Peningkatan Keaktifan dan Kemandirian Belajar Matematika Siswa dalam Jaringan Synchronous Menggunakan Media Crossword Puzzle

Iwan Setiadi

Abstract


Keaktifan dan kemandirian belajar adalah hal penting yang harus dimiliki siswa selama masa pembelajaran jarak jauh. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah media crossword puzzle dapat meningkatkan keaktifan dan kemandirian belajar matematika pada materi Matriks melalui pembelajaran dalam jaringan synchronous. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Kriteria keberhasilan tindakan adalah rerata peningkatan keaktifan dan kemandirian belajar siswa sampai pada kategori baik atau di atas 60%. Penelitian dilaksanakan pada semester ganjil tahun ajaran 2020/2021 di kelas XI-MIA. Media crossword puzzle dibuat menggunakan bantuan aplikasi Puzzlemaker. Data keaktifan dan kemandirian belajar diperoleh melalui pengamatan menggunakan lembar pengamatan dan wawancara menggunakan google form. Hasil penelitian diperoleh sebagai berikut: 1) Siklus pertama, keaktifan dan kemandirian belajar matematika siswa dalam jaringan synchronous menggunakan media crossword puzzle masuk dalam kategori cukup, dengan rerata masing-masing 56,55% dan 44,76%. 2) Siklus kedua, untuk keaktifan belajar siswa dalam jaringan synchronous menggunakan media crossword puzzle mengalami peningkatan rerata menjadi 69,64% dan masuk kategori baik. Sedangkan kemandirian belajar siswa dalam jaringan synchronous menggunakan media crossword puzzle, meningkat dengan rerata 58,57% tetapi masih tergolong dalam kategori cukup. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pembelajaran matematika dalam jaringan synchronous pada materi Matriks dengan menggunakan media crossword puzzle dapat meningkatkan keaktifan dan kemandirian belajar siswa.


Keywords


keaktifan belajar, kemandirian belajar, pembelajaran daring, crossword puzzle, TTS

Full Text:

PDF

References


Aisyah, N. (2019). Penerapan Model Teams Games Tournament (TGT) dengan Permainan Teka-Teki Silang (TTS) terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik. Cakrawala: Jurnal Pendidikan, 13(2), 1–11. https://doi.org/10.24905/cakrawala.v13i2.1422

Alfaidin, C., Irwansyah, B., & Fitriani, F. (2018). Kontribusi Permainan Teka-Teki Matematika terhadap Motivasi Belajar Siswa di SMPN 10 Langsa (Studi Eksperimen pada Siswa SMPN 10 Langsa). Al-Kindi: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika (JIMPMA), 1(1), 43–50.

Asmuni. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 7(4), 281–288. https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2941

Aulia, L. N., Susilo, S., & Subali, B. (2019). Upaya Peningkatan Kemandirian Belajar Siswa dengan Model Problem-based Learning Berbantuan Media Edmodo. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA, 5(1), 69–78. https://doi.org/10.21831/jipi.v5i1.18707

Ayuningtyas, A. D. (2015). Eksperimentasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) ditinjau dari Kemandirian Belajar Siswa Kelas VIII SMP Negeri di Kota Yogyakarta. JIPM (Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika), 3(2), 452–466. https://doi.org/10.25273/jipm.v3i2.514

Cahyani, A., Listiana, I. D., & Larasati, S. P. D. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. IQ (Ilmu Al-qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 123–140. https://doi.org/10.37542/iq.v3i01.57

Dewi, M. A. C., Sugiarta, M., & Suarsana, M. (2015). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Teknik Kancing Gemerincing untuk Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar Matematika Siswa SD. Jurnal Pendidikan Matematika UNDIKSHA, 3(1), 1–10. http://dx.doi.org/10.23887/jjpm.v3i1.5051

Edriati, S., Handayani, S., & Sari, N. P. (2017). Penggunaan Teka-Teki Silang Sebagai Strategi Pengulangan dalam Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika Siswa SMA Kelas XI IPS. Jurnal Pelangi, 9(2), 71–78. http://dx.doi.org/10.22202/jp.2017.v9i2.2047

Fahradina, N., Ansari, B. I., & Saiman. (2014). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa SMP dengan Menggunakan Model Investigasi Kelompok. Jurnal Didaktik Matematika, 1(1), 54–64.

Fahruni, F. E., & Warsito, H. (2021). Analisis Faktor-faktor Penyebab Perilaku Malas Belajar Daring Saat Pandemi Covid-19 pada Siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Menganti Gresik. Jurnal BK UNESA, 12(2). https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-bk-unesa/article/view/36431

Fitriani, W., Haryanto, H., & Atmojo, S. E. (2020). Motivasi Berprestasi dan Kemandirian Belajar Mahasiswa saat Pembelajaran Daring. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 5(6), 828–834. http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v5i6.13639

Harahap, M. S., & Nasution, S. R. A. (2019). Penerapan Flipped Classrom Berbasis Youtube di Prodi Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Mahasiswa. JURNAL EDUCATION AND DEVELOPMENT, 7(3), 1–1.

