MENGUNGKAP SENI BERMATEMATIKA DALAM PEMBELAJARAN
Abstract
Matematika merupakan salah satu pelajaran wajib yang diajarkan disekolah. Matematika sekolah diberikan bertujuan untuk membantu siswa mempersiapkan diri agar sanggup menghadapi perubahan keadaan di dalam kehidupan dan di dunia yang selalu berkembang, melalui latihan bertindak atas dasar pemikiran secara logis, rasional dan kritis. Matematika sekolah di ajarkan juga bertujuan untuk mempersiapkan peserta didik agar dapat menggunakan matematika dan pola pikir matematika dalam kehidupan sehari-hari dan dalam mempelajari ilmu pengetahuan. Tujuan pendidikan matematika di sekolah lebih ditekankan pada penataan nalar, dasar pembentuk sikap, serta keterampilan dalam penerapan matematika. Untuk tercapainya tujuan tersebut, matematika itu dibutuhkan berbagai pendekatan dengan memasukkan unsur seni dalam pembelajaran. Tujuan penulisan makalah ini adalah agar pembelajaran matematika dapat menggunakan pendekatan unsur seni. Matematika itu adalah seni. Di dalam seni terlihat unsur-unsur keindahan, keteraturan dan keterurutan. Begitu pula dalam matematika yang memiliki unsur-unsur keteraturan, keterurutan dan ketetapan/konsisten. Pembelajaran matematika dengan memasukan unsur seni dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti mengungkap matematika indah, bercerita matematika, teka-teki matematika, permainan matematika. Unsur seni dalam pembelajaran matematika dapat meningkatkan minat anak terhadap pelajaran matematika.
Full Text:
PDFReferences
Hudojo, H. (1988). Mengajar Belajar Matematika. Depdikbud: Jakarta.
Johnson dan Rising. (1972). Matematika sebagai Seni. [Online] http://feribarca.blogspot.com/2012/04/matematika-sebagai-seni.html.
Ruseffendi, E.T. (2010) Dasar-Dasar Matematika Modern dan Komputer untuk Guru. Bandung: Tarsito.
Sardiman, A.M. (2006). Interaksi & Motivasi Belajar mengajar. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada
Soehakso. (2012). Keindahan Matematika.[Online]. http://p4tkmatematika.org/2012/04/keindahan-matematika/
Soejadi, R. (1992) . Meningkatkan Minat Siswa Terhadap Matematika.Surabaya: Media Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan.
Soedjadi, R. (1994). Memantapkan Matematika Sekolah Sebagai Wahana Pendidikan dan Pembudayaan Penalaran. Surabaya: Media Pendidikan Matematika Nasional.
Somakin, (1997). Jurnal kependidikan , Tahun XVI. Unsur Seni dalam Pembelajaran Matematika Sriyanto. (2007). Strategi sukses menguasai Matematika. Jakarta: PT. Buku Kita.
TIM MKPBM . (2001). Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung : FMIPA UPI Bandung
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v1i1.1364
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Published by:
FLAG COUNTER