Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Peluang Ditinjau dari Koneksi Matematis

M Zainudin, Anita Dewi Utami, Sa’in Noviana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan koneksi matematis siswa dalam menyelesaikan soal peluang  yang diperoleh dari siswa kelas XI MAN 1 Bojonegoro. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif.  Subjek penelitian ini adalah 2 siswa kelas XI MAN 1 Bojonegoro. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan wawancara. Hasil data menunjukan bahwa kesalahan yang dilakukan oleh siswa dalam mengerjakan soal materi peluang ialah: (1) kesalahan yang berhubungan dengan konsep kombinasi diantaranya kesalahan dalam menggunakan dan menerapkan rumus, penyebabnya adalah siswa tidak teliti dan tidak dapat memahami maksud soal, (2) kesalahan dalam menentukan nilai kombinasi, penyebabnya adalah karena siswa tidak paham dan lupa konsep kombinasi karena kemiripan konsep permutasi dan kombinasi, (3) kesalahan dalam menghitung. Guru perlu meningkatkan upayanya dalam meningkatkan pemahaman siswa mengenai materi peluang.

Full Text:

PDF

References


Arlotas, R. K., & Mustika, R. (2019). Lupa, dalam Perspektif Psikologi Belajar dan Islam. Psyche: Jurnal Psikologi, 1(1), 45–54.

Bakhril, M. S., Kartono, & Dewi, N. R. (2019). Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Peer Tutoring Cooperative Learning. PRISMA, Prosiding Seminar Nasional Matematika, 2, 754–758.

Coxford, A. F. (1995). 3The Case for Connections. In P. A. House & A. Coxford (Eds.), Connecting Mathematics across the Curruculum. NCTM.

Fatimah, A. E., & Khairunnisyah. (2019). Peningkatan Kemampuan Koneksi Matematis Melalui Pembelajaran Model Connecting. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 5(1), 51–58.

Fatimah, A. T., & Amam, A. (2018). Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Matematika di Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Penelitian Pendidikan Matematika, 11(2), 77–90.

Hadi, S., Ismara, K. I., & Tanumihardja, E. (2015). Pengembangan Sistem Tes Diagnostik Kesulitan Belajar Kompetensi Dasar Kejuruan Siswa Smk. Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 19(2), 168–175. https://doi.org/10.21831/pep.v19i2.5577

Hamdani, M. F., & Nurdin, E. (2020). Kemampuan Koneksi Matematis Berdasarkan Minat Belajar Siswa. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning), 3(3), 275–282. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.24014/juring.v3i3.10346

Hidayah, U. L., Supardi, K. I., Sumarni, W., & Purworejo, M. A. N. (2018.). Diagnostik Pendeteksi Miskonsepsi untuk Analisis Pemahaman Konsep Buffer-Hidrolisis. Jurnal Inovasi Pendidikan Kimia, 7(1), 2075-2085.

Kenedi, A. K., Hendri, S., Ladiva, H. B., & Nelliarti. (2018). Kemampuan Koneksi Matematis Siswa Sekolah Dasar Dalam Memecahkan Masalah Matematika. Jurnal Numeracy, 5(2), 226–235.

Kurniawan, A., Juliangkary, E., & Pratama, M. Y. (2019). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Fungsi. Media Pendidikan Matematika, 7(1), 72–83.

Nari, N., & Musfika, A. P. (2016). Analisis kesulitan belajar ditinjau dari kemampuan koneksi matematika peserta didik. Proceding International Seminar on Education 2016 Faculty of Tarbiyah and Teacher Training, 1, 311–320.

National Council Of Teachers Of Mathematics (NCTM). (2000). Principles and Standard For School Mathematics.

Nurdin, E., Nufus, H., & Hasanuddin. (2018). Pengaruh pendekatan Visual Thinking Terhadap Kemampuan Koneksi Matematis. Kalamatika: Jurnal Pendidikan Matematika, 3(1), 17–26. https://doi.org/10.22236/KALAMATIKA.vol3no1.2018pp17-26

Nuryatin, S., & Zanthy, L. S. (2019). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Siswa SMP dalam Menyelesaikan Soal Persamaan dan Pertidaksamaan Linear Satu Variabel. Journal On Education, 01(02), 61–67.

Pambudi, D. S., Budayasa, I. K., & Lukito, A. (2020). The Role of Mathematical Connections in Mathematical Problem Solving. Jurnal Pendidikan Matematika, 14(2), 129–144.

Prihartini, N., Sari, P., & Hadi, I. (2020). Design Research : Mengembangkan Pembelajaran Konsep Peluang dengan Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia pada Siswa Kelas IX di SMPN 220 Jakarta. JRPMS (Jurnal Riset Pembelajaran Matematika Sekolah), 4(8), 1–8.

Rahmawati, U. N., Sugiatno, & Hamdani. (2017). Kesulitan Koneksi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Peluang Di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(1), 1–14.

Rodli. (2019). Pembelajaran Materi Peluang (Matematika) Melalui Kehidupan Nyata. Buletin Jagaddhita, 1(2), 2–5.

Romli, M. (2000). Profil Koneksi Matematis Siswa Perempuan SMA Menyelesaikan Masalah Matematika. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 1(2), 145–157.

Sholekah, L. M., Anggreini, D., & Waluyo, A. (2017). Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Matematika Ditinjau dari Koneksi Matematis Materi Limit Fungsi. Wacana Akademika, 1(2), 151–164.

Siagian, M. D. (2000). Kemampuan Koneksi Matematik Dalam Pembelajaran Matematika. MES (Journal of Mathematics Education and Science), 2(1), 58–67.

Sugiyono. (2013). Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif Dan Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Susanty, A. (2018). Analisis Kemampuan Koneksi Matematis Berdasarkan Nctm Siswa Sma Kelas X Ipa Pada Materi Eksponen Dan Logaritma. Jurnal Pendidikan Tambusai, 2(4), 870–876.

Wahidah, S. W., & Qudsyi, H. (2011). Pengaruh Interferensi Dan Rehearsal Terhadap The Effect Of Interference And Rehearsal Toward English Retention Among Students Of The Islamic. Jurnal Intervensi Psikologi, 3(2), 257–273.




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v7i1.12382

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

          

Published by:


Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim RiauJalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: sjme.pmt@uin-suska.ac.id
Creative Commons License
Suska Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
 
STATCOUNTER

 

FLAG COUNTER

Flag Counter