Profil Critical Thinking Skill Siswa pada Pembelajaran Matematika Ditinjau dari Perbedaan Gaya Kognitif dan Gender

Fitri Fadilah, Widodo Winarso

Abstract


Keterampilan berpikir kritis diperlukan dalam kegiatan pembelajaran matematika diera abad 21. Profil keterampilan berpikir kritis siswa bergantung pada gaya kognitif yang terdiri dari Field Dependent (FD) dan Field Independent (FI). Selain itu perbedaan gender juga memberikan ragam profil keterampilan berpikir kritis siswa. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan profil keterampilan berpikir kritis siswa pada pembelajaran matematika yang ditinjau dari perbedaan gaya kognitif dan gender. Penelitian deskriptif kualitatif dengan desain studi kasus digunakan pada penelitian ini. Simple random sampling dan stratified sampling digunakan dalam penentuan subjek penelitian pada siswa MTs Salafiyah Bode. Teknik pengumpulan data terdiri dari angket GEFT, tes kemampuan berpikir kritis, dan wawancara. Hasil menunjukan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa dengan gaya kognitif field independent lebih unggul jika dibandingkan dengan kemampuan berpikir kritis siswa dengan gaya kognitif field dependent. Pada setiap kelompok gaya kognitifnya, keterampilan berpikir kritis siswa perempuan lebih unggul jika dibandingkan dengan keterampilan berpikir siswa laki-laki.


Keywords


berpikir kritis, gaya Kognitif, gender

Full Text:

PDF

References


Arnup, J. L., Murrihy, C., Roodenburg, J., & McLean, L. A. (2013). Cognitive Style and Gender Differences in Children’s Mathematics Achievement. education studies, 39(3), 355–368.

Bohren, Ø., & Staubo, S. (2016). Mandatory Gender Balance and Board Independence. European Financial Management, 22(1), 3–10.

Ennis, R. H. (2011). The Nature of Critical Thinking : An Outline of Critical Thinking Dispositions and Abilities. Chicago: University of Illinois.

Fifari, M. R. Al, & Winarso, W. (2020). Kecemasan dan Kebiasaan Belajar Matematika terhadap KeterampilanBerpikir Kritis Siswa. Suska Journal of Mathematics Education, 6(1), 47–60. https://doi.org/10.24014/sjme.v6i1.9457

Fuad, N. ., Zubaidah, S., Mahanal, S., & Suarsini, E. (2017). Improving Junior High Schools’ Critical Thinking Skills Based on Test Three Different Models of Learning. International Journal of Instruction, 10(1), 101–116.

Golafshani, N. (2003). Understanding Reliability and Validity in Qualitative Research. The qualitative report, 80(4), 597–607.

Guisande, M. A., Páramo, M. F., Tinajero, C., & Almeida, L. S. (2007). Field Dependence-Independence ( Fdi ) Cognitive Style : An Analysis Of Attentional Functioning. Journal of Psicothema, 19(4), 572–577.

Herlina, S., & Dahlia, A. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Calon Guru Ditinjau Dari Cognitive Style Berdasarkan Field Independent dan Field Dependent. AdMathEdu, 8(1), 35–48.

Herry, S. (2015). Pemahaman Pemecahan Masalah Berdasarkan Gaya Kognitif. Yogyakarta: Budi Utama.

Jantan, D. . (2014). Relationship Between Students’ Cognitive Style (Field-Dependent and Field–Independent Cognitive Styles) With Their Mathematic Achievement in Primary School. International Journal of Humanities Social Sciences and Education (IJHSSE), 1(10), 88–93.

Musa, L. A. D. (2016). Level Berpikir Geometri Menurut Teori Van Hiele Berdasarkan Kemampuan Geometri dan Perbedaan Gender Siswa Kelas VII SMPN 8 Pare - Pare Pendahuluan. Al-Khwarizmi: Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan ALam, 4(2), 103–116.

MZ, Z. A. (2013). Perspektif Gender dalam Pembelajaran Matematika. Marwah, XII(1), 14–31.