Hendikawati, P., Zahid, M. Z., & Arifudin, R. (2019). Keefektifitan Media Pembelajaran Berbasis Android terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah dan Kemandirian Belajar. 2, 917–927. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/

Irma, A. (2020). Analisis Media Pembelajaran Cross Word Puzzle untuk Meningkatkan Kemandirian dan Hasil Belajar [Skripsi, Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara]. http://repository.umsu.ac.id/bitstream/123456789/14164/1/SKRIPSI%20ADE%20IRMA.pdf

Isnaniah, I. (2017). Peningkatan Kreativitas dan Kemandirian Belajar Mahasiswa melalui Model Pembelajaran Berbasis Proyek pada Perkuliahan Media Pembelajaran Matematika. Suska Journal of Mathematics Education, 3(2), 83–91. http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v3i2.3549

Khalilullah, M. (2012). Permainan Teka-teki Silang sebagai Media dalam Pembelajaran Bahasa Arab (Mufradat). An-Nida’, 37(1), 15–26.

Maya, S., & Nurhidayah. (2020). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Crossword Puzzle berbasis Aplikasi Puzzle Maker terhadap Hasil Belajar Mahasiswa. Biotek, 8(2), 166–177.

Muhtarom, M., Nizaruddin, N., & Sugiyanti, S. (2016). Pengembangan Permainan Teka-Teki Silang dalam Pembelajaran Matematika di Kelas VII SMP. PYTHAGORAS: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 5(1), 20–31. http://dx.doi.org/10.33373/pythagoras.v5i1.235

Musfiqon, H. (2012). Pengembangan Media dan Sumber Pembelajaran. Jakarta: PT. Prestasi Pustakaraya.

Nurhafsari, A., & Sabandar, J. (2018). Kemandirian Belajar Matematika Siswa dalam Pembelajaran Kooperatif dengan Aktivitas Quick on The Draw. GAUSS: Jurnal Pendidikan Matematika, 01(02), 97–107. http://dx.doi.org/10.30656/gauss.v1i2.1051

Nurhayati, I., & Lestari, P. (2020). Pembelajaran Berbasis Whatsapp dan Flash Game Player. MAJU, 7(2), 28–43.

Puspitasari, C., & Widiyanto, J. (2016). Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Prestasi Belajar Menggunakan Media Teka-Teki Silang dengan Model Pembelajaran Talking Stick Pokok Bahasan Ekosistem Kelas VII SMPN 1 Kartoharjo. Florea: Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, 3(1), 39–45. http://doi.org/10.25273/florea.v3i1.786

Rachmawati, Y., Ma’arif, M., Fadhillah, N., Inayah, N., & Ummah, K. (2020). Studi Eksplorasi Pembelajaran Pendidikan IPA Saat Masa Pandemi COVID-19 di UIN Sunan Ampel Surabaya. Indonesian Journal of Science Learning, 1(1), 32–36.

Riduwan, M. (2007). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Alf. Bandung.

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19:(Online Learning in the Middle of the Covid-19 Pandemic). Biodik, 6(2), 214–224. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759

Sasriya, T., Dibia, I. K., & Kusmariyatni, N. (2016). Penerapan Model Pembelajaran NHT Berbantuan Media Teka-Teki Silang untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar. MIMBAR PGSD Undiksha, 4(3), 1–9. http://doi.org/10.25273/jipm.v3i2.514

Setiadi, I. (2020). Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Matriks Menggunakan Biji Tasbih Gemerincing. Biormatika: Jurnal ilmiah fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, 6(02), 1–11. https://doi.org/10.35569/biormatika.v6i02.790

Sucianingtyas, R. F. (2012). Studi Komparasi Penggunaan Media Teka-Teki Silang (TTS) Dengan Kartu Pada Pembelajaran Kimia Melalui Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Zat Adiktif Dan Psikotropika Kelas VIII SMP N 2 Ngadirojo, W. 2(3), 68–76.

Sudjana, N. (2010). Cara Balajar Siswa Belajar Aktif Dalam Proses Belajar Mengajar.

Suranto, B. (2009). Virtual Classroom: Strategi Pembelajaran Berbasis. Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI), Yogyakarta, 20 Juni 2009, D78–D86.

Wiriaatmadja, R. (2009). Metode Penelitian Kelas, untuk Meningkatkan Kinerja Guru dan Dosen. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Yudela, S., Putra, A., & Laswadi, L. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Matematika Berbasis YouTube Pada Materi Perbandingan Trigonometri. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 2(6), 526–539. https://doi.org/10.26877/imajiner.v2i6.7089




DOI: http://dx.doi.org/10.24014/sjme.v7i1.11938

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

 

          

Published by:


Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim RiauJalan H. R. Soebrantas KM. 15.5, Simpangbaru, Tampan
Pekanbaru - 28293
email: sjme.pmt@uin-suska.ac.id
Creative Commons License
Suska Journal is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License
 
STATCOUNTER

 

FLAG COUNTER

Flag Counter