PENGARUH PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN SYNDICATE GROUP TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA SISWA SMA NEGERI 14 PEKANBARU
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menguji ada atau tidaknya pengaruh antara pemahaman konsep matematika siswa yang belajar menggunakan metode pembelajaran Syndicate Group dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional. Penelitian ini adalah penelitian Quasi Eksperimentdengan desain Pretest Posttest Control Group Design. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 14 Pekanbaru. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan dokumentasi, observasi dan tes. Untuk mengetahui hasil penelitian mengenai pemahaman konsep matematika siswa dilakukan uji t. Pengambilan keputusan dilakukan dengan membandingkan nilai t hitung dengan ttabel baik dengan taraf signifikan 5% maupun 1% yaitu 2,00 dan 2,65 dimana nilai thitung adalah 6,09. karena thitung > ttabel, sehingga Ho ditolak dan Ha di terima. Berdasarkan hasil analisis data tersebut, diambil kesimpulan bahwa terdapat perbedaan antara pemahaman konsep matematika siswa yang belajar menggunakan metode pembelajaran Syndicate Group dengan siswa yang belajar menggunakan pembelajaran konvensional. Artinya, terdapat pengaruh metode pembelajaran Syndicate
Group terhadap pemahaman konsep matematika Siswa SMA Negeri 14 Pekanbaru.
Group terhadap pemahaman konsep matematika Siswa SMA Negeri 14 Pekanbaru.
Full Text:
PDFReferences
Istiarni, A. (2012). Penerapan Syndicate Group dalam Upaya Meningkatkan Pretasi Belajar Matematika Siswa kelas VIII-A di SMP Negeri 1 Kutowinangun Universitas Negeri Semarang. [Online].
Tersedia:http://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/DP/article/.../342
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v1i1.1332
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Published by:
Pekanbaru - 28293
email: sjme.pmt@uin-suska.ac.id
FLAG COUNTER