Nur, A. S., & Palobo, M. (2018). Profil Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Ditinjau dari Perbedaan Gaya Kognitif dan Gender. Kreano, Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 9(2), 139–148.

Nuryanti, L., Zubaidah, S., & Diantoro, M. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(2), 155–158.

Onyekuru, B. U. (2015). Field Dependence-Field Independence Cognitive Style, Gender, Career Choice and Academic Achievement of Secondary School Students in Emohua Local Government Area of Rivers State. Journal of Education and Practice, 6(10), 76–85.

Persada, A. R. (2017). Peningkatan Hasil Belajar Matematika Melalui Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Website. Eduma: Mathematics Education Learning and Teaching, 6(1), 62–76.

Pratiwi, D. D. (2015). Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis dalam Pemecahan Masalah Matematika Sesuai dengan Gaya Kognitif dan Gender. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 131–142.

Pratiwi, I. (2019). Efek Program Pisa terhadap Kurikulum Di Indonesia. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 4(1), 51. https://doi.org/10.24832/jpnk.v4i1.1157

Putri, A. (2018). Profil Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP Kleas VIII Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(4), 793–801.

Rahayu, Y. A., & Winarso, W. (2018). Berpikir Kritis Siswa Dalam Penyelesaian Matematika Ditinjau dari Perbedaan Tipe Gaya Kognitif Reflektif dan Impulsif. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 2(1), 1–11.

Rifqiyana, L., & Susilo, B. E. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII dengan Pembelajaran Model 4K Ditinjau dari Gaya Kognitif Sisiwa. Unnes Journal of Mathematics Education, 5(1), 40–46.

Setiawan, Y. E., Purwanto, Parta, I. N., & Sisworo. (2020). Generalization Stategy of Linear Patterns from Field-Defendent Cognitive Style. Journal of Mathematics Education, 11(1), 77–94. https://doi.org/10.22342/jme.11.1.9134.77-94

Son, A. L., Darhim, & Fatimah, S. (2020). Students’ Mathematical Problem-Solving Ability Based on Teaching Models Interventation and Cognitive Style. Journal of Mathematics Education, 11(2), 209–222. https://doi.org/10.22342/jme.11.2.10744.209-222

Susandi, A. D., & Widyawati, S. (2017). Proses Berpikir dalam Memecahkan Masalah Logika Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif Field Independent dan Field Dependent. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(1), 45–52.

Syafruddin, Alimuddin, & Djam’an, N. (2017). Deskripsi Proses Berpikir Kritis Dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Ditinjau dari Gaya Kognitif Pada Siswa SMK Persada Wajo. Pascasarjana Universitas Negeri Semarang, 1–9.

Tetnowski, J. (2015). Qualitative Case Study Research Design. Perspectives on Fluency and Fluency Disorders, 25(1), 39–45.

Toheri, T., Winarso, W., & Haqq, A. A. (2020). Where Exactly for Enhance Critical and Creative Thinking: The Use of Problem Posing or Contextual Learning. European Journal of Educational Research, 9(2), 877–887.

Wardani, A. K. (2014). Ability of Problem Solving from Differences of Sex. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo, 99–108.

Winarso, W., & Dewi, W. Y. (2017). Berpikir Kritis Siswa Ditinjau Dari Gaya Kognitif Visualizer Dan Verbalizer Dalam Menyelesaikan Masalah Geometri. Beta, Jurnal Tadris Matematika, 10(2), 117–133.

Zetriuslita, Ariawan, R., & Nufus, H. (2016). Students’ critical Thinking Ability: Description Based on Academic Level and Gender. Journal of Education and Practice, 7(12), 154–164. Diambil dari https://files.eric.ed.gov/fulltext/EJ1099476.pdf




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v7i2.13996

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

          

Published by:


Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim RiauJalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: sjme.pmt@uin-suska.ac.id
Creative Commons License
Suska Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
 
STATCOUNTER

 

FLAG COUNTER

Flag Counter