajaran Online. Ejournal.Uksw.Edu. https://ejournal.uksw.edu/scholaria/article/view/4318
Karwati, E. (2014). Pengaruh Pembelajaran elektronik (e-learning) terhadap mutu belajar mahasiswa. Jurnal Penelitian Komunikasi. https://core.ac.uk/download/pdf/229633539.pdf
Mukahar, A. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran (Moodle Mobile Learning, LKS) dan Minat Peserta Didik terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Administrasi Server. Teknologi Dan Kejuruan: Jurnal Teknologi, Kejuruan, Dan Pengajarannya, 43(1), 11–19. http://journal2.um.ac.id/index.php/teknologi-kejuruan/article/view/16637
Novita, L., Sukmanasa, E., & Yudistira Pratama, M. (2019). Indonesian Journal of Primary Education Penggunaan Media Pembelajaran Video terhadap Hasil Belajar Siswa SD. © 2019-Indonesian Journal of Primary Education, 3(2), 64–72.
Nuriyanti, D. D. (2013). Pengembangan e-learning Berbasis Moodle Sebagai Media Pembelajaran Sistem Gerak di SMA. Universitas Negeri Semarang. https://scholar.google.com/scholar?hl=en&as_sdt=0%2C5&q=NURIYANTI+2013&btnG=
Pratiwi, I., Studi, P. S.-A. J. P., & 2021, undefined. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Metematika Model Blended Learning Berbasi Moodle. Scholar.Archive.Org, 10(1), 206–218. https://doi.org/10.24127/ajpm.v10i1.3240
Prawiradilaga, D. (2016). Mozaik Teknologi Pendidikan: E-Learning. https://books.google.com/books?hl=en&lr=&id=SdxDDwAAQBAJ&oi=fnd&pg=PA150&dq=Mozaik+Teknologi+Pendidikan+E-Learning&ots=CiChZemy-W&sig=KTg6Lwnrfsw78sILeby28xnWEPc
Priyambodo, E., Priyambodo, E., Wiyarsi, A., & Permanasari, L. (2012). PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF BERBASIS WEB TERHADAP MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA. Jurnal Kependidikan: Penelitian Inovasi Pembelajaran, 42(2), 179919. https://doi.org/10.21831/jk.v42i2.2236
Sari, D. D. (2021). PEMANFAATAN WHATSAPP GROUP SEBAGAI SARANA KOMUNIKASI GURU DAN ORANGTUA SISWA SELAMA MASA PANDEMI COVID 19. EduTeach : Jurnal Edukasi Dan Teknologi Pembelajaran, 2(1), 79–88. https://doi.org/10.37859/EDUTEACH.V2I1.2324
Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D.
Sujono, H. D. (2010). Pengaruh Blended Learning Berbasis Moodle Terhadap Kemampuan Self-Regulated Learning Siswa Dalam Pembelajaran Matematika. Universitas Negeri Yogyakarta. https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=rd310ZAAAAAJ&citation_for_view=rd310ZAAAAAJ:QD3KBmkZPeQC
Supardi, S. U. S., Leonard, L., Suhendri, H., & Rismurdiyati, R. (2015). Pengaruh Media Pembelajaran dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Fisika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(1). https://journal.lppmunindra.ac.id/index.php/Formatif/article/view/86
Turkoguz, S. (2012). Learn to teach chemistry using visual media tools. Chemistry Education Research and Practice, 13(4), 401–409. https://doi.org/10.1039/C2RP20046E
Zulmaulida, R., Saputra, E., & dkk. (2021). Problematika Pembelajaran Matematika. Yayasan Penerbit Muhammad Zaini. https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=E7YkTZwAAAAJ&citation_for_view=E7YkTZwAAAAJ:WF5omc3nYNoC
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v7i2.14674
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Published by:
FLAG COUNTER