Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Berdasarkan Adversity Quotient (AQ) Siswa SMA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah matematis yang dimiliki siswa berdasarkan Adversity Quotient (AQ) pada materi barisan dan deret. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 20 siswa kelas XI MIPA 4 SMAN 5 Pekanbaru yang dipilih menggunakan purposive sampling. Adapun instrumen yang digunakan dalam penelitiian ini terdiri dari angket Adversity Quotient, soal tes kemampuan pemecahan masalah matematis, dan pedoman wawancara. Pengolahan dan analisis data menggunakan teknik Miles dan Huberman yang terdiri dari 3 tahapan yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa persentase rata-rata kelompok siswa dengan Adversity Qutient tinggi sebesar 75,69% pada kategori baik, kelompok siswa dengan Adversity Qutient sedang memiliki persentase rata-rata sebesar 66,66% pada kategori cukup, kelompok siswa dengan Adversity Qutient rendah memiliki persentase rata-rata sebesar 55,21% pada kategori kurang
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afri, L. D. (2018). Hubungan Adversity Quotient Dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa Smp Pada Pembelajaran Matematika. AXIOM : Jurnal Pendidikan Dan Matematika, 7(2), Article 2. https://doi.org/10.30821/axiom.v7i2.2895
Akbar, P., Hamid, A., Bernard, M., & Sugandi, A. I. (2018). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah dan Disposisi MAtematik Siswa Kelas XI SMSA Putra Juang Dalam MAteri Peluang. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 2(1), 144–153. https://doi.org/10.31004/cendekia.v2i1.62
Amir, Z., & Risnawati. (2015). Psikologi Pembelajaran Matematika. Aswaja Pressindo.
Fatmawati, F., & Murtafiah, M. (2018). Deskripsi Kemampuan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas XI Sma Negeri 1 Majene. SAINTIFIK, 4(1), 63–73. https://doi.org/10.31605/saintifik.v4i1.145
Hendriana, H., Rohaeti, E. E., & Sumarmo, U. (2018). Hard Skills dan Soft Skills Matematik Peserta didik. Refika Aditama.
Maini, N., & Izzati, N. (2019). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Berdasarkan Langkah-Langkah Brainsford & Steint Ditinjau dari Adversity Quotient. Jurnal Kiprah, 7(1), 32–40. https://doi.org/10.31629/kiprah.v7i1.1175
Medyasari, L. T., Zaenuri, Z., & Dewi, N. R. (2020). Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMA Negeri 5 Semarang. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 3, 464–470.
OECD. (2019). PISA 2018 Result (Volume 1): What Students Know and Can Do. 1, 18. https://doi.org/10.1787/5f07c754-en.
Pirmanto, Y., Anwar, M. F., & Bernard, M. (2020). Analisis Kesulitan Siswa SMA Dalam Menyelesaikan Soal Pemecahan Masalah Pada Materi Barisan Dan Deret Dengan Langkah-Langkah Menurut Polya. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 3(4), 371–384.
Rambe, A. Y. F., & Afri, L. D. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Materi Barisan dan Deret. AXIOM: Jurnal Pendidikan dan Matematika, 9(2), 175–187.
Sani, R. A. (2018). Penelitian Pendidikan. TSmart.
Stoltz, P. G. (2000). Adversity Quotient: Mengubah Hambatan Menjadi Peluang. PT Grasindo.
Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Alfabheta.
Sukmadinata, N. S. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. PT.Remaja Rosdakarya.
DOI: http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v7i2.13306
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Published by:
FLAG COUNTER